Biasanya gue lomba ke universitas itu KTI, sekarang Olimpiade. Gue diajak sama Maria dan Mery mungkin karena ada babak 2 yang perlu bikin essay, gapapalah dimanfaatin, toh gue dapet benefit juga. Olimpiade yang diselenggarakan Teknik Lingkungan ITS bernama Environation 2018. Tanggal 28 dan 29 September 2018 kemarin gue ke Surabaya karena lolos 2 babak, babak pertama dibolehkan memilih mau online atau offline, kalau online keuntungannya bisa lihat buku, kalau offline gabisa buka buku tapi nilainya dibikin lebih tinggi, okelah fair.

BABAK 1
Kita pilih seleksi offline di SMAN 4 Malang, gue kaget banget karena yang ikut cuma 4 tim yaitu kelompok kami, SMAN 4 Malang, SMK Telkom Malang, dan SMA 3 Malang. Gue pikir ini lomba ga zonk kan? Seleksi pertama kita bagi materi Maria kimia, Mery Bio dan gue fisika. yaampun materi kuliah banget tapi juga ada yang materi SMA sih, dan yak gue udah semi-semi lupa, rumusnya rontok semua padahal kalau tau rumus pasti bisa tuh, tinggal masukin gaperlu konsep. Bagian matematika, biologi, waduh gangerti deh gue. Kita cuma bener-bener bisa soal radiokatif yang baru di ujianin. Akhirnya karena sistem penilaiannya yang kalau ga diisi malah dikurangi akhirnya kami isi aja semua.

BABAK 2
Harap-harap cemas menunggu pengumuman, kita masuk 30 besar *mungkin di urutan 15, di urutan 2 ada SMAN 3 Malang, yang dari Malang lolos semua coy. Babak 2 ternyata diadakan online semua saat hari Sabtu dimana Maria dan Mery ada kegiatan kopsisnya juga kami bertiga foto yearbook, duh daripada gafokus karena udah telat banget which is harus dikerjakan jam 2 siang, kami pada belum ngumpul, yaudah beberapa menit sebelumnya gue kontak cp yang disediakan bahwa kita gabisa hari ini karena molornya jadwal seperti molornya keju mozarella. Sepulang sekolah gue iseng-iseng buka linknya dan bisa diakses, dan ya lu ngerti lah kelanjutannya, pikir gue buat belajar. Oiya di babak 2 ini kita diperharuskan bikin essay, ternyata kelompok kita yang paling  bagus *bukansombong* menurut gue karena kita bener-bener ngelakuin apa yang kita idein, sedangkan yang lain enggak. Gue share tuh soal yang udah gue bagiin dan ternyata mereka ngisi sedikit, oke. Akhirnya besoknya mereka berdua ke rumah gue untuk ngerjakan dan agak kewalahan kalau misalnya gue gangerjain full si fisikanya. Babak ini masih bisa dibilang tingkat olimpiade.

BABAK 3
Gue PD banget buat masuk babak 3 yang akan diselenggarakan di Surabaya ini, dari 30 kelompok lolos 15  kelompok, ternyata dari Malang lolos semua, kecuali SMAN 3 Malang yang sepertinya gangelanjutin ke babak 3. Kita bener-bener persiapan dengan cara memelajari soal penyisihan babak 1 dan 2 yang super duper level SBM, Olimpiade, kita maklumi lah emang acaranya olimpiade to? Kita bener-bener usaha tanya guru sana sini. Gue juga udah nyari-nyari di internet materi apa yang muncul di babak 4, materi praktikum macam iodometri, titrasi, saponifikasi, etoksilogi dll. Juga tahun lalu ada pemilihan sampah gitu, jadinya gue nyari cara memilah sampah. Singkat cerita untuk ngelanjutin ke babak 4 bisa bayar 180.000 per tim kalau mau akomodasi diurusin sama panitianya. Gue curiga banget ini mah murah banget coy, tapi yaudahlah.

BABAK 4
Yak kita kesana dengan kereta dan sampai jam 3an, kita disana udah ditunggu dan dianterin dari Gubeng ke Hotel Franks. Hotelnya ya biasa aja menjurus gimana ya, maklum lah hotel yang ..., masih bisa ditidurin lah. Malem itu kita TM dan dijelasin teknis besok gimana, tapi teknis final baru besok dijelasin. Lanjut selesai TM kita balik hotel dan belajar apa yang bisa dipelajarin deh sampai jam 11, tidur, trus bangun jam 03.30an. Hmm dari panitia dikasi 3x makan dengan menu yang sama dan ... yaudah syukuri aja. Gue ngotot banget belajar bagian gue yaitu hidrolika karena gue gamau jadi beban, lu tau ngga sih rasanya. Seleksi babak ini ada 5 pos yaitu:
 1. Pos Matematika dan Fisika
 2. Pos Biologi dan Kimia
 3. Pos Ilmu Teknik Lingkungan( Kimia Lingkungan, Mikrobiologi, Hidrolika)
 4. Lab Pemulihan Air
 5. Lab Remediasi Lingkungan
Kita dibagi jadi 3 kloter gitu, tapi tetep penilaian berdasar rangking semua.




