Masih mirip mirip dengan segmen #RARE yaitu Mira Nighmare namun  #FARE adalah segmen untuk teman-teman yang ingin berbagi cerita mengenai cerita mistis/ horror. Bagi kalian yang ingin berbagi cerita bisa melalui seksi comment di blog ini atau IG(@amrcht), twitter (miamiaw77), email, dan WA

**
Cerita dari: Jihan Edogawa

Karena Sleep Paralysis, Gue...

Halo gaes para pembaca setia dari Blognya Amiraa. Dikesempatan kali ini, gue mau sharing cerita yang yaa bisa dibilang agak serem dan gak semua orang pernah ngalamin. Pertama-tama kenalan dulu kuy. Gue Jihan, temen hidupnya Amira. Maksudnya temen hidup dia selama di Sekolah hehe. Paan sih masih intro udah ngereceh. Ok skip skip. Gue temen sebangkunya Amira nih gaes yang bisa dikata orang kalau kemana-mana selalu nempel berdua tapi itu gak penting karna sekarang gue mau sharing ceita gue. Gue sering ngalamin Sleep Paralysis nih yang siklusnya bisa terjadi dalam beberapa bulan. Oke sebelumnya kalau kalian belum tau apa itu Sleep Paralysis yang biasa disebut “Tindihan”, gue dengan senang hati akan jelasin. Menurut Wikipedia, Sleep Paralysis itu adalah Ketidakmampuan temporer untuk bergerak atau berbicara saat tertidur atau setelah bangun. Gampangannya nih, badan kita gak bisa gerak dan mulut kita gak bisa ngomong. Nah ngeri kan. Gak ding b aja.
Kejadian yang paling gue ingat itu waktu gue kelas 10 pas awal-awal masuk SMA. Bisa dibilang waktu itu gue sibuk banget sama yang namanya ekskul. Yap di sekolah yang tidak memperhatikan dan tidak mengapresiasi kegiatan ekstra ini, gue dan teman-teman gue masih rela berjuang untuk mengharumkan nama sekolah. Gue waktu itu Cuma ikut 1 kegiatan ekskul tapi sibuk banget karena mau lomba. Gue selalu pulang malam karena dikejar deadline untuk mata lomba ini itu. Asal kalian tau aja ya, ekskul gue itu PMR dan bisa dibayangin betapa sibuknya. Ohiya buat kalian temen sekolah gue yang protes kenapa ini bahasanya pake gue-gue padahal disekolah gak gitu, tenang bro. Ini dunia maya, siapa pun bisa jadi apa pun. So, jadilah pembaca yang budiman and enjoy my stories :D
Malam itu sama seperti malam-malam pada umumnya dan sepertinya gue capek banget tapi gak bisa tidur saking capeknya. Mata ini udah berat banget tapi gak bisa merem meski gue paksain membaca buku pelajaran berharap bisa tidur dengan cepat. Lewat tengah malam gue baru bisa tidur. Namun ditengah kelelapan gue memejamkan mata ini, tiba-tiba terbangun karena tubuh mati rasa dengan posisi yang miring ke sebelah kiri ngadep tembok. Karna badan gue berasa berat banget kayak ditimpuk beban hidup, gua yakin banget pas itu udah bangun dengan mata melek. Tapi badan gue gak bisa gerak. Mungkin ini yang namanya tindihan. Anjirr gua tidur sendiri dan gak tau harus ngapain. Gue teriak teriak manggil Ayah sama Ibu di kamar sebelah karna panik tapi suara ini gak keluar sama sekali. Gua mau nangis karna ingat cerita Nenek gue kalau  tindihan itu bisa bikin MATI. Oh my god. Dosa gue banyak banget apalagi mengingat gue orangnya gak berbakti sama ortu. Huhuhu menyedihkan sekali masa muda yang indah ini. Gue takut ngeliat hal-hal gaib yang gue gak pingin liat. Tapi tiba-tiba gue ingat petuah Ayah gue yang kalau kita mimpi buruk mending baca doa dalam mimpi. Aduh gue lupa ayat kursi saking paniknya akhirnya Cuma baca Al-Fatihan kali aja mempan. Gua mulai agak tenang sedikit tapi napas hampir habis karna teriak-teriak dari tadi. Lalu dengan energi yang tersisa gue berusaha bangun gimanapun caranya. Petama gue bersaha gerakin kaki tapi percuma impuls saraf dari otak ke kaki nyampenya lama banget. Gue lalu berusaha keras mencoba menggerakkan tangan tapi tetep gak bangun juga. Oke tangan gue udah gak mati rasa terus gue coba gerakin tangan ke pipi buat gampar diri sendiri. UAAAH gua bangun ges dengan cara yang memalukan!!! pipi gue sakit dan gue keringet dinginn banyak banget. Dan gue gak bisa tidur lagi anjirr..Gue cek HP masih pukul 2 pagi. Gue ketakutan dan gak tau harus gimana karna orang rumah tidur semua. Mau browsing di internet tapi Cuma paket chatting #Nasib Pelajar. Dengan ketakutakan dan badan gue masing bergetar, gue paksain buat tidur lagi.
