Gue takut pada perubahan. Tapi gue harus berubah. Hidup seperti game, tapi game tidak bisa seenaknya save dan replay, apalagi nge cheat.

This is how Zenius upgrade my life
Setelah UN SMP, pada nganggur2nya nih tinggal nunggu pengumuman. Nah disitulah gue bimbang.
Ntar SMA gimana gue belajarnya. Fisika SMP aja udah terlunta-lunta, apalagi kakak gue udah pada sibuk semua, mana sempet ngajari. Gue gamau bodoh terus, menderita, duh. Bimbel mahal gilak, aih.
    Singkat cerita, gue adalah salah satu siswa K13, dimana soal-soal di buku MAT K13 yang dijadikan tugas itu gila-gila banget, kata guru gue bisa dibilang setara dengan soal olimpiade. Gila ga tuh? Ditambah di sekolah guru gue ngajarnya gajelas dan monoton, hampir semuanya gangerti kecuali anak pelit yang les diluar. Guru-guru itu juga masih aja ngasi PR dengan soal yang gila. Oleh karena itu gue berusaha bertahan dengan cara minta diajarin ibu atau mba gue. Tapi kendalanya mereka sering sibuk dan kadang engga tau jawabannya dan ternyata saat dibahas di sekolah kata guru gue ada kesalahan soal. Oleh karena itu gue sering depresi dan hampir begadang sampai jam 12 cuma buat coba ngerjakan sampai gue nyerah. Well tapi hidup SMP gue lebih parah dari SD. Di SD gue pulang langsung ngerjakan PR sebagai syarat main game online 2 jam. Puncak-puncaknya keparahan addictednya gue saat kelas 5, 2 jam berasa 30 menit dan akhirnya nilai gue jeblok parah, di titik itu gue merasa harus ada perubahan kalau gamau gini terus, akhirnya setelah belajar sendiri dari buku-buku latihan soal tanpa bimbel gue peringkat 7 UN tertinggi di sekolah gue dengan nilai 28,5 meskipun gue hanya anak kelas B yang bisa lo baca cerita lengkapnya disini. Gue kaget parah sih karena ngalahin temen2 yang bimbel mahal dan kelas A.

Masa SMP gue pulang sekolah langsung main ke rumah temen sampe jam 6. Nah lanjut ke soal-soal PR. Sampai akhirnya gue iseng ngetik soal di google, dan BOOM! Banyak banget soal yang serupa beserta jawabannya. Yap itu Br*inly. Gue ketagihan banget tuh sampe kelas 9, copy paste jawabannya tanpa tau konsep dasanya dan asal rumusnya, penting selesai dan dapet nilai. Gue bener-bener gangerti esensinya belajar.
    Sampai akhirnya gue di penghujung mau UN, gue bingung kepalang.
Aduh gimana nih, bimbel di sekolah aja kadang gangerti.
    Nilai TO Mat pertama gue 58. Boom.

Kalau latihan soal dan baca buku diulang-ulang, kayaknya ga efektif deh.

      Akhirnya gue memutuskan untuk mencari materi UN di internet khususnya Youtube. Lagi-lagi gue memilih internet sebagai media belajar gue. Gue gamilih les karena gue tipe yang bingung kalo belajar bareng, apalagi kalau sama cewe pasti diajak ngobrol mulu jadi gakonsen. Sempet gue bertemu bimbel online berbahasa indonesia seperti: inibudi.com, gulamhalim,agus nggermanto, bahkan bimbel online luar negeri, dll. Kebanyakan bahkan hampir semua bimbel online yang gue temui hanya membahas apa cara cepat, rumus-rumus seGunung Everest, tanpa tau darimana asalnya. Sempet gue melirik Zenius karena disebut-sebut bimbel online terbaik saat itu, first sight jujur gue acuhin karena berbayar dan video pertamanya yang kurang srek sama gue. Oh iya, di Royal Atk (tempat alat tulis di Malang) gue menemukan orang yang menjual CD yang sepertinya CD Zenius dan gue sempat nglirik, "Apaan tuh" dan gue kurang tertarik karena gue pikir CD yang semacam gitu pasti isinya gajelas.
Playlist youtube gue, sisa-sisa perjuangan SMP wkwk

      Akhirnya dengan segala jerih payah nilai UN MAT gue nilainya 92,5! Alhamdulillah. Gue ganyangka banget karena pas ngerjain gue grogi banget. Gue bersyukur sih dapet nilai segitu, tapi gue merasa ada yang, ehm, kurang dan gue gatau apa itu. Di titik itu gue berfikir bahwa materi SMP gue masih ngambang-ngambang gajelas.

