Setelah diajak olimpiade ENVIRONATION ITS gue kepincut lomba olimpiade lagi karena bosen lomba KTI. Pikiran skeptis gue yang selalu muncul bahwa otak gue gaakan nyampe buat ikut olim ketika gue final di berbagai lomba yang selalu ada KTI ada Olim, begitupun sebaliknya terpatahkan oleh lomba olim gue yang pertama and I can prove that I can even though I just get into final. Sisa semangat gue yang berapi-rapi memadamkan sumpah gue bahwa kelas 12 gaakan KTI2 an lagi, ya bener sih gaikut lomba KTI tapi malah ikut olim hehe, itung-itung belajar dan ngitung skill sekolah lain ya kan.


Long story short, gue lagi scroll scroll nih, gatau kenapa bisa mbawa gue ke poster olimpiade zoologinya UGM di beranda gue. Gue gangerti kenapa gue bisa berfikiran kayaknya this is a good way for me. Pikir gue menarik nih, kayaknya gue bisa kalau materi biologi tinggal modal hafalan, gue berfikiran gini karena biologi gue saat olim sebelumnya lumayan encer. Nah the big problem is not about new things about zoologi, it's about the member. Yak seperti lomba umumnya mensyaratkan berkelompok, nah gue bingung nih. Gue paksa kan Mery dan Maria, ternyata Mery ga tertarik, udah gue paksa nih, yaudah akhirnya Maria mau hehe. Nah kurang 1 kan anggotanya, gue mikir nih siapa ya yang mau dan niat belajar, apalagi materinya bener-bener baru ye kan. Gue sampe share ke grup, yak dikacang seperti biasa. Aiga nyaranin gue buat ngajak Adibah, gue paksa nih yaudah mau hehe. Sebenarnya ni bocah2 kaga mau ikutan karena jadwal penyeleksian onlinenya hari pulang dari KTS Bali, gila kan capeknya gimana. Yaudah karena gue model orangnya ngotot dan apapun yang gue pingin harus gue dapetin gimanapun caranya *in a positive way*, capek atau gimana gue pikir besoknya-Senin gue bolos aja, jadi ada lah waktu istirahat.

Nah belum dramanya nih, ternyata masa pendaftaran dan pembayaran dimundurkan tapi pikir gue gituan harus selesai sebelum berangkat KTS. Sue itu sangat agak gamau transfer2 gitu karena harus lewat ibu gue which is terlalu sering wkwk. Jadinya Maria yang kita suruh transfer, singkatnya gabisa, Adibah juga. Setelah tenggat waktu pembayaran lewat gue bingung nih apa diterusin atau gausah. Gak tau kenapa gue tergerak, udah kapan lagi ke UGM, gue juga dendam karena pilihan KTS bukan ke UGM malah ke Unair dan ITS, which is sering banget gue lomba disitu. Yaudah akhirnya gue ngomong ibu gue buat transferin uang, patungan uangnya bisa setelah KTS. Because she's nice so she transferred it anyway, and guess what, meskipun udah lewat pembayaran kita boleh daftar huhu. Jadi sebelumnya kita udah browse materi, bahkan minta materi FKH dari Mas David melalui Mila. Kita belajar-wew asumsi gue, yang pasti gue di bus itu bener2 baca materi tentang istilah-istilah kedokteran hewan, duh gue ganyambung banget, paling ya oedema gitu gue apalnya.

Wah masih awal cerita ya, lanjut yak. Jadi gue pulang dari KTS sekitar subuh, gue langsung pulas tertidur dan bangun jam 8 trus mandi dan ketiduran sampe jam 10 ketika Maria datang dari lombanya yang lain, kita janjian di rumah gue jam 1 siang an. Nah si Adiba ternyata lebih ketiduran lagi, dia datang jam 1.30 siang, yaudah ditengah-tengah waktu itu kita langsung log in untuk ngerjakan 100 soal. Pusing sih, asli deh, tapi yaudah namanya perjuangan. Sebenarnya otak kita tuh kayak masih kosongan gitu kan, tapi karena online pikir kita belajarnya bisa belakangan.

PENYISIHAN (SELEKSI ONLINE)
Astaghfirullah, soalnya susah banget, jumlahnya 100 soal lagi. Paling-paling yang bisa hukum Hardy-Weinberg gitu2, atrofi, nama tulang, pokoknya materi yang cupu-cupu dah, anak TK bisa. Ada materi perbedaan kapang khamir, yatuhan ya lupa lah gue. Banyak banget materi yang asing misalkan istilah pemeriksaan, patologi, duh gangerti lagi gue. Nah setelah berjuang 2 jam kita bener-bener kayak have no idea whether we're going to Semifinal or not.