POS 1
Di pos inidibikin permainan semacam basket, tapi gue juga gangerti maksudnya yang pasti malah kayak ngerjakan soal trus nyari jawaban di kerdus didepan kita yang berjarak sekitar 4m didepan kita. Aduh gue down, setres banget rasanya, gue udah melajari itu di belajar SBM gue tapi gue lupa gitulo. Gue merasa gangerti apa-apa disaat kelompok lain udah berlarian nyari jawaban cepet banget. Duh gua depresi disini.

POS 2
Di pos ini dibikin model TTS, lumayan gampang banget, untungnya gue disini lumayan useful dan encer banget karena materinya SMA dan gampang banget, teori gitu. Kecuali ada soal kimia tentang gula yang beratom 5 kita jawabnya salah, ternyata jawab benernya pentosa. Juga ada soal nama unsur alami apalah gitu lupa gue.

POS 3
Di pos ini dibikin model Rangking 1 dimana kita sesama anggota kelompok gaboleh berdiskusi. Pertanyaan itu aduh joke banget, rada ga berbobot gue bilang. Mungkin untuk ngencerin otak gue yang beku di pos 1. Jadi sistem penilaiannya 60 untuk penjawaban pertama, 40 untuk penjawaban kedua, 10 untuk ketiga. Di soal pertama itu pertanyaannya bakteri apa yang ditemukan oleh blabla Escheria. Awalnya gue mikir bakteri apaan ya, nah disaat si pemberi pertanyaan ngomong si namanya, gue langsung ngeh gitu, pikir gue biasanya kan nama apa yang ditemuin itu nama dari yang nemu, yaudah. Nah kita bertiga kebetulan langsung ngeh dan akhirnya kita jawab dan dapet 180 poin. Ini nolong banget sih di 4 pertanyaan selanjutnya. Pertanyaannya apa ya konyol duh wkwk, ada unsur apa yang ketawa, gue sempet denger joke ini di Zenius, tapi gue lupa gitulo. Juga ada pertanyaan istilah air hitam yang ternyata jawabannya itu tinggal diinggrisin yaitu Black Water, gue kepikiran ini tapi masa iya ada 2 istilah yaitu Gray Water dan Black Water sekaligus, jadinya gue jawabin Dark Water wkwk, koplak. Di pos ini kalau si Tara Art ikutan bakalan bikin sentolop orang.

POS 4
Wih kita mulai ngelab nih guys, kita masuk ke Lab Pemulihan Air dan bener-bener berasa laboran profesional, pakai jas lab yang di pergelangan tangan semacam sweatshirt, sarung tangan latex gitu berasa dokter bedah gasih wkwk, gue langsung keingetan di lab bio gapunya latex, duh. Alat-alat disana tuh waduh ada apa ya, yah lupa wwk, ga ga ada yang buat ngukur pH, suhu, salinitas sekaligus, keren bat ga sih. Jadi tu untuk pake itu harus dibersiin pake aquades trus dicelupin ke KOH, ntah gimana harus celup2in kesitu dulu wkwk, nurut aja lah sama asisten lab nya. Praktikumnya gampang tapi disaat disodori kertas pertanyaan, yak masi bisa dijawab, tapi gue lupa salinitas itu gimana. Ada pertanyaan hubungan pH, suhu, salinitas, konduktivitas dsb. Ini mah kayak penelitian gue banget, yaudah gue jawabin setau gue. Disaat itu kita kewalahan karena waktunya dikit banget, mungkin karena kita belum pinter untuk ngemanage waktu sehingga di lab selanjutnya kita sepakat untuk bagi kertas soalnya.

POS 5
Wih pos terakhir yaitu Lab Remediasi Lingkungan, masih dengan jas lab dan late ditambah masker. Waduh gue agak gimana gitu karena takut pake sesuatu yang berbahaya, nyatanya ya praktikum titrasi macam di sekolah wkwk. Disini gue udah lupa gitu cara menitrasi dsb pake M1.V1=M2.V2 tapi gatau kalau V2 ini ditambah dengan V1 atau kagak. Yaudah disini gue udah depresi karena gatau gitu.