     Saat liburan setelah UN gue nganggur tuh, Facebook gue bukain terus sampai akhirnya gue ketemu iklan Zenius lagi. Akhirnya gue selamin tuh website Zenius, gue baca-bacain testimoni. Gue bener-bener ragu Zenius ini beneran ga sih? Embel-embel "Belajar dengan konsep dasar"nya kok meyakinkan sekali, apalagi sepertinya itu yang gue butuhin selama ini. Sampai akhirnya gue follow Twitter Zenius dan suatu saat seseorang mengirim pesan. Pikir gue.

Oh ada orang yang pakai juga, kayaknya ngga nipu nih. Tapi kalau ini nipu gimana ya, dulu sering ketipu ama bimbel online lain(ga sesuai embel2nya). Jangan-jangan sama aja kayak yang lain.
     Entah kenapa ada sesuatu di hati yang mengerakkan gue. Gue kepikiran bisa aja belajar online di Youtube seperti SMP tapi ngga selalu materi ada dan di Zenius menjawab kekurangan itu. Akhirnya minggu pertama masuk sekolah gue hilangkan segala keraguan gue dan memutuskan untuk membeli voucher 1 tahun seharga 400rb-an. Gue habiskan seluruh tabungan(400rb-an) hasil dari angpao lebaran. Gue ragu sih, tapi pikir gue harus dicoba nih. Gue membeli voucher online di Indomaret terdekat, mba kasirnya sempet gatau Zenius itu apa, setelah gue sebut-sebut bimbel online akhirnya transaksi berjalan lancar. Cepet-cepet gue pulang langsung konfirmasi dan segalanya. Langsung gue coba video motivasi dan segalanya. First impress, not bad.

sempet ragu mau langganan, btw follow @miamiaw77

     Suatu hari yaitu Sabtu, gue mengikuti seleksi tahap 2 beasiswa SMA ke Singapura di Surabaya tepat di minggu pertama masuk resmi sekolah. Gue gada persiapan sama sekali. (Eits bukan tentang seleksinya yang mau gue ceritain). Otomatis gue harus ijin 1 hari, Sabtu, dimana ada kelas Fisika, dan hari Rabu besoknya ternyata ulangan. Gue gaterlalu panik sih, karena gua pikir bab 1 tentang pengukuran itu-itu aja dan masuk gamasuk kelas mengingat hari pertama gue gapaham jadinya ga terlalu gue khawatirkan, toh udah pernah saat SMP. Lah kok ternyata ada materi baru, dimensi. Dimensi apaan, dimensi ruang waktu? Apalagi guru Fisika gue menjelaskan model ya pokoknya gitu, entah kenapa. Gue manggut-manggut aja, semakin dijelasin semakin gangerti. Masa bodoh deh pokoknya.
     Akhirnya gue nyicil materi dengan Zenius untuk persiapan kelas Fisika Senin, gokil banget! Gue sering banget, "Oooh." dan gue bener-bener paham apa itu dimensi.

Ooh teryata klo mau diganti jadi dimensinya, cuma cari satuannya trus diganti gitu doang.
Apalagi tutornya sering banget memakai analogi gambar. Submateri lain seperti Angka Penting, di sekolah gue gapaham sama sekali. Tapi di Zenius diajarin bisa dibilang lengkap banget! Hari ulangan pun tiba, oh yes! soal apaan nih *sombong*, gue kayak kemasukan arwah Ilmuan Fisika ngerjakan soalnya dengan cepat dan PD. Disaat gue sudah selesai, temen2 gue terliht kebingungan. Entah kenapa gue gapernah sePD itu ngerjakan soal Fisika.

bukan rumus jadi xD *masih banyak pembuktian lain mulai dari yang cupu, misal sin (x+y) darimana rumusnya

Ketakjuban gue memakai Zenius pertama memuncak disaat pembagian hasil ulangan.
Yah kok 81. Padahal hampir bisa semua. Oh ternyata ada soal yang kelewat, ah seharusnya bisa lebih nih nilaiku.
Temen-temen gue pada melongo liat nilainya. Loh pada remidi semua nih. Ternyata cuma 3 dari 28 anak yang ga remidi, dan dari 3 anak akulah salah satunya, haha. Langsung tuh gue gamalu-malu lagi naruh nilai-nilai ulangan di meja rumah maupun sekolah haha, dan gue sampe cerita ke keluarga saking senangnya. Gue tau bab 1 emang gampang. Tapi sebenarnya bukan cuma nilai yang gua senang, tetapi perasaan "akhirnya gue bisa paham juga.". Dari situlah motivasi belajar gue di Zenius semakin meningkat.

