SNMPTN, salah satu jalur masuk ke Perguruan Tinggi yang penilainnya dilihat dari nilai rapot, prestasi, indeks sekolah, blabla, lengkapnya disini. Siapa coba yang kaga mau dapetin "golden ticket" sebagai syarat ikut SNMPTN ? Sebelumnya gue berharap masuk salah satu universitas yaitu UGM, IPB dimana kakak kelas gue ada yang lolos gitu, sehingga gue juga pingin dapet kesempatan yang sama. Selain itu gue juga ingin ikut seleksi STAN(sesuai katanya Zenius klo jangan cuma ngandelin satu jalur PTN, bikin banyak peluang). Semester 3 ini ga menyangka gue rangking 5 sekelas(Semisal cuma perhitungan nilai gue yang salah di kelas)! Hal ini bikin gue menganga sih juga bikin api semangat gue membara, dan gue pingin pertahanin. Gue pingin ningkatin nilai rapor terutama nilai pelajaran eksak.


       Oiya gue sadar diri dan merasa klo kemampuan otak gue gitu2 aja karena 3 semester belakangan belajar ala kadarnya kadang cuma buat ulangan, kadang juga gabelajar samsek, bahkan gue udah lupa kelas 10 gue belajar apaan yak(?) sedangkan ekspektasi gue gede, bakalan mustahil klo usaha gue gini2 aja mangkanya gue jadwalin sedini mungkin. Gue juga sering liat anak kelas 11 udah nongol di IG SBMPTN udah nyoba TO, lah gue? Gue gaboleh kalah dong!!! Gue berharap bisa lolos SNMPTN tembus Unpad/UGM/UPNVY Jurusan Teknik Geologi/Geofisika tapi klo ternyata pahit, gue gapingin jatuh berdarah gara2 terlalu berharap sama satu jalur, dengan jadwal belajar jadwal panjang gue harap gue bisa tembus jalur lainnya( SBMPTN, UTUL UGM dll). Aamiin.

       Jadi gue ini paling males klo baca banyak buku klo ga terpaksa, walaupun gue suka baca buku filsafat gitu, tapi feelnya beda klo baca buku pelajaran. Sehingga gue lebih prefer media pembelajaran yang gaperlu baca banyak tapi paham. Gue gabegitu yakin gue tipe belajar apa, mungkin gue semua tipe kali ya. Sehingga dari hal diatas gue pilih Zenius sebagai pendamping utama selain guru untuk belajar.


        Sebelum merancang rencana belajar, biar lebih bagus dan efektif klo gue lihat perkembangan rapot gue dari masa ke masa, dan gue analisis kenapa nilai gue segitu agar faktor - bisa gue hilangin dan faktor + gue tambahin ke taktik belajar gue ini. Sebelumnya karena gue ingin bisa dapet SNMPTN maka faktor pentinya yaitu nilai, namun disini gue menganggap nilai itu adalah prosentase seberapa gue memahami, kalau masih kurang hasilnya maka ga gue anggap hasil ulangan sebagai hasil akhir dari hidup gue, melainkan gue jadiin motivasi dan refleksi mana bagian yang blom gue pahamin. Berdasar intropeksi semester 1, 2, dan 3 yang pernah gue tulis disini, gue simpulin apa yang harus gue lakukan di semester selnjutnya:
1. Untuk mapel Biologi pelajari fundamentalnya (di Zenius) dan WAJIB bikin mindmap lalu dijabarkan lebih detil dari baca buku (Erlangga, dan buku di perpus sekolah), biar lebih jelas lihat video animasi di Youtube Channel Crashcourse dan Bozeman Biology biar lebih nancap.
2. Kurangi gamasuk kelas dengan alasan tidak penting (telat), mengumpulkan tugas tepat waktu, mau berusaha, menjadi murid yang baik dan banyak baca buku.
3. Menganggap beda2 guru bukan masalah.
4. Untuk mapel Fisika, Belajar sebelum bab nya dimulai klo gapaham besoknya tanya guru. Untuk dasar dan soal2 belajar di Zenius, lanjutannya di Galileo to Enstein (klo ada), klo masih kurang latihan di Clinic Genius. Selain itu juga jangan males lihat animasi klo gamau bingung, trus kalau menemui kesulitan kurangi mengeluh dan tetap semangat belajar.
5. Untuk mapel Kimia, belajar di Zenius hari sebelum babnya, pahami konsep awal baru konsep lainnya karena klo ga ngerti satu bakalan modar.
6. Untuk Mat Wajib dan Mat Minat belajar dari Zenius, trus model belajarnya konsep 1(sub bab 1)- contoh soal 1-latihan soal 1- berulang. Selain itu jangan pernah lupakan bab2 sebelumnya karena Mat sangat berkaitan antar bab.
7. Untuk BI pelajari definisi dan EYD dulu (materi dari internet dan guru).
     Berdasarkan simpulan diatas karena gue membidik STAN juga SNMPTN, maka selain gue berusaha ningkatin nilai rapor semua mata pelajaran gue juga merencanakan untuk memperbaiki TPA dan Inggris gue yang masih cupu. Dikarenakan gue menjalani sistem 5 semester(dibikin seri untuk pelajaran tertentu) dimana semester 4, gue akan menempuh mapel Agama seri 4, BI seri 5, MAT seri 5, BING seri 5, SBD seri 5, PJOK seri 4, PKY seri 4, BD seri 5, Mat Peminatan seri 5, BIO seri 5, Fisika seri 4, Kimia seri 5 Geografi seri 4 maka mungkin bab yang akan gue pelajarin dengan lu2 pada yang sama2 kelas 11 akan beda.