PENGUMUMAN PENYISIHAN
Entah kenapa gue agak yakin kalau bakalan jadi top 30 buat lanjut semifinal di UGM. Jadi tenggat pengumumannya kan 2 minggu, gue suruh nih per hari 5 soal per anak, jadi sehari belajar 15 soal penyisihan. Nah ya gajalan karena mereka udah agak pesimis gitu kan, gue komporin ternyata kurang mempan. Nah ternyata kita masuk 30 besar dari 76 peserta. Kita ada di urutan 8 dibawahnya SMAN 1 Kediri, gue udah was-was karena di lomba sebelumnya ketemu Kediri ternyata lumayan juga mereka niat. Lomba kali ini bener-bener berasa nasional ada dari Jakarta, Depok, Boyolali, Purwokerto, Pontianak, Semarang, dll. Gue pesimis karena saingannya seems like not cupu so gue gunakan pesimis itu dengan menyemangati anak2 untuk belajar. Dengan teknik 1 hari 5 soal per anak disertai web untuk belajar seperti rencana awal ternyata bikin gue tambah gangerti dan kurang puas. Udah gue print, gangerti deh itu berapa puluh lembar, ya pikir gue gapapa pokoknya gue ga malu2in sekolah.

Nah gue dapet saran dari Jihan untuk buat peta konsep, yak mengingatkan gaya belajar gue ketika lagi niat banget. Rencana gue berhasil, jadi gue bagi nih sesuai cocok2an untuk buat mindmap yang cepet hafal jagonya Diba, Maria yang agak sulit2 gitu, gue hal2 yang random wkawka. Gue sampe bela2in bikin rencana belajar, jadi per 2 hari gitu ketemu dan njelasin mind mapnya, cukup bikin gue langsung paham dan hafal. Tentu aja rencana ini ga semudah itu Ferguso, kita harus meluangkan waktu selain untuk belajar SBM kita juga harus belajar materi olim yang literally bener-bener baru juga masalah waktu, kita sempetin kalau ada jamkos atau sepulang sekolah, pokoknya materinya kelar.

Gue juga sampe ngeprint soal Ujian Nasionalnya dokter hewan dan segala modul yang berhubungan dengan silabus yang dikasih panitia. Gue agak sedih sih tau temen gue yang meremehkan kelompok gue dengan ngomong pingin lomba kayak gue karena dia kira lomba ecek2, sedih ga sih kita udah berjuang like a mad person and seenaknya remehin gue. Tapi yaudahlah ya good luck with you!

DRAMA SEBELUM SEMIFINAL
Bukan sekolah gue kalau gada dramanya wkwka, becanda-tapi serius. Oiya saat anget2nya baru pengumuman penyisihan gue langsung cari2 guru pendamping nih, karena Biologi carinya guru bio lah ya. Pertamanya pastinya bu Dewi, gue tebak gabisa dan ya beliau ada nikahan saudaranya. Target selanjunya, Bu Ruli, gue tebak pasti bilang iya. Yak tebakan gue benar, langsung bilang iya bisa hehe, katanya sih Bu ini suka jalan-jalan jadinya ya gue yakin aja gitu. Lanjut ke masalah administrasi, dispen suat tugas gitu2, kita ke kesiswaan. Meskipun sering bikin surat dispen gue masih bingung sama surat tugas. Saking excitednya ke UGM gue bikin surat dispen secepat mungkin, gue tetep bingung dengan surat tugas yang katanya bukan haknya kesiswaan untuk tanda tangan tapi itu haknya kepala sekolah, gurunya yang ngomong. Tapi kata TU yang bikin gituan itu harus ada tanda tangan waka kesiswaan, lah muter2 kita. Nah pas banget ketemu di depannya TU saat kita belajar, si Bu Ruli menanyakan surat tugas, yah kelupaan, itu udah H-2 berangkat kalik ya dan mbingungin hal persis yang diatas. Langsung nih si Bu Ruli nelfon ke Pak Tanto alias waka Kesiswaan dan solusinya ya kita cepet2 nulis siapa aja yang ikut, kapan dimana lombanya, ya seperti biasa lah. Maria nih yang nulis, gue dan Diba yang cus ke kesiswaan, la kok kita disuruh karaoke dulu wkwkw, gatau buru2 nih. Yaudah gue gangerti Diba nyanyi apaan, liriknya itu2 aja wkwkw, terimakasih bapak2 kesiswaan yang bikin stress nerve gue agak kenduran haha. Yaudah langsung kita ke Pak Poso TU yang bagian ketik2 gituan. Besoknya jadi deh itu surat, keren banget dah dipakein amplop coklat kayak surat penting gitu ahaha.