Woah gue yang gamasuk 1 hari Fisika bisa ga remidi! Sadis, parah, wow!
Semakin berjalannya semester gue gapaham pelajaran Fisika dan Kimia yang diajarkan di sekolah, Alhamdulillah dengan adanya Zenius gue lebih jauh paham. Jujur gue orangnya kalau gadijelasin secara detil susah mau paham. Tapi di Zenius, sense pingin tahu gue dipuasin coy! Mulai dari darimana asal rumusnya, kok bisa gitu, dan segalanya!

Contohnya nih materi animalia yang banyaknya segudang, kita diberitahu kalau makhluk evolusi dari air, sampai akhirnya karena kompetisi dan segala alasan lainnya mereka pindah ke darat dan dibarengi dengan adaptasi (Woah gue masi inget haha), dimana di sekolah gue gadiberitau pengetahuan semacam gitu. Salah satu perkataan yang ngena banget di otak dan hati gue yaitu,

Gaharus dihafalin semua, yang penting klo poin2nya lu paham, ntar lain2nya ngikut.
Sampai terakhir kali UAS, gue masih PUAS dan ingin belajar sama ZENIUS LAGI! Gue nyesel bat sih gapake dari masa-masa suram gue, terutama SMP. Di penghujung kelas 10 gue berfikiran ngapain gua sekolah, mending sekolah di rumah ama si Zenius aja. Awal-awal kelas 11 berefek gue jadi males banget ke sekolah apalagi di saat SMA lain masuk 6.45 sekolah gue 6.30 dengan tatib yang... huh males ah bahasnya.

Oiya kelas 10 kalau gasalah gue peringkat 5/6/7 gitu sekelas gue gainget, gue agak kaget sih karena saat SD aja gue cuma 18 dari 45an anak. Tapi entah kenapa gue ga bahagia dan cenderung biasa aja. Gue merasa ada missing part in my life.

Missing Armor in My Character
Iseng-iseng baca postingan di blog Zenius yang judulnya Sebetulnya untuk Apa sih Kita Belajar? salah satu kalimat yang ga akan gue lupakan sekaligus melengkapi hidup gue yang bunyinya gini.
Don’t follow your passion, start to EXPLORE your passion!
Gue masih inget banget diri gue saat SMP yang kekeuh maunya ngaku passion gue adalah menggambar. Gue udah menjajal banyak teknik mulai dan peralatan mulai dari yang mainstream seperti krayon, pensil warna sampai yang aneh seperti cat air, cat minyak, dan arang. Singkat cerita gue sering banget bareng anak2 yang kepilih buat mewakili sekolah untuk berbagai lomba menggambar, singkatnya lagi gue gapernah menang. Padahal gambar gue ga jelek-jelek amat, mungkin memang gue kurang? sampai pada akhirnya di lomba menggambar terakhir gue, gue baru menyadari kalau penilaian lomba macam gini subjektif banget bahkan di lomba terakhir banget ada peserta juara 3 padahal gambarnya lebih ga qualified dibanding temenku yang lebih bagus, eh ternyata dia anaknya pejabat, gue udah sumpek banget. Tapi gue ga nyesal karena saat menggambarlah gue temukan kebahagiaan gue karena berapa lama gue nggambar ga kerasa haha.



Di sela-sela menggambar gue juga mencoba skill baru yaitu fotografi, saat kelas 7 entah gimana gue langsung ditunjuk yang ngewakili lomba fotografi, gue iyain aja. Bermodalkan DSLR dan gue cuma tau dasar-dasar, teknik seperti ISO gitu-gitu aja. Gue ragu banget, tapi yang penting ikut kan? Gue kaget banget juara 1. Kelas 8 gue diberitau ada lomba fotografi jurnalis se-Kota Malang, wah excited dong apalagi kalau lomba selalu bakalan dibayarin oleh sekolah gue. So, why not? Oleh penyelenggara kami diajari cara ngambil foto yang bermakna dan dapat menceritakan. Gue melihat saingan gue yang pake lampu extension apalah itu, kayak jurnalis beneran, hopeless. Hasilnya ternyata nihil alias gue kalah. Btw kalau mau lihat hasil foto lengkapnya bisa disini. Yap gapapalah kan lomba kedua, tapi sejak itu gue ga ikutan lagi karena udah sibuk mau kenaikan kelas 9.

Di kelas 9 intinya gue dipaksa mencoba lomba KTI yang gue hindari karena gue pikir ngapain nulis ribet, btw lengkapnya bisa kalian baca disini juga. But ternyata dengan bantuan dan motivasi guru gue, gue bisa langsung juara 1 di lomba KTI dan kagetnya gue mengalahkan temen gue yang pro dan dapet uang satu jutong. Ternyata mencoba itu gada ruginya sama sekali. Adrenalin gue terpacu parah. Gue berhasil mematahkan fixed minded gue bahwa gue gabisa sesuatu yang sulit. Ternyata GUA BISA!