Besoknya sepulang sekolah gue coba interview ke Ayah sama Ibu gue kali aja mereka pernah ngalamin kayak gue. Gue awalnya coba tanya Ibu duluan kenapa bisa tindihan dan ibu gue jawabnya “Pasti belum berdoa ya” hmmm (10 jam) jawaban yang tidak memuaskan saudara-saudara. Yaa karena ibu gue orangnya cuek dan agamis pasti dikaitkan sama hal beginian. Lalu coba narasumber lain yaitu Ayah gue. Gak disangka responnya lebih antusias dari Ibu gue. Beliau nanyain apa yang gue liat pas Sleep Paralysis, Jam berapa kejadiannya, terus sebelum tidur kegiatan gue ngapain aja. Ayah gue berasumsi karena tidur kemalaman dan gue kecapekan ditambah ibadah gue yang kurang banget. Dalam hati gue berkata : doa lagi-doa lagi perasaan gue udah solat deh. Astagfirullah maafkanlah hambamu yang sok beriman ini. Gue exciting banget sama topik-topik macam ginian hingga beberapa hari berikutnya. Gue coba menganalisa apa penyebabnya dan solusinya. Namun, lagi-lagi gue diterjang kesibukan dan badai tugas sekolah hingga gue sempat lupa proyek analisa tidur ini.
Beberapa bulan kemudian gue ngalamin lagi Sleep Paralysis ini. Untuk kejadian kedua ini gue udah lumayan gak panik lagi gaes tapi efeknya, gue ngeliat objek item-item di sebelah tempat tidur gue. Tapi gue gak teriak dan berusaha bangun dengan sendirinya. Waduh ini sih udah tahap kedua Sleep Paralysis yaitu udah bisa ngeliat objek aneh disekitar. Anjirr apa gue kurang ibadah ya, ya bisa jadi karena ini sibuk banget udah mau akhir semester dan nyiapin Program Kerja ekskul gue buat periode baru. Hadeeehh CAPEK BANGET gaes gue ngerasa gak bisa banget bagi waktu antara bersekolah dan beristirahat. Wagelaseh dari pulang malam sampai diusir satpam, istirahat gue tersita dibuat nyari ttd peminjaman ruang ini itu dan lain lain. Gue ngerasa kehidupan sosial gue juga gak keurus gara-gara kesibukan ini. Hiks. Pokoknya kalian harus ngerasain gimana kesibukan memisahkan kalian dari dunia sosial. Untuk temen-temen sekolah yang ngira gue dulu anaknya pendiam, ansos dan gak ramah, mohon maap ye kawanku yang budiman, gue diem karna gue capek akan kesibukan yang gila ini. #hiyahiyahiya. Emang waktu itu kalau gak salah gue males banget diajak ngobrol jadi jawabnya singkat-singkat terus. Huhuhu maafkan diriku yang tidak becus bagi waktu ini wahai pembaca yang budiman.
