Terakhir kali aku semangat sekolah itu dateng ke TK, langit masih gelap aku udah dateng, sangking semangatnya. Kenangan aku tentang sekolah pun ya cuma ... gaktau, aku sih anggepnya rutinitas aja biar ga disuruh ngepel dirumah wkwk.

SD pun aku jalani dengan biasa aja, pulang sekolah ngerjain PR trus main. Aku juga tambah males  cuma gara-gara ga bawa buku pr langsung disuruh nelpon orang rumah, yallah padahal kemarin udah aku kerjain sungguh2 eh ketinggalan, suram ah.  Sampe kelas 4 dipilih jadi atlit estafet mewakili sekolah ya jadi agak ada kerjaan wkwk. Jadi dokter tiwisada, ke sekolah lain dan belajar kesehatan cara membidai dll, okee cukup menarik. Kelas 5 pun nilai gue bobrok gara-gara ketagihan game online Eden Eternal, main 2 jam cuma berasa 30 menitan wkwk, sumpah asli emang seru banget wkwk. Kelas 6 pun gue mencoba bangkit dengan cara belajar sendiri, ga gue paksain sih karena klo gue paksa tambah pusing yaudah tidur. Eh UN gue dapet 28.5

Masuk SMP pun kelas 7 dan 8 kerjaan gue cuma belajar pusing pulangnya main ke rumah temen. Ga produktif banget yaTuhan. Buka buku kayak gapernah kalau gada ulangan. Aku sekolah di SMP 3 seneng sih karena aku sering diikutin lomba nggambar walaupun ga pernah menang hehe, disini aku punya misi untuk beli alat-alat gambar, dan yea I DID IT ! with my own money. Enak banget sumpa sekolah sini, saat lomba fotografi aja dibayarin dong, event-eventnya juga seru hihi. Saat kelas 9 pun haduh tambah ga karuan berasa kek gapunya temen, tapi yaudah lagian ga ketemu lagi.Ya gue kelas 9 jadi sepu alias sekolah-pulang gitu karena gada temen ngomong aja wkwk, langsung cabut ke rumah dan belajar. Eh UN gue dapet 36,5. Gue sedih dih dih banget karena nilai segitu susah buat masuk SMA terpaporit. Untungnya aku ada satu prestasi, iya satu, dan itu bisa buat masuk SMA aku sekarang ni yang paporit kedua lah. Walaupun gapake jalur prestasi aku bisa masuk, tapi hmmm gapapalah biar namaku nongol di nomer satu wkwk, biar ga sedih2 amat.

Pulang dari PPDB SMA aku nangis dong padahal nomerku jelas-jelas di nomer satu yg fix ga akan kegeser, maaf teman2 yang aku 'bom', gamaksud, last choice, bener deh. Motivasiku mau di SMA paling paporit sih gara-gara temenku disitu, tapi ya aku masih polos yang mikir jalan kita harus sama atau aku gagal, yang sebenarnya ya jalan orang itu emang beda. Sangking last choicenya bener2 udah di pendaftaran nih depannya guru nama SMA nya belum ditulis wkwk, sampe si guru ini heran ini pake japres tapi kok mepet banget daftarnya, parah sumpah.
Yaudah selama tahun pertama aku kek ganiat parah, ya mungkin ada usaha, aku berusaha ga jadi yang terbodoh wkwk, gada niatan jadi nomer satu. Aku ndengerin guru kek udah males gitu, ganiat deh pokoknya. Di sekolah ga ngerti apa-apa, belajar sendiri langsung paham. Ngapain sekolah yakan. Bener bener semester pertama gedeg banget dah aku. Sampe titik aku bangkit yaitu saat lomba KTI pertamaku di SMA, cuma finalis sih, tapi disitu aku bener-bener merasakan adrenalin yang bikin aku pingin hidup wkwk. Ketemu temen-temen baru yang punya misi jelas di hidup mereka bikin aku semangat gitu dari dalem. Ya I think I know what I want to do for the rest of my life, aduh cheesy wkwk.