Di kelas 10 gue males banget bawaannya, gue kecewa banget gara-gara zonasi kuota SMA jadi menipis. Akhirnya gue keterima di SMA 1 alias saingan SMA-yang gue ingin dengan jalur prestasi, tentunya jalur prestasi ini disesuaikan dengan nilai gue. Untuk prestasi KTI diarahkan ke SMA 1 karena memang ahlinya disitu. Ya gue tau gaboleh nyalahin zonasi, ini salah gue tapi yaudahlah. Males gitu sekolah, udah kayak zombie sekolah deh. Apalagi gue gapaham di sekolah guru-guru ngomongin apa, di Zenius langsung paham, tau ga sih rasanya?

Tahun pertama sekolah sama sekali ga produktif, sampai akhirnya di penghujung kelas 10 gue berhasil lolos final lomba KTI di ITS yang bisa kalian baca di blogku di tag achievement. Meskipun ga menang entah kenapa gue merasa ada unaccomplished mission yang banyak setelah ikut lomba itu. Gue senang bertemu orang baru, bertukar argumen dan pengalaman, apalagi gue orangnya pemalu dan cenderung diam(dusta ini kalau udah kenal), tapi gue cepat akrab kalau cuma ketemu beberapa hari. Gue merasa senang aja tiba-tiba gue merasakan semangat hidup sekali lagi setelah 1 tahun jadi player AFK di sekolah. Grogi lihat peserta lain yang jago alias perang mental. Grogi ditanyain dosen. Grogi isi KTI gue hancur tiada tara karena gapernah dikonsultasiin. Di titik itu gue merasa gue menemukan booster Mana Point (MP) gue.

Next, Level Up
Akhirnya gue mengikuti banyaaaak lomba KTI, kadang menang, kadang kalah. Gue dulunya yang takut banget lupa, berkat Zenius dengan perkataannya.
Jangan takut lupanya, tapi ingat intinya apa.
Lama-kelamaan rasa grogi itulah yang membuatku ketagihan. Nikmat rasanya. Apalagi disaat pembacaan pengumuman. Gue jadi lebih tahan banting. Gue akui kemampuan berbicara gue apalagi artikulasi masih belibet, masih canggung gitulah. Semakin banyak lomba gue merasa melihat banyak kelebihan dan kekurangan dari peserta lain. Gue jadi lebih intropeksi gitu. Ternyata gacukup bagi gue, gue merasa presentasi gue masih kurang, masih kurang luwes, gue butuh yang lebih keren.

Tapi gue saat itu masih buta bagaimana cara mencapai the next level. Entah bagaimana gue teringat di Basic Learning Zenius bahwa untuk mencapai tujuan lo, lo harus tahu batu-batu yang diloncati. Singkatnya, namanya Deliberate Practice. Hadeh apalagi nih Zen? wkwk. Jadi intinya .

ngelatih apa yang kurang dan sulit secara berulang-ulang dilatih terus sampai lancar, sampai bener-bener ngerti dan bisa banget.
Nah inilah yang selama 1 tahun kelas 2 SMA gue lupakan. Salah satu kelemahan gue adalah presentasi, gue lupaan gitu. Tapi setelah melihat kelebihan peserta lain yang PD dan jalan kesana-sini penuh ekspresif layaknya baca dongeng gue jadi tersadar bahwa hal macam gitu akan menutupi kelemahan gue. Gue harus bisa mengimpress juri. Akhir-akhir SMA gue mulai try new armor mirip-mirip tipsnya Glenn Cara Belajar Hal Baru. Gue mulai menerapkan tips untuk komunikatif dengan audience misalnya menanyakan, 'udah makan belum?' ya gagitu juga, intinya tentang apa yang gue presentasiin. Gue takut banget ntar krik krik, ternyata disaat gue coba angkat tangan, si audience mulai tertarik dan mau angkat tangan juga. Gue juga mulai jalan kesana-sini sambil ngomong walaupun kikuk, but at least i did it! Sayangnya gue baru menyadari di penghujung tahun gue, oleh karena itu kuliah nanti gue pingin belajar tetep penelitian dan didukung belajar jadi MC sebagai batu loncat gue.


Gue juga ada penelitian tentang penggunaan media pembelajaran, kayak jadi PPL gitu rasanya . Itu pertama kalinya gue minta temen2 ekstra KIR untuk rame-rame bantuin ternyata mereka mau mbantu huhu. Gue kasih tau lagi kalau gua tuh aga gimana gitu ngomong di depan orang, apalagi depan anak-anak. Untungnya gue dibantu temen2 hehe. Sekali lagi, gue berhasil mengalahkan fixed minded bahwa gue gabisa sosialisasi.