Masih mau baca dramanya lagi nih? Siap. Masalah umum tapi kayak gapernah ada habisnya, it's all about the money. Sebenarnya gue juga ga masalahin sih kalau ga dibiayain, tapi gue agak gimana gitu karena gue bayar 175x2=350 buat tiket PP belum makannya disana yakan apalagi pake duit gue sendiri, gue agak sungkan masa minta duit mulu ke ortu ya kan, kita juga bisa paket 800 ribu per tim which is mahal banget boy, tapi masih mahalan gue lomba di FKG UNEJ paketnya 750k per orang dan ga digantiin sekolah, untung pake duit ortu jadi gakerasa, sad. Akhirnya kita mutusin buat tinggal di rumahnya saudaranya Bu Ruli. Gue juga kasian sih sama sekolah, gue sering lomba KTI yang bisa dibayarin 300k per final lomba, beberapa kali. Nah sekarang SPP sekolah gue juga udah bisa dibilang terlalu murah untuk kebutuhan sekolah SMA sehingga agak menjerit si sekolahnya, gue agak marah tapi prihatin sekolah gue gini amat wifi gabisa, palingan di perpus atau lab bio( that's why I love dan sering nangkring lab BIO so much because the wifi is super fast hehe), gue heran sih banyak yang mau fasilitas sekolah internasional tapi gamau bayar lebih maksudnya gimana. Kalau mau dimahalin ntar orangtuanya mara2, pusing ga tuh lo jadi bendaraha sekolah. Berkat bendaraha sekolah yang super baik yaitu Bu Indah dan Bu Ruli yang bisa dibilang orang penting di sekolah gue Alhamdulillah kita dikasih 200 ribu per anak hehe.

HARI BERANGKAT SEMIFINAL
Yay it's the day, we're ready!-eh not really. Sebelumnya kita ngumpul di sekolah dulu, rencananya sih jam 7.30 an tapi ya gitu. Gue sebenarnya jam 7 udah siap banget tinggal berangkat, tapi karena makalah fisika nunggu dikirim gue tungguin gadikirim2 yaudah gue cabut jam 7.30 dari rumah, panik banget gue. Gue agak takut gitu kan masuk sekolah lewat gerbang tatib, pasti ditanya2 males banget dah, klo nanya kayak diinterogasi ya gimana yak, gampang masuknya susah keluarnya coy. Yaudah ternyata Maria udah dateng duluan, gue sampe kira-kira jam 8 kurang, dan gue salim ke Bu Ruli yang udah standby di pos satpam depan. Lah kok ada Pak Zulham juga, gatau kenapa gue udah bingung alias buru-buru gitu mau salim atau gak, akhirnya ya gak salim. Gue bingung juga ini sepatu gue belum diiket, cuma 1 slot doang.

Bu saya mau ngembalikan buku sama ngasih tugas ke temen ya bu
Langsung deh gue lari kecil gitu biar ga ketangkep tatib, la kok Maria dipanggil Pak Tatib. Lu tau gak sih rasanya main Pokemon trus kita lewat NPC diajak tanding, yagitu rasanya. Ya ditanya-tanyain. Gue agak akting serius gitu kayak apa ya ngliatin jam di HP gitu lo biar kelihatan buru2 dan emang rush banget saat itu, akhirnya interogasinya ga selama biasanya. Nah langsung gue ke kelas dan disemangati gitu hehe. Juga ke perpus. Balik-balik kita lewat lapangan voli, lah ada Pak Koor Tatib di pos belakang, kita berasa ninja gitu, lari sambil mbungkukin badan biar ga keliatan, duh gangerti lagi gue wkwk. Gue juga agak bingung dan baru ngeh kenapa guru2 pada pake baju OR, ternyata ada lomba olahrga antar guru dan ternyata Bu Ruli pelatih voli guru guru.

