Wah kebetulan kamu ke blog yang tepat karena aku udah pakai Zenius Premium dari sejak awal SMA sampai lulus yang artinya sudah 3 tahun berlalu! Untuk Quipper aku baru berlangganan sejak 1 tahun yang lalu bareng temen2 kelas.


Sebenarnya kalau disuruh milih atau yang sering kita sebut 'mendingan mana' susah juga ya karena dilihat dari apanya dulu nih, nah sekarang aku bakalan bahas dari berbagai sisi dan di akhir postingan akan aku beritau aku lebih suka pakai yang mana okeh :)

Harga dan yang didapat

 

  Dilihat dari biaya langganan premium paling murah, Zenius paling murah karena setengah harga dari Quipper. Kelas yang didapat lebih banyak Zenius ( 1 masa langganan dapat semua tingkat mulai SD-SBM, Mandiri), kalau Quipper tergantung paket tingkat mana yang kamu pilih

Batasan Maksimum Login
Dalam platform Zenius hanya bisa 1x akses di 1 waktu, kalau Quipper dalam 1 waktu bisa dalam beberapa gawai

Tampilan
Salah satu nilai plus untuk Quipper yaitu tampilannya seperti game, terdapat sistem berupa misi untuk meningkatkan level. Juga ada fitur jadwal harian yang bisa kamu tentukan pelajaran apa yang harus kam pelajari dalam hari itu. Kamu juga bisa lihat history apa yang kamu pelajari, lengkap kapan kamu membuka video itu.

Durasi Video
Durasi per video Zenius cenderung lebih pendek dibanding di Quipper karena menurutku satu bab lebih banyak dibagi2, misal Zenius 10 menit paling max seengaknya di Quipper bisa 20 menitan

Latihan Soal


Di Zenius kamu bebas download soal, kalau di Quipper soalnya tidak bisa didownload dan hanya ada di web nya itu saja. Bentuk latian soal di Zenius enak untuk diprint karena biasanya disediakan kolom kosong di bagian kanan untuk mengisi jawaban, juga ada kode soal yang bisa diinput ke kolom pencarian. Nah bentuk pembahasan di Zenius dalam bentuk video (tidak ada kunci jawaban langsung), kalau Quipper dalam bentuk quiz, 1 soal dikerjakan langsung ada pembahasan dalam bentuk teks. 

Materi Tertulis
Masalah materi tertulis atau biasanya kita sebut ebook tidak disediakan di Zenius, di Quipper disediakan dan bisa didownload.

Bahasa Tentor
Di Zenius kebanyakan tentornya pada gaul karena dari Jakarta kalik ya, kalau di Quipper mirip guru di kelas.

Tampilan Pengajaran
Zenius hanya ada papan dan pengisi suara, kalau di Quipper ada guru plus papannya.

Cara Pengajaran
Disaat Quipper dan di kelas biasa hanya mengajarkan materinya *langsung* tanpa asal rumus, di Zenius lah masternya kalau mau 'belajar beneran' karena banyak videonya yang menyajikan asal rumus sehingga kita lebih nempel materinya

Kelengkapan Materi
Zenius enak banget untuk anak IPA karena lengkap dan lebih insight, gausah liat buku lagi hehe, cuman menurut aku karena aku anak IPA jadinya liat Sejin juga kan, untuk Sejarah kurang lengkap adanya poin2 aja. Kalau di Quipper mirip2 buku gitu lebih lengkap.

**

Preferensi Pribadi
Nah pasti pada banyak yang tanya, jadi enaknya pilih yang mana? Kalau aku lebih mentingin isi apa yang diajarin daripada hanya embel2 tampilan sehingga aku memilih Zenius :)
Lagi-lagi karena di Zenius lebih lengkap materinya tapi menurutku Quipper cocok sih untuk 'komplemen' karena kadang ada aja yang di Zenius yang belum ada materinya (materi yang aneh2) tapi dikit banget kok, tapi sih sekarang udah ada perbaikan besar2an dilihat dari tampilannya yang sekarang (2019) udah beda selama aku pake 3 tahun belakangan, harusnya kekurangan itu udah oke. Selain itu juga dari segi hargaaa bossque, I'm too broke to buy such a things lol. 

Gitu aja penjelasan dariku, coba komen aja kalau kamu merasa masih ada pertimbangan lagi :) 
Kalau ragu nih sampe Juli akhir masih ada akunku coba aja ok, gratis wkwk