Halo temen2 kembali lagi bersama aku. Aku sekarang mahasiswa di FKG UB. Kali ini aku mau bahas pembelajaran alias perkuliahan di FKG UB itu kayak gimana sih. Apa cuma kuliah aja di kelas kayak SMA atau gimana nih? 

Pertama, kita bahas kalau sistem offline ya

Nah ternyata ada bedanya rek, kalau di SMA kan kita tinggal brangkat duduk dengerin pulang. Di FKG UB ada 5 metode pembelajaran yaitu PBL, CBL, Kuliah, Praktikum, dan Skill Lab.

Sekarang kita bahas satu2dulu ya.

Pertama, PBL. PBL kepanjangan dari Problem Based Learning, di PBL kita bakal dikasih suatu masalah, lalu kita bakal disuruh mencari informasi sendiri alias mandiri. Setiap PBL ada 2 kali diskusi, diskusi pertama kamu bakalan lakukan dengan 7 langkah, intinya dalam salah satu langkah nanti kamu disuruh bawa kamus untuk identifikasi istilah asing dan brainstorming tanpa buka buku, hp, jadi kamu wajib berpendapat berdasar prior knowledgemu alias sakingetmu hehe. Nah di akhir perdebatan yang bikin tenggorokan ngelak alias haus kalian bakal nulis "Learning Issue". Nah buat apa itu, kak? Kan antara diskusi pertama dan kedua seenggaknya ada jeda 2 hari, dalam 2 hari itulah kalian harus membuat logbook individu dan laporan kelompok berdasar learning issue yang udah ditentuin bersama, bahasa gampangannya catatan rangkuman materi itulo rek, bedanya kalau disini itu dinilai sama fasil/ dosen pendamping diskusinya. Di diskusi kedua sebelum membahas apa yang telah kalian cari, entah dari textbook, jurnal, kalian bakal ngerjain pretest, biasanya sih 10 soal untuk ngetes gimana hasil ngelogbookmu. Habisnya pretest, ibaratnya kalian belajar bareng tapi diliatin dosen biar materinya gak terlalu melenceng kemana2. Di PBL ini kalian bakalan dibagi jadi 10 an anak dan ditempatin di ruang2 kecil kayak gini.

Kedua, CBL yaitu Case based Learning.. Hampir mirip sih sama PBL, bedanya CBL ini dilakuin setelah semua PBL udah dilakuin, biasanya 5 PBL, jadi bentuknya bukan lagi disuruh cari materi dan gabikin logbook, tapi langsung ada dalam bentuk pertanyaan gitu dan nantinya bikin PPT buat dipresentasikan didepan dosen pakarnya.

Ketiga, Lecture (Kuliah). Ada 3 tipe yaitu

  1. Mini Lecture Kuliah kelas besar yang diadakan dengan tujuan menyampaikan materi pembelajaran yang tidak dapat diintegrasikan ke dalam skenario PBL
  2. Kuliah Penguatan Kuliah kelas besar yang diadakan untuk memberikan klarifikasi dan penguatan kembali terhadap materi pembelajaran yang telah dipelajari oleh mahasiswa pada skenario PBL
  3. Kuliah Pakar Kuliah kelas besar yang diadakan untuk menyampaikan materi pembelajaran untuk memperluas/ menambah wawasan mahasiswa tentang sebuah topik tertentu. Biasanya sih buat blok yang akhir-akhir sih, kadang-kadang sumbernya dari luar negeri. Keren ga tuh.

Keempat, Praktikum Metode pembelajaran yang dimaksudkan untuk memperkuat pemahaman teori yang didapatkan dari metode pembelajaran PBL dan kuliah, agar didapatkan retensi ilmu yang lebih baik

Kelima, alias terakhir yaitu Pembelajaran Keterampilan Klinik (Skills Lab) Sebuah metode pembelajaran keterampilan klinik yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berlatih mengembangkan keterampilan yang berkaitan dengan praktek klinik kedokteran gigi. Disini kalian praktik dan harus menyelesaikan beberapa step lalu dinilaikan ke dosennya.

Untuk ujiannya, namanya ujian blok. 1 blok hanya ada 1 ujian, 1x ujian ada 150 soal. Tapi tenang aja, ada remidinya. Biasanya sih semua wajib remidi. Tapi hati-hati karena bobot ujian blok ini

Selain pembelajaran di atas, ada Semester Pendek atau kadang disebut Semester Antara. SP ini ngga wajib kalau nilai kalian mencapai minimal. Nilai minimal di FKG UB sendiri kalau nilai blok minimal C, kalau Skill lab minimal B+. Biaya untuk SP nilai blok itu 100ribu, untuk SL biayanya 150ribu. Kadang ada yang nilainya udah C+ untuk nilai blok tapi ikut SP karena nilai blok itu SKSnya besar jadinya IPnya ikutan jelek.

Kedua, sistem online

Semester kemarin berhubung harus social distancing jadinya semua pembelajaran bisa dilakukan di rumah lewat internet.

Untuk PBL dan kuliah penguatan, kuliah pakar ditiadakan. Jadinya hanya ada mini lecture. Enaknya apa? Ya enak banget gausah nulis catatan untuk PBL. Mini lecture diadakan secara daring lewat zoom, kadang google classroom. Untuk praktikum nih yang agak menyesakkan dada. 1x jadwal praktikum (4jam) per 2 jamnya kita harus menyelesaikan soal lalu dikirim ke google classroom. Ujiannya tetep 1x tapi ganti nama jadi quiz dan soalnya jadi 50 soal dalam 30 menit.

Hmmm kalau kalian masih bingung atau ada pertanyaan dan ingin request Video bisa juga komentar di kolom komentar. Kal lookamu suka dengan channel aku, dukung terus dengan cara subscribe. Terimakasih. Matur nuwun!