Sleep Paralysis yang nyerang gue ini makin lama makin parah dan gak terkontrol sampe gue stress sendiri karena gak tau harus gimana. Disaat temen gue yang lain pada tumbang diserang penyakit fisik karena kecapekan tugas, ini gue malah diserang penyakit mental. Bisa-bisa gue gila diusia belia. Gak ini lebay. Lambat laun gue ngelanjutin proyek pola tidur gue yang waktu itu. Hmm memang agak mustahil nyari obatnya karena gue juga bukan dokter spesialis kejiwaan tapi gue harus berusaha.  Singkat certa gue mulai tau kalau penyebab Sleep Paralysis yang nyerang gue itu ada dua. Pertama karena gue gak bisa bagi waktu karena gak tau mana prioritas dan mana yang bukan serta gue KURANG IBADAH. yahh untuk kalian yang protes ini kenapa ibadah lagi-ibadah lagi, shut up! baca dulu sampe abis.
Faktor pertama gue bener-bener gak bisa bagi waktu. Arggghhh.. frustasi rasanya. Untuk kalian yang ngalamin hal yang sama kayak gue, coba deh bagi 24 jam waktu hidup kalian dalam sehari menjadi 3 bagian. 8 jam untuk tidur, 8 jam untuk beraktivitas (sekolah, belajar, bergaul, ekskul, hobi) dan 8 jam lagi buat ibadah. Emang sulit waktu dicoba tapi ya itu salah satu alternatif solusinya. Saat kalain sibuk dengan satu hal, kalain juga harus ingat waktu untuk istirahat. Tubuh kalian itu juga perlu ngaso gaes. Pas kita ngalamin Sleep paralysis itu, otak kita tetep bangun karena dituntut mikir ini itu sementara otot kalian protes karena doi juga butuh istirahat. Semua itu udah ada porsinya masing-masing. Kalau kalian melanggar hak tubuh kalian untuk istirahat ya otomatis tubuh kalian protes  ujung-ujungnya tindihan kayak gue. So, tetap berikan hak tubuh kalian untuk istirahat ya.
Faktor selanjutnya adalah ibadah. Jujur gue kolot banget kalau diingetin Ibu gue buat nambah ibadah. Alasannya capek lah, gak ada waktu lah. Hingga tuhan mengingatkan gue dengan cara seperti ini. Dulu gue itu Cuma mau menjalani kewajiban gue ya contohnya sholat lima waktu aja titik gak lebih. Gue kayak gak mau gitu buat nambah waktu buat ngaji atau sholat duha lah minimal. Gue merasa apa yang gue lakuin itu cukup. Tidur aja kadang lupa baca doa saking capeknya. Hmm. jangan ditiru wahai pembaca budiman!. Kalian gak akan merasa nikmat yang diberikan Tuhan itu mengalir tiap saatnya kalau kalian masih kolot buat diingetin ibadah. Masa’ nyediain waktu beberapa menit aja buat bersyukur kepada Tuhan gak mau gimana mau tenang coba hidupnya. Akhirnya gue ngaji lagi dan nambah solat duha. Gue menyisihkan waktu untuk ngaji minimal Ya Sin tiap habis Solat Magrib berharap Tuhan mengampuni dosa gue dan kedepannya gue dilindungi oleh-Nya.
Untuk sekarang, meski gue juga lagi stress dan sibuk-sibuknya belajar nyiapin materi buat Ujian test center, UASBN, UN, nyiapin PAS dan tes-tes lainnya, gue udah gak ngalamin Sleep Paralysis lagi gaes. YEAYYY. Ternyata solusi sederhana yang gue terapin diatas  manjur wkwkwk. Ingat gaes, Berusaha mencapai sesuatu itu harus tapi jangan lupakan Pencipta kalian yang memberi kalian kesempatan hidup. Jangan pernah merasa berjuang sendirian dan selalu Berdoa meminta pertolongan-Nya dimana pun dan kapan pun. Oke gue rasa itu aja cerita pengalaman gue. See you dilain kesempatan.