Disaat gue ingin menikmati kesibukan kelas 12, gue putuskan untuk vakum dari lomba KTI. Eh ternyata gue diajak temen gue olimpiade, karena gue lagi seneng langsung gue iyain. Gue work banget apa yang bisa gue kontribusiin ke mereka karena masih ke fixed minded gue bahwa gue gaakan bisa lomba macam olimpiade apalagi senasional di UGMyang aku tulis disini. Untungnya saat itu Twitter Zenius repost tentang fixed mindedku ini.
Lo coret pemikiran itu semua dari kepala lo. Lo ganti kata-kata “ga bisa” jadi “BELUM” atau “BELUM SEKARANG”. Teruslah berusaha, jangan pernah menyerah, dan ketahuilah bahwa kalo gagal itu artinya bukan cuma keberhasilan yang tertunda tapi terus lo gak berusaha. Kegagalan itu lebih tepat artinya lo sedang dalam proses belajar. Berhasil atau nggaknya, itu semua tergantung usaha lo, dan pola pikir lo untuk terus mau berkembang!
Nah emang 2 tahap penyisihannya susah kuadrat, untungnya bisa lolos ke Surabaya untuk semifinal. Di sisi semifinal gue belajar bener-bener biar gajadi beban. Gue dikasi bagian fisika, gue ga begitu bisa sih, tapi gue yakinin aja, gue sekalian belajar yang lain, tapi gada yang masuk huhu. La kok saat babak semifinal disaat suruh isi TTS otak gue encer banget di bagian biologi dan tentang tokoh-tokoh, tim kami termasuk tim dengan poin tertinggi di pos itu. Meskipun gara-gara perang mental di babak final rebut 1 soal, ya 1 soal, nyesek parah, kita tau jawabannya tapi gaberani jawab. Akhirnya kita kalah huhu. Ya cukup bagus lomba olimpiade pertama gue berkat temen yang pintar bisa membawa gue ke level yang sama membuat gue berfikiran bahwa gue ga bodoh-bodoh amat kok, kalau mau pasti bisa!

Selain Zenius berhasil membantu gue menemukan passion gue, merobohkan fixed minded gue, dia juga udah mengangkat hobi lama gue yaitu, baca buku.

Scrolls
Gue sebenarnya suka baca sejak TK. Sejak TK sepulang sekolahnya gue sering ke Perpustakaan Umum, ngapain? Basicly sementara ibu gue cari literatur buat kuliah di lantai atas, gue ada di lantai bawah khusus anak-anak. Gue gabegitu yakin gue suka bacaannnya atau gambarnya bagus, pokoknya gue suka aja liatnya, apalagi banyak buku mahal misal penerbit DK yang notabene bukunya glossy, warna-warni, tulisannya dikit, mantap lah. Saat SD pun kalau bosen gue sukanya ke perpus karena nyaman aja bisa lesehan trus tiduran, juga ada ensiklopedia tentang sejarah kerajaan, viking, sejarah perkembangan transportasi gitu2 yang warna-warni gitu, penjaganya juga ramah, bahkan gue dibolehin main di komputernya haha. Tapi semenjak SMP nafsu baca gue udah hilang gitu meskipun masih ada tapi dikit, buku disana udah dikit pilihannya, penjaganya galak, males deh, palingan ke perpus cuma buat ngeprint tugas.

Buku fantasi juga penting, sejatinya ilmu itu awalnya dari berkhayal haha
Semenjak SMA setelah bertemu Zenius gue menemukan sebuah artikel di Blognya tentang Soe Hok Gie. Dari situ gue mulai nonton filmnya juga baca bukunya. Gue sangat kagum dengan sosok Gie ini karena dia sangat pendirian kepada prinsipnya, bahkan pada disaat genting pun dia masih aja pendirian. Gue baru menyadari kalau Sejarah itu asik juga kalau lihat dari sudut pandang banyak orang. Selain Soe Hok Gie gue mencari buku biografi lain seperti Tan Malaka, Soekarno terbitan Kompas di perpustakaan SMA gue. Tak lupa juga biografi orang luar seperti Mahatma Gandie, dokter Eropa yang ke Afrika yaitu Albert Schweitzer, gue salut banget dengan pengabdiannya, dia rela disaat yang lain malah pingin keluar dari sana karena berbagai wabah, tapi dia mau membantu, bahkan istrinyapun ikut mendukung, huaaa.

Pembelajaran di Zenius gacuma bualan besar, tapi bener-bener bisa lo praktekin di real game! Gue nyesel baru tau ada yang bener-bener otaknya udah SI (Standar Internasional), Zenius.