Mungkin di SMAku ini adalah takdir terbaikku, misal saja aku ketrima di SMA paling paporit aku bakalan tambah rusak (melihat pergaulan disitu). SMA ku ini vibe sepi-sepi, dan diapit dua sekolah yang selalu rame. Eventnya juga mbosenin ga kayak di SMP, yaudahlah mungkin semua SMA sebosen ini karena aku tambah dewasa (ngerti lah maksudku, semakin tua beda hiburannya). Heran aku di SMAku ini mau nonton DBL pun harus ada ijin ini itu, seakan-akan atau lebih tepatnya memang ga didukung, entah apa yang diunggulkan, akademik olimpiade pun OSK mana yang tembus, nonakademik macam DBL pun gaboleh, bikin setres aja. Aku yakin dan sudah kubuktikan sumber daya mulai dari murid dan guru sekolahku sama aja atau bahkan lebih unggul dari yang lain, tapi fasilitasnya ini lo gada. Aku gangerti disaat ada guru yang bilang sekolah disini harus bangga, maaf bangga apa ya, gakpaham. Untungnya setelah ada pergantian beberapa posisi sudah mulai membaik, pesat, udah ada yang lulus OSK dan segalanya lebih didukung, gak pas tahunku yang suram itu. Rasanya pun semua orang menutut hasil tanpa mau tahu prosesnya.

Untungnya berkat bimbingan salah satu guru, aku bukan jadi anak paling bobrok gajelas wkwk. Aku semangat banget ikut lomba2 KTI, why? Because aku baru nyadar kalau daridulu aku suka ngomong tapi gada yang ndengerin akhirnya aku nulis dan ya here I am. Istilahnya terarahkan gitu lah menggebu-gebuku untuk menulis haha. Hmmm alasan utamanya sih karena aku gak suka sekolah. Sesuai alasanku tadi ngapain sekolah kalau dirumah bisa lebih paham. Ya mendingan aku eksplor dunia, jalan-jalan ke luar kota terselubung haha sambil menjalani hobi. Berkat lomba-lomba ini aku jadi pernah ke kota-kota yang gapernah aku datengi atau cuma sekali mulai dari Jember, Tulungagung, Jogja, Surabaya. Aku juga bosenan kalau cuma duduk ndengerin, aku sering cabut gitu muter sekolah, gabisa diem etdah. Waduh don't get me wrong. Kalau aku salah kenapa banyak tempat les? Yakan, pasti banyak yang berfikiran sama denganku. There's something wrong with our education. Wait. Tapi masih banyak kok guru berkompeten, cuman karena 'oknum' ini mengotori pendidikan kita jadi bikin setres!

Sebenarnya apa sih tujuanku nulis sepanjang lebar ini?
This is it the real talk.

Tau percakapan Maudy Ayunda dan Najwa Shihab tentang sebegitu mereka sukanya belajar apalagi ujian? I think again that there's something wrong with our education. Oh ternyata Maudy sekolah di sekolah internasional, jadi aku gabisa mbandingin sama sekolah negeri karena aku gapernah juga lagian wkwk. Nah kenapa kita sekolahnya yang lebih panjang ketimbang Jepang dan semua negara lain tapi masih aja paling atas dari bawah? Banyak pemenang olimpiade dari delegasi Indonesia, tapi kok kita masih gini2 aja? Aku yakin banyak banget orang yang cerdasnya gilak-gilak an bisa ngikuti pendidikan kita yang kayak gini, nah tapi gimana yang lambat, udah lambat tambah jadi setres, duh. Jawabannya aku gak ngerti. Nah coba sebutin apa yang sebenarnya harus diperbaiki dalam sistem pendidikan Indonesia ini. Tapi menurutku sih kita cenderung diajarin what to think, not how to think.