Udah jam 8.10 Dibah belum dateng juga, kita telponin katanya udah OTW, gangerti lagi padahal rumahnya deket, mungkin macet pikir gue, akhirnya kita ke Stasiun Baru Kota Malang yang jaraknya gada 1 km dengan sekolah gue. Nah 8.15 dia dateng boi, gue udah bingung gitu kan padahal jadwal keretanya jam 8.20. Gila gak tuh, gue gapernah semepet itu, walaupun gue masuk sekolah selalu mepet tapi kan beda, ini gue lagi mode antusias banget kesana. Gue sempet mikir kalau ketinggalan kereta nasib gue gimana, apa pake bis, untungnya dia dateng on time-banget.

Nah kita langsung check in *cielah* pake boarding pass biasalah. Ternyata kereta ekonomi gerbong 3 kita agak jalan jauh ke gerbongnya, ya ada harga ada jalan lah ya. Ini kesekian kali gue pake KA Jarak jauh, tapi pertama kali ke Jogja pake kereta, biasanya bus ya kan. Enak juga karena biasanya kalau KA lokal kursinya 3-2 ini 2-2 jadi lenggang bisa buat naruh koper-mantap lah KAI, love u, disediain kresek juga, mantap.

KA Malioboro Express

Niatnya gue mau namatin materi biomateri lah kok internet ngadat, maklum pake perdana kaum misqeen, bisanya WA doang, okelah. Gue lanjut review doang, sampe akhirnya agak pusing gitu yaudah gajadi belajar deh. Di perjalanan kita makan kentang goreng keju spesial request gue dari Maria hehe. Oiya gue juga galupa bawa antiseptik hehe biar gasakit perut coy. Ga kerasa udah di Jogja aja jam 4 an.


First impress gue, wih gila sih gede banget stasiunnya, parkirnya dari suanaaa sampek suanaaa, luas banget. Ternyata kita dijemput sekalian bareng Mbak Bilqis, anaknya Pak Heri dan Bu Heri. Ya baik gitu lah orangnya, cerita-cerita juga SMA 3 barusan dapet 2 medali, duh bikin tambah semangat gaksi. Kita dibawa ke tempat makan deketnya De'Walik, gue kira mahal2 ternyata lumayan terjangkau lah, 13 ribu kita dapet sup dan ayam geprek, lumayan ga sih. Nah kita dibayarin guys, wadaw agak sungkan sih. Gue ganyangka rumahnya bakalan so big dan nyaman, ada kolam renang diatas (gue ga lihat langsung sih katanya dikuras karena jarang ada penghuninya), tempat basket, kandang ayam dan burung, ring basket bahkan perangkat gamelan. Kita tidur di kamar dekat ruang tamu, lebar kasurnya cukup untuk 4 orang dan ada ACnya juga wiwhihi, ga beda jauh lah misal kita mau di hotel. Habis isya kita belajar lagi review2 gitu sampe jam 9 an trus tidur.

Rencananya jam 4 bangun yagitulah ekspektasi. Gue mau baca udah kerasa penuh otak gue terngiang-ngiang. And yay! Kita dianterin ke UGM!

SEMIFINAL
Jalanan Jogja, gada polisi, gada orang sibuk ngeklakson macam di Surabaya. Akhirny kita sampai di UGM, disaat mau parkir, gue lihat ada orang lagi jalan2 sama kuda, asoy ga sih. Jujur gue agak ketar-ketir lihat SMA lain yang 'keliatannya' jago apalagi keroyokan alias banyak tim, kita cuma 1 tim dari sekolah kita. Gabisa dipungkiri mental juga pengaruh. Yaudah gue play cool aja, padahal dalemnya hadeh. Kita agak dateng pagian, sebelum jam 7 dan harus nunggu sebelum masuk auditorium FKH. Gue sempet foto2 gitu sih.


Setelah pembukaan dan ya seperti biasa kata-kata dari panitia kita dialihkan ke ruangan 301 kalau gasalah, yang pasti harus naik tangga dll, ada sih lift tapi yakali cukup 27 kelompok naik. Duh deg deg an lah ya, gue pastiin pipis dulu saking takutnya. Gue beransumsi semua belajar, yang membedakan doa dan keputusan Tuhan, udah gue serahin ke Allah saat itu. Gue berdoa banget saat itu bener2 gangerti lagi deh. Sampe akhirnya dibagi soalnya dan kita mulai ngerjakan.