Work hard, play hard

Selama hampir 3 tahun SMA yang gakerasa banget lewat gitu aja gue bisa mengeksplor hal-hal lain di sekolah maksimal gue sepuasnya tanpa harus mengorbankan nilai rapot. Gue menyadari kalau semuanya cuma ngejar rapot tapi gapunya sesuatuyang mbedain misalnya ga ikut organisasi, ga ikut eskul ya gimana ya, pokoknya di jaman ini skill selain di sekolah juga penting. Awalnya gue kayak apasih ngliat quote di home zenius yang inti dari isinya genius ga harus belajar 24 jam. Manabisa ya kan? Eh ternyata bisa! Gue gaharus ngorbanin nilai demi melajari hal baru.

3 tahun bersama zenius hari sebelum materi dimulai gue pasti buka zenius dan mbabat semua video apalagi pelajaran sejarah indonesia. Kalo sejin selalu banyak banget yang harus di salin waktu pelajaran, jadi semisal gue udah ngehabisin sebelum materi itu habis gue tinggal fokus ndengerin penjelasan si guru karena biasanya yang keluar ulangan ya yang diomongin itu.


Btw klo lo pikir gue mantengin semua video, umm bisa dibilang 7/8 nya sih, untuk materi macam fisika kimia bio pasti lah gue abisin, tapi untuk mat gue udah pesimis dulu gitu, eh, mau buka udah aduh, tapi tetep aja dengan motivasi gue gamau gangerti sendirian ya gue paksain gue duduk manis dan ngliatin tiap video. Oiya kadang2 gue ga buka video mat dulu sebelum dibahas di sekolah, saat di sekolah gue gangerti apa2 hadeh menyiksa, tapi saat di rumah gue pantengin videonya, oh gini aja wkwk. Gue lakuin itu biar meyakinkan diri gue aja kalau MAT mungkin susah, tapi bisa kok! Saat mau SBM gue baru nyadar seberapa penting belajar wkwk, jadi ya itu salah satu penyesalan gue.

Apalagi langganan Zenius selama hampir 3 tahun ini untuk lat soal kimianya jarang gue buka karena ya pesimis itu, macam MAT lah, yah ini salah satu peninggalan fixed minded gue yang berusaha gue lawan dengan sugesti di hati gue

Ayo ayo satu video aja, satu aja. *Dari satu tumbuh seribu*

Level dalam Zenius Learning Framework

Berdasar Zenius Learning Framework yang gue catet dari Ted ala ala Bang Sabda berbentuk segitiga yang terdiri atas 3 yaitu Fundamental, Insightful Knowledge dan Specific Skill



Fundamental berisi tentang mentality (cara mengupgrade), cognitive (how to install), mastery learning, inti yang gue tangkep yaitu pahami bahwa otak adalah program dan lo adalah programmernya. Lo harus yakin kalau bisa, ini yang terjadi dengan gue (ceritanya di atas) setelah gue paksa alias jebol batasan pikiran. 

Kedua, Insightful Knowledge yang isinya tentang connecting the dots, the ground breaking. Semasa belajar di SMA kerasa banget kalau lu ga ngerti satu bab, bab selanjutnya bakalan menderita banget. Misal nih di kimia, kalau ga ngerti stoikiometri hancur deh di bab selanjutnya. Untuk bikin mindmap gue dari SMP buat gara-gara awalnya itu tugas, eh ternyata gue lebih paham gitu, ternyata itu salah satu penerapan connecting the dots. 

Belajar pelajaran juga ga boleh lo bedain banget karena matematika adalah dasar banget, klo lo mau belajar bio lo harus paham kimia (misal biokimia), belajar kimia harus tau fisika (misal tentang gerak Brown), belajar fisika harus tau matematika (misal turunan jarak yaitu kecepatan).

Ketiga dan yang teratas yaitu Specific Skill dengan cara deliberate practice alias latihan terus menerus, ketahui kesalahan, sampai jago. Perlu diketahui juga bahwa Bang Sabda pernah bilang buat baca buku Talent is overrated. Setelah melihat sekeliling gue yang bisa gue bilang dulu di bawah gue banget, sekarang bisa sejajar gue. Gue yang ga pernah di kelas A(berdasar rangking TO), mentok kelas B awal-awal bisa 10 besar bareng anak-anak A. Menandakan bahwa mungkin talent memang pengaruh, tapi usaha lebih penting.