     Sebelumnya gue pernah tuh ya bikin jadwal belajar semester 1 dan 2 dengan model time oritented jadi dalam satu hari karena gue masuk jam 6.30 dan rata2 pulang jam 16.30 dan disibukkan materi beberapa pelajaran yang sebegitu ngejar yang 1 atau 2 minggu dikasi materi trus ulangan maka gue putar otak gimana caranya gue bisa ngikutin, gue buatlah jam belajar setelah pulang sekolah, per pelajaran 2 jam, dan selangnya 30 menit, karena perjalanan ke rumah gue 20 menit klo gamacet jadinya gue mulai dari jam 5, oiya gue cuma belajar mapel yang sekiranya klo gabelajar bakalan kewalahan seperti pelajaran Eksak.

      Awalnya terasa efektif apalagi karena mapelnya gue susun hari sebelumnya belajar untuk hari besoknya, mengurangi face pokerku dikelas. Sampai pada akhirnya makin lama gue ngerasa ga seefektif pertama kali coba, awalnya dimulai dari misal ternyata gue ada kerja kelompok, otomatis gue pulang lebih malem sehingga jadwal belajar gue mundurin/ pepatin demi ngejar semua pelajaran, lama2 gua capek gitu kan. Ditambah gue juga harus nabung nulis bikin KTI yang gabisa selesai cuma dalam sehari. Sepenggal cerita, gue olahraga mungkin cuma di sekolah dan gaikut ekstra olahrga, alhasil badan gue sering pegel apalagi di rumah juga belajar dan rasanya gue jenuh juga dan ketiduran saat istirahat di sela 30 menit itu. Kita dituntut nglakuin ini di jam ini, rasanya kayak masa idup gue cuma belajar doang, gua butuh hiburan, dan karena gue juga kecapekan, otak gue juga berasa abis headbang mulu, belajar gue berujung ga efektif.

     Instropeksi dari semester 1 dan 2, pada semester 3 gue mulai kendorin, nyantai, di-fun in belajarnya. Singkat cerita, gue suka tuh buka dan belajar di Youtube, nah suatu saat gue ketemu berbagai video bagaimana tentang cara belajar yang efektif misalnya dari channel AsapSCIENCE dan Thomas Frank,



dimulai dari
-ruangan belajar lo gaboleh kayak kandang kuda,
-penerangan yang cukup(gaboleh terlalu terang dan gelap),
-posisi belajar(katanya sebaiknya ganti2 biar gabosen, intinya cari suasana),
-bikin mindmap,
-catatan singkat aja(pake simbol dan diwarna2in),
-review sedikit klo pulang, belajar jauh hari(hindari SKS),
-olahraga biar otak lebih mudah nerima
-, short chunk( belajar dijeda2 , jadi ga 5 jam penuh, misal jadi 10 sesi(per ses 30 menit)),
-bikin waktu tertentu buat belajar(otak jadi mikir klo waktu itu adalah waktu belajar sehingga belajar jadi lebih efektif),
-jangan time oriented karena kebanyakan ga efektif, bikin jadwal yang jelas( bab apa, sub bab apa, belajar darimana)

