Aku lihat banyak banget yang tanya mungkin ga si berhasil dalam belajar di sekolah meskipun ga bimbel di luar sekolah yang harganya bikin menganga? Mungkin banget! Nih aku contohnya wkwk. Meskipun aku bukan A straight student, seenggaknya ini tips dari aku biar seenggaknya kamu bisa bertahan di sekolah dan bukan jadi makhluk bentos (menetap di dasar laut). Banyak kok temenku yang kegiatannya seambrek, ga les, tapi rangking, kok bisa ya?

Alasan Bimbel Luar Sekolah SD dan SMP gapenting!

Wait wait sebelum itu mari kita bahas tentang bimbel. Bimbel di luar sekolah itu penting ga sih? Ya sesuai pribadi sih menurutku. Tapi menurut pengalamanku semales-malesnya kamu selama SD SMP pelajarannya masih bisa dikejar karena pelajarannya masih gaperlu mikir lah kasarannya jadi les kayaknya kurang penting bagiku, tapi kalau kamu ambisius banget yagapapa, kalau aku sih malez bangett, mending main, seriusan deh daripada ntar gede nyesel kecilnya belajar terus, tapi ya tergantung tujuan hidup kalian. SD SMP kerjaanku cuma main, menuju UN langsung mengurung diri dari dunia tapi bisa masuk sekolah favorit, intinya kalian masih bisa belajar mendadak!. #sesat. Bukan mau hujat ya temen2, ada temen SMPku yang les premium (yg paling mahal dan isi anaknya dikit) di les yang simbolnya gajah which is mahal banget bingo, tapi hasil UN nya dibawahku, aku UN SMP dapet 36-an cuman modal dari belajar sendiri itupun malaz( awalnya semangat gitu print semua soal dari Pak Anang, akhirnya gada yang tak kerjain wkwk, sedangkan temanku sangking niatnya dia ngerjakan latihan soal dari tahun bahula), buku detik-detik dan bimbel sekolah. So the point is tergantung dari kalian! 

Lebih baik sih kalian lebih ngembangin hobi karena kalian masih jauh lebih punya banyak waktu luang dibanding setelah SMP. Misalnya bahasa selain bahasa Inggris (plis kalian bisa Bahasa Inggris udah bukan kelebihan lagi sih menurutku, karena udah banyaaak yang bisa), musik, fotografi, olahraga, banyak sih, ini waktu emas banget buat nentuin step kamu ke depannya gimana

Kalau SMA gimana? Boleh dipertimbangkan

Masuk SMA aku bener-bener merasakan ketimpangan materi, mulai masuk kimia, fisika, masyaallah, gampang sih emang, tapi klo niat wkwk. Mulai SMA aku merasa kalau gangejar guru biar ngerti tenggelam aku, motivasiku sih aku gamau jadi yang terakhir, sumpah et dah wkwk, gada motivasi menjadi the first, sadar diri dah. Aku pun masa SMA saking malesnya sekolah selalu cari lomba biar dispen saat final haha, karena klo diajari di sekolahpun kagak paham, mendingan gak masuk sekalian, mending belajar sendiri. Wait gue gak bilang gak butuh guru, gue butuh banget, pun kalau belajar dari lain misal buku pun yang nulis juga guru kan wkwk. Ya aku yakin sebenarnya kita semua bisa nempuh SMA cuman 2 tahun kalau bener-bener ambisius, tapi kalau modelnya males kek aku kan ya susah wkwk.

Intinya kalau mau ikut bimbel saat SMA ya perlu diperhitungkan sih karena materinya udah mulai lumayan dan perlu bimbingan guru, tapi kalau ga bimbel konvensional kayak aku masih bisa kok.

Alasan Gapernah Les Seumur Hidup?
Alasanku gapernah les pelajaran sih simple aja guys, gadibolehin, katanya buang duit gitu. Ya 2 kakakku ga les lulus2 aja tuh cumlaude lagi, gue pasti bisa! Aku sih sekarang baru paham kenapa pinter pelajaran itu ga segalanya karena masih banyak hal selain otak yang bisa kalian tawarkan ke dunia. Aku sih kalau les bahasa dan musik kepingin sih karena di sekolah ga diajari ya kan, kalau belajar sendiri itu perlu keinginan yang kuat. Ashiiap.

Kalau ditanya aku perna tertarik, pasti iya, tepatnya saat SMP. Apalagi ngeliat yang les di guru ini sering dikasi kisi-kisi dan soal yang *heem* jadinya ya gitu lah nilainya lebih oke (tapi jangan kecil hati aku pernah ngalahkan anak yang les saat UTS IPA (aku dapet 98, setara dengan anak yg paling pinter di sekolah, bukan milkita)) asalkan kalian mau usaha aja tanya sana sini.