sumber: https://forcesofhabit.com/talent-is-overrated/

Studies Skill 

Skill untuk belajar juga penting menurut Sabda, juga gue. Btw yang di bawah ini yang gue tangkep dari penjelasannya di video Zenius ya.
1. Excitement (Passion)
    Gue sering banget nontonin Youtube Channel Thomas Frank, dia pernah nyebutin cara ningkatin mood belajar dengan cara nonton/main video game tentang pelajaran yang akan mau lo pelajari. Misal ni gue mau belajar geografi maka gue nonton video orang main The Uncharted.
2. Map
    Di tahap ini kita harus tau esensi, tujuan, dan guna belajar bab itu. Tapi ya tujuannya jangan biar sekedar lulus aja sih wkwk. Menurut gue belajar itu membentuk kepribadian lo berkepanjangan sih, misal Matematika membentuk cara lo berfikir, lagian apa lo masih inget materi SD tentang KPK FPB? Bahkan gue gainget itu buat apa. Mungkin isinya memang penting tapi yang lebih penting bagaiana kita menyelesaikan permasalahan.
3. Mindmapping
  Nah ini nih yang gue suka sejak SMP. Gue jadi lebih ngeh saat belajar dan tau bedanya, bukan sekadar menyusun kata-kata random jadi satu, itu bikin pusing parah. Dengan menyederhanakan dalam satu kata untuk mendiferensiasikan dan lebih 'nyambung'.
salah satu mindmap yang gue bikin

4. Exploration
    Tahap ini kalian meng-imajinasikan dan memvisualisasi. Kadang kalau belajar Fisika misleading lagi mbayangin misal kertas dengan polpen yang jatuh duluan siapa? Menurut lihat sehari2 ya polpen kan? Tapi ternyata itu karena ada variabel lain seperti udara, kalau di kedap udara beda lagi. Jadi harus hati2 yaa. Intinya selain lihat dari sisi matematikanya lihat juga dari fisisnya *cie yang flashback materi awal2 fisika wkwk*
5. Induksi
    Tahap ini kalian latihan soal dan di real lifenya gimana. Dari variasi soal kalian tau penting atau ga nya subbab itu.
6. Kesimpulan
7. Latihan Soal
gue taruh di map per pelajaran
Jujur aja gue udah niat banget awal-awal ngeprint semuaaa, eh ternyata yang Mat, Kimia ada yang gague kerjain. Fatal sih. Parah. Nyesel ah gue.
8. Integrasi
    Puncak dari belajar adalah mengintegrasikan materi karena itulah tujuan belajar Sains.

Study Less, Study Smart
Masih berhubungan dengan motto Zenius. Di Zenius bagian TKPA Bahasa kita diajari kalau belajar bahasa khususnya vocab mendingan tau root wordsnya. Setelah gua coba ternyata asik juga. Disaat di suatu bacaan gue gangerti suatu gue baalan cari asal kata itu, biasanya sih dari Old English, Prancis, kadang Jerman. Jauh lebih menyenangkan dibanding belajar Thesaurus, seambrek gitu kan. Ternyata belajar bahasa Prancis ga bosen-bosen amat kek gue biasanya di Lintas Minat. 11 12 sama Inggris lah.

Nah berhubungan dengan waktu untuk belajar awalnya gue berdasarkan waktu. 1 atau 2 minggu masih bertahan tuh, tapi lama kelamaan hancur sendiri gara-gara ada 1 kegiatan yang tiba-tiba dan mendadak. Nah hal itu diperingatkan oleh Zenius bahwa mendingan nyusun kegiatan itu berdasar kepentingan alias prioritas dan timetable.

Untuk tips lain mungkin kalian mau aku posting di lain postingan? comment aja ya.

**Pengalaman Timeoriented dan Task Oriented**
    Sebelumnya gue pernah tuh ya bikin jadwal belajar semester 1 dan 2 dengan model time oritented jadi dalam satu hari karena gue masuk jam 6.30 dan rata2 pulang jam 16.30 dan disibukkan materi beberapa pelajaran yang sebegitu ngejar yang 1 atau 2 minggu dikasi materi trus ulangan maka gue putar otak gimana caranya gue bisa ngikutin, gue buatlah jam belajar setelah pulang sekolah, per pelajaran 2 jam, dan selangnya 30 menit, karena perjalanan ke rumah gue 20 menit klo gamacet jadinya gue mulai dari jam 5, oiya gue cuma belajar mapel yang sekiranya klo gabelajar bakalan kewalahan seperti pelajaran Eksak.

      Awalnya terasa efektif apalagi karena mapelnya gue susun hari sebelumnya belajar untuk hari besoknya, mengurangi face pokerku dikelas. Sampai pada akhirnya makin lama gue ngerasa ga seefektif pertama kali coba, awalnya dimulai dari misal ternyata gue ada kerja kelompok, otomatis gue pulang lebih malem sehingga jadwal belajar gue mundurin/ pepatin demi ngejar semua pelajaran, lama2 gua capek gitu kan. Ditambah gue juga harus nabung nulis bikin KTI yang gabisa selesai cuma dalam sehari. Sepenggal cerita, gue olahraga mungkin cuma di sekolah dan gaikut ekstra olahrga, alhasil badan gue sering pegel apalagi di rumah juga belajar dan rasanya gue jenuh juga dan ketiduran saat istirahat di sela 30 menit itu. Kita dituntut nglakuin ini di jam ini, rasanya kayak masa idup gue cuma belajar doang, gua butuh hiburan, dan karena gue juga kecapekan, otak gue juga berasa abis headbang mulu, belajar gue berujung ga efektif.