View dari Lab Remediasi Lingkungan

BABAK 5
Break siang, ternyata kita salah satu dari 9 yang lolos! Alhamdulillah, kata si kakak panitia kita di pos 1 nilainya kurang banget dari kelompok lain, di pos 2 dan 3 kita bisa ngimbangi yang lain, wkwkwk ada benernya sih. Jadi dibagi 3 kloter, kita kedapatan kloter 2 artinya kita harus di ruangan lain. Gue sempet setres banget nih, karena penentuan kita ke final memperebutkan juara 1,2,3 gitu. Setelah nuggu lama banget akhirnya giliran kita. Gue agak gimana gitu karena si juri ini banyak prestasinya, gitulah kayak udah advance. Gue memelajari buku saku kecil yang ada pelajar Fis, Kim, Bio. Gue heran karena kelompok lain itu santuy gitu, juga memelajari biologi. In the end, I know why.

Disini ada 3 tahap, tahap 1 itu per kelompok diberi pertanyaan. Tahap 2, bisa dilempar. Tahap 3 adu cepat. Di tahap pertama kita masih kalem gitu dan berhasil diatas. Tahap 2 kita mulai waduh, gue gabisa matematika ni juga fisika padahal gampang kalo ngerti. Tapi bagian biologi dan tentang pencemaran lingkungan gue yakin banget. Gue kaget banget karena soal-soal yang diajuin itu berasa cerdas cermat RT gitu lo, materinya kurang advance sesuai ekspektasi bakalan ditanyain yang subhanllah, ternyata zonk, lu bakalan berasa ditanyain materi RPUL. Mulai dari yang mempertahankan bentuk sel, gue usulin dinding sel tapi si duo M(Maria dan Mery) jawab lain, gue kalah jumlah dong yaudah gue juga gabegitu yakin, duh nyesel bat, ternyata jawaban gue yang bener. Di bagian itung-itungan gangerti deh gue. Sebelnya 2x jawaban kita disalahin padahal bener, untung Bu Priti, pembimbing kami mau stand up untuk membenarkan jawaban kami. Disaat si Bu Priti ini membenarkan jawaban kami, si juri ini kayak kurang ngerti gitu, gue jadi ragu, ni track record jurinya bener apa kagak sih, ada yang juara PIMNAS dll. Maaf bagi yang tersinggung tapi ini dari POV gue. Gemes deh gue ada pertanyaan alat mengukur angin, pH,tekanan duh kok gampang, dan kita kebagian yang angin, lupa lah, kalau gue lomba ini saat SD ya inget. Gue disini ngerti tapi ragu karena udah mental down saat MAT gangerti apa2, gue mau jawab barometer tapi, si duo M ini diem aja gangerti, yaudah keduluan deh.



Di tahap 3 ini bagi yang bener gue keringet dingin sumpah, berasa lu olahraga siang bolong. 10 pertanyaan pertama, bener 100, salah min 50. Mulai dari pertanyaan 'aku hanya ada merah dan biru' karena reflek gue pencet dan jawab kertas lakmus, oke mulus. Gue mau ingetin ini dari POV gue. Jadi ada beberapa pertanyaan yang gue ngerti tapi lagi-lagi mental gue yang cacad, takut salah, duh!!! Mulai dari unsur yang ada di pipa, gue ngerti itu Pb tapi keduluan kelompok 3. Trus banyak pertanyaan kurang berbobot lainnya. Gue juga lupa makhluk yang di dasar, gue blank saat itu, disaat waktu abis malah gue inget kalau itu bentos. Pertanyaan terakhir dan penentuan, bener-bener antara kelompok gue atau kelompok 3, Mery ngerti kalau jawabannya Sulfat tapi dia lagi-lagi ragu. Yak you know the end. Gue sedih banget dan gabisa gue tahan. Gue marah dong, marah ke siapa? Ke diri gue yang mentalnya cacad ini dan temen2 gue yang ragu mulu. Gue pertama kali bener-bener pingin nangis gitu pas lomba karena gue tau gue bisa tapi action gue yang cacad. Bener2 kita pasti seenggaknya bisa juara 3. Yang membedakan cuma mental kita yang cacad, soal pengetahuan kita seimbang, panitianya juga ngomong gitu. Gue gedeg gitu udah melajari hidrolika bahkan sampai koefisien Cheezy yang dipelajari di perkuliahan ga keluar samsek!

Yaudah gitu. Buat gue di masa sekarang gue titipin nih pesan, mental is number one! Lu bisa! Lu gak goblok goblok banget kok, yang penting mental lu itu. Buat gue di masa depan, please jangan minder duluan oke, lu tu pinter, sayang kan kalau ga dimanfaatin? Juga kalau temen lu mentalnya sama cacad, lu harus jadi pioneer oke?