Mungkin ni ya kalau pendapatku... .
1. Aku benci sekolah SMA sekarang karena masuknya lebih pagi alias 6.30 dan sekolah lain 6.45 an. Gak imsonia friendly, seperti aku huhu. Jam 10 an udah berusaha sekuat tenaga tidur, jam 12 baru bisa ketiduran. Oke soal disiplin, terserah deh iyain aja. But bro, menurut pelajaran, sains nih, semakin dewasa orang semakin susah juga buat tidur alais tidurnya semakin malam, it's normal. Banyak juga anak yang ke sekolah pindah tidur, lah ngapain. Huhu yaudah karena kalau telat di poin ya mendingan gamasuk sekalian karena bisa belajar di rumah yang akan mengantar kita ke poin 2.
2. Ngapain sekolah kalau belajar sendiri lebih ngerti. Ini subjektif aku sendiri sih. Aku kasih pendukung argumen deh. Betapa banyak bimbel di Indonesia ini, nah pertanyaannya emang gacukup pelajaran dari sekolah? Yap pertanyaan ini sudah terjawab oleh fakta diatas.
Di sekolah pun rata-rata kita cuma dikasih rumus yang di internet juga ada, mau dari mana ya gapenting, yang penting bisa jawab, lah trus esensinya belajar darimana? Seakan-akan belajar cuma untuk dihafalkan, ngapain ya kan di google juga ada. Padahal menurutku belajar adalah salah satu cara membentuk cara berfikir yang benar agar kalau menyimpulkan sesuatu itu secara runtut dan gak ngawur.
3. Sekolah tidak mengajarkan apa yang sebenarnya kita butuh. Di sekolah mah ya pelajaran ajaa sampe amber. Padahal semua orang diajari sama trus kita mau bersaing dengan ilmu yang sama itu gimana.  Udah deh ga usah bersaing2 segala, kejauhan. Ini nih misal cara P3K, ngapain harus ikut PMR dulu baru bisa.  Di dunia nyata masa iya kita cuma ngliatin orang dan gatau cara nanganin karena ga ngerti. Contoh lain renang, di sekolahku ga diajari renang karena alasan konyol, tebak aja sendiri. Ah gausa kaitan dengan keadaan yang jarang terjadi deh, cukup liat USBN, walah dalah soalnya tentang renang semua, ya mana ngerti gapernah diajarin lagian. Public speaking juga, padahal di dunia kerja butuh banget kan. Trus cara berinteraksi dengan orang perlu banget loh.
4. Peraturan yang membuat semua orang terlihat sama. Mulai dari gaboleh pake sepatu ini itu. Maaf nih aku sering suka sulit nyari ukuran sepatu apalagi modelnya, kalau hitam semua tu jelek jelekkk, maap ni. Menurut aku what for, di dunia ini memang bukannya semua orang beda, bukannya kita harus berani untuk dihadapkan kenyataan bahwa kita memang beda? Yah tapi gapapa sih untuk aku, bingung juga mau pake sepatu dan baju apa kalau gada seragamnya wkwk.

Aku gapernah ngomong aku gak suka belajar, aku suka belajar sesuatu yg aku pingin tau. Aku lebih tertarik untuk ke 'diskusi' ketimbang dicekokin sesuatu yang udah ada di buku, ngapaaaeeen. Itu termasuk motiasi intrinsik, kalau berminat akan aku tulis ya di lain posting. Ya emang gapapa sih nerangin materi cuman selingi la sama realita di dunia ini. Ya semoga dunia pendidikan Indonesia lebih membudayakan bukan untuk pintar tapi lebih ke suka belajar, pinternya bakalan ngikut. Sehingga semuanya bisa menikmati kenikmatan belajar yang hqq. :) Aku juga gangomong sekolah itu gapenting, sekolah itu penting biar ga gampang ketipu di dunia luar alias kemakan hoax gajelas, apalagi ikut nyebarin hadeh.

Meskipun aku ga suka 'sekolah', sekolah adalah hal ternyaman karena kerjaannya kita klo ga belajar ya main dan menikmati kurangnya 'aware'nya dengan dengan dunia luar.

Sudah banyak tokoh muda yang bermunculan macam pendiri Ruang Guru, Hujan Tanda Tanya, Bang Sabdaaa muah muah wkwk, Jerome Polin, banyak dah, semoga ini tonggak majunya pendidikan kitaa :)

Coba komentar di kolom bawah apa pendapatmu tentang sekolah di Indonesia, sudah nyaman atau ... ? :)