     Instropeksi dari semester 1 dan 2, pada semester 3 gue mulai kendorin, nyantai, di-fun in belajarnya. Singkat cerita, gue suka tuh buka dan belajar di Youtube, nah suatu saat gue ketemu berbagai video bagaimana tentang cara belajar yang efektif misalnya dari channel AsapSCIENCE dan Thomas Frank,

dimulai dari

-ruangan belajar lo gaboleh kayak kandang kuda,
-penerangan yang cukup(gaboleh terlalu terang dan gelap),
-posisi belajar(katanya sebaiknya ganti2 biar gabosen, intinya cari suasana),
-bikin mindmap,
-catatan singkat aja(pake simbol dan
diwarna2in),
-review sedikit klo pulang, belajar jauh hari(hindari SKS),
-olahraga biar otak lebih mudah nerima
-short chunk( belajar dijeda2 , jadi ga 5 jam penuh, misal jadi 10 sesi(per ses 30 menit)),
-bikin waktu tertentu buat belajar(otak jadi mikir klo waktu itu adalah waktu belajar sehingga belajar jadi lebih efektif),
-jangan time oriented karena kebanyakan ga efektif, bikin jadwal yang jelas( bab apa, sub bab apa, belajar darimana)
Gue praktekan dan semuanya ternyata cukup membantu gue. Di dalam semester 3 ini gue lebih ngutamain task oriented yaitu besok pelajaran apa tapi ga menutup gue pingin belajar apa, apa yang belom gue bisa, jadi misal besok gada fisika hari ini gue bisa aja belajar fisika hari ini(itung2 nyicil) . Suka2 gue, tapi masih dalam jalur gitu. Juga gue mulai mengikuti ekstra voli, kadang2 olahraga di rumah, dan muter2in sekolah beberapa kali sekalian refreshing saat pelajaran, gue belajar jadi lebih seger gitu, ga kayak semester 1 dan 2 yang ngantuk mulu. Juga udah gue beritau di awal klo semester 3 ini gue rangking 5 dikelas, jadi mungkin ini juga berkat model task oriented.

Time oriented gacocok sama gue sehingga pada semester selanjutnya gue akan mencoba kembali task oriented yang lebih "manusiawi" karena gue bisa bikin jeda2 belajar dan otak gue bisa lebih fokus.

**

SBM Ga Bimbel Mahal? Ga deh, Zenius Aja Hehe
Jujur gue ini orang pemalas akut dulunya, semoga sekarang sampai seterusnya kagak ya, nah tapi gue udah berusaha mengurangi dengan cara awalnya memaksa diri gue, masang earphone muterin musik yang gue suka sampe gue trus muter satu video zenius sampe musik bikin distract gue dan eneg alias perlu fokus, nah disaat itu golden time gue seneng dengerin video materi/pembahasan *sebenarnya dengerin itu musik bakalan make kapasitas otak lo, jadi jangan ditiru di rumah sodara2. Namun untuk kasus gue, musik gue jadiin  moodbooster di awal, walau kadang gue make di tengah-tengah sih, gue berusaha ga depend sama musik kok iniii hehe.*

Tebak gue pingin kuliah apa

Gue udah bikin jadwal dari zaman bahula, yah ternyata gitudeh. Nah sekarang gue lagi ngejar ketertinggalan gue, doain gue rajin dan cepet nempel ya ilmunya, Aamin. Ini foto meja belajar gue, belakangnya kasur. Godaan banget ga tuh? Jadi kalau gue ngantuk ya tidur, gue alarm ada sampe 10 kadang ga bangun, pinginnya 30 menit keblablas 1 jam, yaudah deh ternyata efektif juga gue belajar setelahnya. Gue udah coba lari 30 menit ternyata ngaruh juga tapi ya gue ketiduran mulu, gue berusaha yang bisa dirumah kapan aja yaitu lompat tali, PSB, lumayan lah.

Bismillah! Semangat diriku!


Yah gitulah kompilasi penyesalan gue pake Zenius. Kenapa ga dari awal, apalagi SMP. Kenapa gue males buka latihan soal. Andaikan gue dulu cari solusi gue yang lupaan rumus setelah ujian, kalau kata Zenius mah ngapain diapalin, ngapalin dikit sih, tapi turun-turunin aja dari satu rumus dasar, mantap! Kenapa-kenapa. Yaudahlah ya nasi udah jadi bubur tinggal kasih cakwe, kacang, ayam suwir~ haha quotenya sapa hayo? Tulis kolom komentar bawah! ^_^