Gue praktekan dan semuanya ternyata cukup membantu gue. Di dalam semester 3 ini gue lebih ngutamain task oriented yaitu besok pelajaran apa tapi ga menutup gue pingin belajar apa, apa yang belom gue bisa, jadi misal besok gada fisika hari ini gue bisa aja belajar fisika hari ini(itung2 nyicil) . Suka2 gue, tapi masih dalam jalur gitu. Juga gue mulai mengikuti ekstra voli, kadang2 olahraga di rumah, dan muter2in sekolah beberapa kali sekalian refreshing saat pelajaran, gue belajar jadi lebih seger gitu, ga kayak semester 1 dan 2 yang ngantuk mulu. Juga udah gue beritau di awal klo semester 3 ini gue rangking 5 dikelas, jadi mungkin ini juga berkat model task oriented.

Time oriented gacocok sama gue sehingga pada semester selanjutnya gue akan mencoba kembali pake task oriented yang lebih "manusiawi" karena gue bisa bikin jeda2 belajar dan otak gue bisa lebih fokus. Semester ini (4) akan gue isi dengan TKPA, untuk Saintek rencananya saat semester 5. Kenapa? karena sekalian gue ingin beli buku latihan SBMPTN dari Om Jero biar sekalian gausa ngeprint banyak2 hehe.  Juga latihan yang berhubungan dengan soal SBM taun2 kemarin gue bikin pada semester ke 5 saja dengan alasan yang sama sekalian biar kagak lupa.Untuk pelajaran biasa(eksak dll) tidak akan gue jadwal secara khusus, yang pasti akan gue sesuain dengan apa yang akan dipelajari minggu2 itu gue pelajarin sebelumnya, oiya sebagai reminder gue klo ada 2 ulangan eksak dan non eksak, dahuluin yang eksak coy!

Untuk lengkapnya download disini




     Sebagai motivasi bagi gue atau mungkin para pembaca sekalian, gue tau klo jadwal diatas bikin p uyeng, males, bahkan gue aja nyusun jadwalnya juga males, semoga njalaninnya gue diberi kekuatan sama Allah Amiin... , gue gaboleh nyerah karena bisikan setan *hus hus sana lu setan*, percaya sama diri lo, yakin klo ga ada yang sia2 di dunia ini. Sebelumnya gue peringatkan klo sebanyak apapun quote yang lo baca dari internet gakan ngaruh, mungkin ngaruh tapi cuma sebentar, motivasi yang nyata dan nempel cuma dari diri lo sendiri doang! :)
     Gue akan menyuguhkan 2 quote yang insyaallah bikin semangat lo terbakar. Gue kadang2 baca biografi tokoh dalam bentuk komik, contoh mainstreamnya yaitu Enstein, pasti lo pada tau semua kisah inspratifnya, yak karena kecerdasan dan ingin taunya yang lebih dari temen2nya yang cuma sekedar belajar akhirnya ia dicap bodoh, bahkan oleh gurunya sendiri tapi setelah keluar dari sekolah ia masih tetep belajar ditemeni ibunya, dan tentunya setelah melewati berbagai rintangan akhirnya ia berhasil jadi orang paling femes sampe sekarang. Inti ceritanya bagi gue yaitu, Enstein yang sejenius itu aja belajar, nah lo yang rata2 kenapa malah males belajar? Liat saingan lo, udah pada start duluan, ya brarti lo juga harus kencengin lari lo dong!
       Oiya satu lagi setelah kita belajar, trus ngapain? Salah satu tokoh inspiratif, yaitu Albert Schweitzer? Jadi dia adalah dokter yang berjuang dengan lika-liku di Afrika buat melakukan,"panggilan Tuhan" buat ngobatin orang bahkan mbangun RS disana. Intinya yaitu jangan lupa sama rejeki yang tuhan udah kasih ke lo, bagi juga ke lainnya!