Wadaw gue berasa mode silence, soal pertama udah gambar ditunjukin ini tulang cranial(kepala) siapa. Gue pikir babi, tapi Diba mikirnya sapi, yaudah skip dulu. Awal-awal soal gangerti deh bukan bagian gue, raise my hands up. Soalnya sebenarnya kesulitannya sama gila dengan awal, tapi duh gangerti ya berasa belajar kita kurang gitulo. Nah saat bagian gue yang tentang nekrosis, degerasi, pemeriksaan-pemeriksaan, dan tumor2 gue yakin banget. Maaf temen2 gue bingung banget buat ngafalin anatomi gitu2 gue bingung :(

Setelah wasted dengan 100 soal kita bertemu dengan alumni yaitu Mas Bintang dan siapa ya, gue inget Mas ini soalnya ganteng banget sih wkwak, sayangnya udah ada pacar wkwk. Jadi kita dibagi 3 tim kelompok tour lab FKH UGM.

Mulai dari Rumah Sakit Hewan Prof. Soeparwi, disini kita diberi pengetahuan tentang perbedaan RSH dan klinik, trus ngapain aja disitu, mulai dari operasi juga grooming.

RSH Prof. Soeparwi
Lanjut kandang sapi, disana ada 3 sapi jenis Eropa which is gede banget. Disini kita dijelasin cara mengetahui umur sapi, kalau 1 pasang gigi tumbuh berarti 1 tahun, juga cara mengetahui udah berapa kali punya anak dari cincin di tanduknya(kalaugasala), titik buta agar aman memegang sapi dll.

bonus sapi lagi pipis
Belum bosan, lanjut ke Lab Anatomi, dikasih tau rangka-rangka hewan, ada anatomi luba-lumba hidung botol, ayam, sapi, kerbau, awetan basah dll.

Lab Anatomi
Kurang puas? ke Lab Histologi. Oiya bagi kalian yang gatau histologi itu jaringan. Duh asik banget ada banyak preparat dan kerennya mereka pake mikroskop OLYMPUS! Made in Japan. Gue prihatin banget klo keingetan sama mikroskop lab sekolah wkawkaw. Maaf klo norak tapi kata guru gue itu merk mikroskop yang asli dan bagus banget, ternyata iya coy. Kita disediain gambar otot, juga ada epitel mulai dari skuamosa simplek komplek ya lengkap deh.
Lab Histologi
Mikroskop OLYMPIC

Lanjut ke Lab Parasitologi. Geli sih gue disini, banyak awetan cacing parasit. Walaupun di sekolah juga sering liat tapi masih jijik aja. Disini dijelasin tentang parasit pada sapi, ayam, juga caplak dll.

Lab Parasitologi
Yay, sekarang waktunya pengumuman! Kembali ke auditorium, sekarang dari 27 peserta akan dirangking 10 besar. Pengumumannya bukan lisan gitu guys, sumpah bikin deg deg an. Jadi kan sudah ditentuin kursinya dimana, nah itu dibawah kursi ada amplop, misal isinya kain merah berarti lolos kalau kertas quote artinya gagal. Nah kit dapet kain merah!!! Ternyata kita tembus di peringkat 4! Dikasih tau materinya, ternyata bakalan post-post gitu dan dikasih kisi-kisi tapi gabisa diulang dan karena kurang tanggap kita akhirnya agak ketinggalan catet dan minta ke kelompok SMA 5 Bengkulu, baik banget asli dah.

Nah selesainya kita ketemu gitu sama alumni, ada Mas Deano, Mas Altor, Mas.... siapa ya, adalah disusul Mas DJ. Ganteng2 hehe.Ya kita bahas2 cara belajar biar gabingung dibikin tabel per hewan gimana, trus gue baru tau sekum itu apendiknya hewan dan itu buat ngecerna selulosa gitu2 lah, pokoknya bahas materi untuk besok.

Setelah itu kami dijemput Grab untuk pulang, dan gantian mandi sampai akhirnya maghrib start belajar, kita bagi2 lagi materinya. Sampe jam 11 akhirnya kita kelar.

FINAL
Ngumpul di auditorium lagi sekarang waktunya pembagian urutan pos, per pos 10 menit. Gue cerita seingetnya aja ya soalnya mapnya udah di Bu Ruli hehe jadi lupa gitu.