Jadi gimana sih caranya anak males, suka mangkir sekolah alias dispen macam aku nih survive, terutama menghadapi materi SMA yang bikin kaget?
1. Belajar Sebelum Dijelaskan Guru di Sekolah
Serius deh ini ngaruh. Jadi aku sering nih gara-gara kaga ngerti si guru ngomong ngaps sedangkan temen gue manggut manggut dan kelihatan ngerti aku jadi minder dong, masa kaga ngerti sendiri, aku pun gasuka pura-pura ngerti, menyiksa etdah. Jadinya hari sebelumnya aku nontonin video di beeep (lihat postinganku yang lain ya, ahaha ini strategi promosi) sekalian nyatet. Kalau tetep kaga ngerti? Ya gapapa kan besok bakal dibahas, di saat kalian belajar apa yang bakal dipelajarin besok siapin pertanyaan tentang apa yang kagak ngerti. Aku kasih satu fakta ya, jadi karena sekolah itu pelajarannya banyak banget, jadi guru tu kadang2 kayak kejar tayang yakan wkwk, jadi gausah manja mau diajarin semua karena ya susah ngejar klo mau detil, jadi kalian tu sekalian melengkapi dan memverifikasi pembelajaran kalian hari sebelumnya juga biar kalian ga kelabakan kalau nyatet besoknya alias cuma nglengkapi apalagi sejarah. Minta PPT nya, aku sih gasuka ngefoto atau nyatet belakangan karena sudah pasti ga aku bukaaa, sapa yang sama kayak akuu?? Karena di rumah aku juga ngerjakan lombaku itu kan, jadinya mana sempet ges. Jadinya aku paksain nyatet, kalau dah males parah ya aku nyatet saat istirahat.

Alasan aku mencatat sebelum materi dijelaskan yaitu karena aku malas bawa buku paket, aku curiga aku pendek gara-gara SD SMP bawaanku berat terus, serius, wkwk. Jadinya SMA aku cuma bawa buku catatan, jarang banget malahan gapernah bawa buku paket, tanyain aja temen2 kelasku. Apalagi kalau harus mbawa tas jinjing, waduh udah mental capek, fisik pun dibikin capek, cape deh. Entah gimana masa SMA juga tambah mager padahal SMP jalan 5 km, cuss, masa SMA mental dan fisik terkuras bro, mungkin karena umur dan jarang olahraga.

2. Aktif di Kelas
Nah kalau di kelas misal nih lagi belajar sejarah bahas kolonialisme, sering nih kalau gangerti gausah dipendem karena sadar atau gak, temen lu jugak kagak ngerti wkwk, stop sok ngerti karena menyebabkan pendarahan otak wkwk. Langsung aja dah tanya kalau dibuka sesi tanya, kalau ga dibuka ya tanya saat pelajaran selesai. Misal tanya kenapa dan akibatnya apa dari agrarische wet karena kalau belajar sejarah itu bukan sekedar hafalan, melainkan ya kaitan antar peristiwa. Dikata cari muka? Ya gausah marah karena emang bener juga haha, tapi siap-siap muka lo dikenal dan diingat, tapi sih gue seneng kalau diingat orang terlepas buruk atau kagak karena ternyata aku masih dianggap di dunia ini, cielah. Selain itu kan yang butuh sapa ya kan? Apakah temen lu mau tanggung jawab atas kebodohan lo? kan ya gak, mana peduli yekan. Belajarlah bodo amat seperti buku karangan... tebak dan komentar di kolom bawah wkwk.

3. Buat Patokan Saingan
Aku dulu SD gitu sih sama temen sebangkuku karena seru aja wkwk. Ngga perlu nyaingin kamu dengan yang jelas-jelas jauh di atas kamu, cukup yang setara atau diatas kamu dikit. Kalau ketinggian trus jatuh kan lebih sakit. Ntar lama kelamaan standar kamu ningkat, percaya deh hihi.

Simpulannya butuh les pelajaran atau nggak tergantung tujuan kamu sih, kalau menurutku sih ya ga perlu karena disaat sekolah di negara lain cuma 7 sampe 8 jam (tapi jauh pesat di atas kita), kita malah 11 jam, harusnya kita udah terlalu cukup bahkan kebanyakan sekolah ya ga? Tubuh kamu juga bukan mesin, relax pun perlu tapi tetep produktif yaa. Tergantung sih kalau kamu mau jadi ilmuwan matematika ya berarti mainmu ngerjakaan soal matematika, tapi jangan lupakan hal penting lain ya. Pentingnya kan bukan seberapa lama kamu belajar tapi seberapa banyak yang kamu dapat. Kalau les bahasa dll mungkin bisa dipertimbangkan karena lebih dipakai kan. Kalau mau belajar juga jangan ngafal doang, kan di google banyak, belajar itu menurutku bukan seberapa banyak info random yang kita tau, tapi seberapa kita bisa mengaitkan satu konsep dengan lainnya juga cara berfikir untuk menyimpulkan yang benar, belajar juga ga cuma di sekolah karena kita dasarnya longlife learner. Belajar ga melulu buat nilai, masih banyak hal yang bisa kita eksplor dan jauh lebih dipake di dunia asli (misal public speaking, cara bersosialisasi) yang ga diajarin di buku dan susah kalau ga dipraktik-in langsung, bukan untuk orangtua maupun siapapun, tapi karena emang kita butuh. ;)

Nah itulah beberapa tips cara bertahan hidup di sekolah tanpa harus jadi anak yang keliatan kuper. Di postingan selanjutnya aku akan menuliskan tips belajar efektif yaps, ditunggu aja peeps! :)