Punya prestasi banyak, rapot lumayan, tapi gara-gara males belajar hasil UN entahlah, padahal saat SD dan SMP rata2 per nilai lebih dari 90. Mungkin efek euforia pengumuman ketrima di FKG UB sebelum UN jadi yasudahlah~ Sedihnya aku ngga memikirkan apa yang ada di balik perkuliahan, mulai dari dan utamanya beasiswa untuk maba yang butuh nilai UN. Jujur aja aku saat kelas 12 awalnya udah niat banget mau dapet beasiswa ke Jepang, soal tahun lalu sudah kuprint semua, tapi akhirnya ngga aku sentuh. Aku juga nggamau ngejar-ngejar lagi karena lagian udah keterima.

Kuliah di kedokteran tentu aja biayanya lebih tinggi, apalagi aku kedokteran gigi yang harus beli alat yaa 1 blok butuh 5 juta (paling besar). Awalnya aku kayak yaudahlah dapet satu tangga dibawah golongan UKT tertinggi. Bedanya cuma 1 jutaan :(.

Sebenarnya aku pilih FKG juga karena aku paling kenal sama fakultas ini, sering lomba, banyak kenalan hasil lomba juga, jadi aku kayak udah nyaman duluan. Masuk FKGUB juga ga peduli akreditasi, bangunannya gimana, ruang kuliahnya gimana. Serius aku baru masuk ya saat Maba ini wkwk, untungnya nyaman dan cuma 1 lantai ya paling pol 2 lantai kayak Unair jadi betah dah (males naik turun tangga). Sebenarnya aku juga pingin UNAIR sih, tapi pikirku ngitung2 biaya juga, apalah kata orang di luar kota biar mandiri, padahal semakin nambah2i pekerjaan orangtua untuk cari duit (kalau masih dibiayain).

Semakin kesini aku semakin paham bahwa kesenjangan sosial itu memang ada. Misal yang punya iphone kumpul, apalagi yang keliatan sultan2 gitu pada nempel. Tapi ga semua sih, tapi emang kalau diliatin ya gitu. Kalau aku sendiri ya karena memang kaum proletar ya gakuat ngikutin gaya hidup mereka wkwk.

Aku kira di perkuliahan persaingan itu gada. Tapi malah persaingan malah semakin "keliatan" apalagi nilai itu tergantung juga dengan keaktifan, keliatan banget mana yang mau nilainya bagus sendiri. Tapi yaudahlah udah prinsip mereka juga. Awalnya aku kek pingin belajar bareng, apa-apa bareng, koar-koar ngajak tapi sekarang yaudahlah gamungkin juga kompak 1 angkatan. Ibarat istilah namanya utopia. Aku hanya menemukan beberapa orang yang benar-benar pingin maju.

Aku juga semakin sadar bahwa UKT 20 juta itu banyak bangetttt, sumpah aku kek awal2 gamikir. Tapi sekarang, aku kek kepikiran terus gitu kasian keluargaku kerja sebegitu keras. Aku udah mulai cari-cari bahkan apply beasiswa. Misal Beasiswa Unggulan dan Tanoto. Dua-duanya gagal. Mungkin karena nilai UN yang jeblok (rata-rata hampir 80) dan udah aku sebut di awal. Padahal seriusan di Beasiswa Unggulan aku bener-bener sampai konsultasi hasil essay dan proposal studi ke banyak orang mulai dari Pak Hasan (guru sejarah yang suka aku kritik, diskusi, dan debat), Bu Dewi (guru pembimbing KIR), Mas Al (awardee BU tahun kemarin) dan Mbak Isna (awardee BU tahun kemarin). Itupun ga cuma sekali aku dateng, ada 3x tiap orangnya, dan untuk kakak2 5 lebih aku bolak-balik direvisi sampai akhirnya katanya essayku sudah bagus. Saat itu aku bener-bener hopeless dan berharap banget karena emang aku butuh banget. Aku isi semua dengan prestasi-prestasiku, nilai rapotku yang bagus, pengalaman. Sungguh aku niat banget, bener-bener aku pertama kali niat seumur hidup. Oiya sebelum apply beasiswa BU dan Tanoto, aku juga apply beasiswa ke Turki, ternyata gagal juga, mungkin karena aku ga sungguh2 dalam masukin dokumennya sih :'').