Awalnya kita kedapatan Pos kambing, lah kok ada gambar tipe jantung, gangerti kan ya yaudah. Lanjut Pos Monyet, maafin guys gue lupa istilah perilaku padahal gue inget baca dan gue scroll in aja :( *pingin nangis*, lanjut  Istirahat, setelah itu ke Pos Anjing, alhamdulillah lumayan lancar, lanjut Pos Kura-Kura, ya Allah gue lupa status konservasinya :(, lanjut Pos Ayam, lah kok gue gatau untuk pengambilan darah di sayap itu gimana, lanjut Pos Ular aduh gue lupa statusnya lagi dan endemiknya, akhirnya Pos Istirahat lagi , Pos Sapi buyar semua ingetan gue, gue tau yang tiba2 mati itu Anthrax tapi yang lain gayakin gue bingung udah buyar, lanjut Pos Angsa Mood udah ga karuan, bingung, bahkan herbivora/ omnivora bingung, gue bilang omnivora malah dijawab herbivora karena gua juga ya terlalu yakin gitulo guys. Terakhir Pos Kuda udah deh tambah gilak pertanyannya berapa derajat dia bisa nendang kalau gasalah.

Intinya di tengah-tengah kita kayak semangat berkurang, seharusnya kita saling semangatin :(

Yak pengumuman, ternyata lebih gila lagi, kain merah kita dikembalikan, kita harus ambil botol yang berisi kode di pos. Jadi awalnya kita dibagiin kertas yang isinya tebak2an hewan apa yang ada di pos trus kita ke pos untuk ngambil botol yang berisi kode, setelah balik ke Auditorium kita disuruh buka dan mencocokkan kode didepan, merah untuk galolos, biru lolos. HUH SEDIH GES KITA DAPET MERAH, ternyata kita urutan 5 beda 2 poin aja :(



Curhat nih ya, kita dari awal kayak nargetin masuk grandfinal pokoknya gatau mau juara berapa aja penting dapet lah. Sedih ga sih. Nah yaudah mereka berdua nangis gue kayak my tears sudah habis. So sad, I've been workhard like mad, and huft :( It's more sad to be another peserta sih, mereka taun kemarin ikut tapi ga juara, sekarang ga juara lagi bahkan peringkatnya dibawah kita, gimana yak.

Apalagi saat kita ngikutin babak cerdas cermat yang wajib jawab per kelompok. Kelompok A dan B bener2 apaan sih kok bisa masuk grandfinal, disaat ada pertanyaan hewan yang ada 3 ruang jantung gue bisa jawab klo itu amfibi, metode pemeriksaan dll, sedih ga si. Kayaknya emang bener si kata MCnya "Yang lolos belum tentu terbaik, yang kalah belum tentu lebih jelek". Sedangkan kelompok C lumayan lah dan gue tebak C yang menang juara 1, eh bener. Keliatan lah guys

Yaudah daripada sedih akhirnya kita cus ke Malioboro, asik asik, ke Mirota Batik. Keliling-keliling ke Pasar Beringharjo juga beli wedang uwuh, favorit gue. Selesainya puas belanja kita pulang ke rumah inapan dan mandi. Sebelum diantar ke stasiun kita diajak ke Raminten, tapi gajadi karena super rame banget, dan akhirnya kita diajak makan ke Solaria. Gue melongo aja guys, so crazy rich dan baik Pak dan Bu Heri hehe. Sambil nunggu kita jalan-jalan Malioboro, gue gangerti lagi entah kenapa pikiran kecil gue yang ingin jalan-jalan Malioboro malam hari kewujud! >.<



Walaupun lagi-lagi kalah di babak finalnya dan lagi-lagi beda tipis which is very irritating me, gue sangat merasa what's wrong with me hey! Yaudah gimana lagi, semoga gue bisa berjaya di masa kuliah aamiin. Gue masih selalu merasa kekurangan pengalaman juga. Ada yang bilang gapapa udah final but hey dude, have you ever on my situation, this situation is just send me into madness, but thanks for your appreciate tho. So sad sad sad sad. I must work harder harder even harder.

Ya sebenarnya dalam pengalaman kali ini gue mendapatkan sebenarnya tak terlalu penting dan cuma terbesit sebentar di pikiran gue ingin sekedar foto di Jalan Malioboro malam, hari, kain segitiga yang ditalikan di lengan, ke UGM ingin membuktikan apa benar 'kata internet' bahwa anak UGM itu gini gitu, ternyata anak UGM itu ramah banget guys, gakenal tapi senyum gitulo, sejutek-juteknya mukanya pasti senyum hihi. Satu lagi.

I think I know what I want to do in future, thanks god for your direction in unique way! We'll never know until we dive on it.