Tanggal berkunjung: 29  Juli Agustus
    Setelah sekian lama postingan ini terpendam di bagi draft akhirnya bisa gue munculkan setelah seambrek kesibukan dunia nyata yaitu ulangan akhir dan TO yang bertubi-tubi, semangat gue muncul setelah banyak anak-anak yang merasa suntuk dan gapunya uang*no means to offence ya guys* nah mungkin wisata merakyat ini bakalan sangat worth it untuk dijelajahi.

    Wisata Semeru ini terbilang baru sih, meskipun begitu jangan takut kesini karena penjelasan gue dibawah ini 3 bulanan dulu jadi pastinya sekarang tambah cakep tempatnya. Wisata ini cocok banget untuk berkumpul keluarga besar atau komunitas. Satu kali jalan kalian bakalan bisa sekaligus mengunjungi 3 tempat, tapi menurut gue cukup Hutan Pinus Semeru (HPS) dan Boonpring aja karena banyak banget yang bisa dieksplor, tapi kalau penasaran ke Wana Wisata Winong ya silahkan. Yuk langsung ke tempat wisatanya. Yuhuu.

Hutan Pinus Wisata (HPS)
Alamat: Area Sawah/Kebun, Sumberputih, Wajak, Malang, Jawa Timur 65173



    Bagi kalian yang mau kesini jalannya masi offroad, banyak pasir halus gitu. Jadi gue rekomendasiin pake mobil kalau gamau baju kotor. Btw kalau belum tau jalan ya tanya penduduk sekitar aja, karena pernah nih kita nyasar dan meski bisa dilewati tapi jalannya itu super sempit dan curam. Harga tiket murah meriah pake banget- 5000 aja per orang plus dapet air mineral gratis yang 2000 an itu, berarti kalau dihitung2 ya cuma 3000, parkirnya 5000 untuk mobil*kalaugasalah*.




Kesan gue pertama kali sih tempat ini sejuk, ya maklum lah gunung kan ya. Daya tarik utamanya disini selain pemandangan yaitu disediakan tempat foto yang instagrammable banget dan outbound, cocok untuk semua anggota keluarga.





Jangan khawatir tentang kamar mandi karena banyak banget kamar mandi yang disewakan oleh penduduk sekitar. Juga berbagai warung dan PKL yang menjajakan makanan dan minuman.



Banyak pilihan wahana yang ditawarkan, Flying fox 15.000 untuk bocah, 20.000 untuk dewasa. Kereta gantung 5000 anak, ini ngeri sih kalau kamu mau nyoba tapi udah segede gentong. Ga berasa di hutan kalau ga tiduran di hammock, ya ga? Disini disediain dengan harga 7000 untuk kamu pakai sepuasnya. Saat itu dibilang ada berkuda dengan 15.000 sih, sayangnya mungkin karena kita kepagian kesana atau gimana si kuda kagak ada.

Menurut gue kalian harus cobain ATV sih. Gue yang gabisa motoran bisa nyetir kok ntar bakalan dikasih tau cara pakenya. Harganya? 25.000 per 15 menit. Oiya sebenarnya gue agak takut sih naik-naik yang agak-agak konstruksi alias rumah-rumahan karena berasa kayunya agak kurang kering yataulah, mungkin sekarang udah diperbaiki, yekan.

Tempat ini cocok banget buat piknik bersama bahkan dengan hewan peliharaan tapi dengan catatan jalannya diperbaiki biar ga stress. Dibawah ini foto gue dengan salah satu keluarganya Cat Lover Malang, but unfortunately karena dia kena serangan jantung, he's not live anymore RIP.

Buat nyesuain dengan keadaan sekarang, barusan gue browsing apalagi yang ada di HPS ini. Selain yang gue sebutin tadi, ada sepeda awan harganya 10.000 sepuasnya foto. Camping 10.000/orang sudah termasuk kamar mandi, listrik, dan tempat. Acara reuni musik dll 10.000/orang termasuk kamar mandi dan parkir gratis. Paket outbond dan playing fox 35.000/orang. Prewedding 50.000 termasuk kamar mandi. 

Part 2 akan membahas Boonpring, bisa kalian klik disini. Gimana, tertarik berkunjung?