Aku berharap bisa kuliah di Jepang entah gimana caranya, melalui beasiswa MEXT sih sekarang kepikirannya. Juga aku cari2 beasiswa negara lainnya yang luar negeri karena beasiswa dalam negeri itu jarang. Sekarang aku niat banget, aku gamau males, aku gamau gagal lagi. Sekarang aku paham motivasi gamau gagalnya Jerome. Gagal itu sakit.

Sekarang aku udah tau belajar ngatur cara belajarku. Pastinya minimal aku harus tidur 7 jam atau pikiranku kacau dan ujung-ujungnya lemot. Sungguh tidur itu utama. Aku sekarang paham orang cerdas itu ga belajar sepanjang malam, paling penting itu keefektifannya. Gapeduli berapa jam kamu belajar, yang terpenting adalah hasilnya. Apapun kerjaannya jam 10 harus tidur, jam 5 bangun(pokoknya 7 jam) juga olahraga agar badan tidak melar wkwk. Apa-apa dicicil. Belajar masa bodoh sama omongan orang. Misal minggu2 kemarin tu ada ulangan bahasa Inggris. Nih ada bocah sebelah belajar, trus beberapa menit dia tutup buku dan bilang ke aku, "Ngapain belajar, aku ga kok". Hadeh sumpah bocah toxic. Yaudah deh biarin ajah wkowko, sebel bat parah.

Rasa gagal yang berturut-turut membuat gue semakin "terpaksa" dan terpacu untuk melakukan ini itu. Entah kenapa gue agak shock gitu dapet nilai 90 di postest padahal baru belajar paginya (akibat hukum tidur minimal 7 jam), meskipun itu nilai tertinggi dan mengalahkan anak yang logbooknya ambis parah (logbook gue baru ditulis satu setengah jam sebelum pengumpulan ) bar-bar parah, ntar2 aku tobat kok wkwkwk. Disitu gue sedih banget entah kenapa, gue terbayang-bayang, aduh gimana gue gakmau gagal, gue harus ke Jepang dan gakmau tau gimana caranya. Gue gak sampe setres gitu sih, terpacu aja. Hobi terbaru gue sekarang upload video di Youtube dan hobi dari SD ya menulis ini. Tujuan utamanya bukan uang sih, cuman tujuan kedua ya cuaaan cuyy, gue butuh duittt... Donasi ya kaak dengan cara pencet iklan dan like comment subscribe Youtube gue.

Gua juga ga percaya dengan kata2 kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Nyatanya adalah kegagalan adalah karena lo KURANG dibandingkan yang lain. Gue sekarang ga peduli proses yang gua lalui. GUA MAU HASIL. Kegagalan artinya juga ADA YANG SALAH dengan PROSES LO. Mungkin lo berfikir yang belajar 10 jam nonstop lebih bagus dari yang nyicil, no it's not like that. Bergantunglah pada hasil yang lo pingin, dan cari cara terefektif dan terefisien semungkin yang lo bisa, bukan dari seberapa keras lo lakuin. Contohnya temen gue sendiri, dulu gue gakpaham dia bisa tidur jam 8 bangun jam 3 tapi bisa top 10 sekolah, kelihatan nyantai bukan berarti hasil lo bakal jelek. Ini salah satu contoh bahwa dia dalam menyusun strategi untuk hasil pakai MIKIR. Paradigma kek gini (tentunya dengan norma2 agama misal kejujuran) lebih membuat lo berpacu mau berprogress lebih karena mau gak mau lo harus dapet apa yang mau. Lo bakal ningkatin apa yang lo punya sehingga bisa nyampe ke tujuan lo. Lo bakal memanfaatkan waktu sela-sela lo untuk menyicil yang ada sehingga ga harus begadang gajelas dan hasilnya juga jelek.

GUE GAMAU GAGAL, TITIK, AMIRA HARUS BERANGKAT KE JEPANG KULIAH S2 TAHUN 2026.