Website dan Aplikasi belajar Kedokteran untuk Hafalan dan Belajar Materi itu banyak banget. Mulai dari osmosis, 6med, passmedicine, ambossmed dan banyak lagi. Tapi kalau kedokteran gigi? Herannya jarang banget, kalau ada itu kurang bagus lah. Kalau misal aku bikin gitu membantu ga sih? Kalau ada yang tertarik dengan ideku DM ya, yuk kerjasama. Nah di tahun pertama ini di semester pertama masih kedokteran banget jadinya aku bakal nyantumin website dan aplikasi yang bisa digunakan anak kedokteran juga. Semester pertama ini banyak banget materinya, bayangkan materi 3 tahun di SMA dipepatin di 3 bulanan. Boom. Mulai dari pertulang-tulangan, alamat udah lupa. Ditambah gambar2 preparat yang kalau ga dipahamin dulu bakal meledak ni otak sangking banyaknya. Tapi tenang aja, aku bakal ngasih kalian 3 aplikasi yang membantu aku banget dapet ip 3,6 di masa semester pertama ini. ups sombong dikit selagi bisa ya kan.* Aplikasi ini cocok juga untuk kalian yang susah ngafal.

  1. Ambossmed. Ini salah satu website yang paling aku suka banget. Belajar materi kedokteran jauh lebih mudah karena dia punya fitur judul dan subjudul. Jadinya kita ga bakal overwhelming kayak saat kita baca buku. Selain itu, dia juga materinya dari berbagai jurnal sehingga bisa lah kita bilang kredibel. Selain itu, dia kadang ada tabel rangkuman yang sangat membantu, apalagi di blok 4 ayang belajar farmakologi karena banyak banget subhanallah obat2annya. Dengan lihat tabel jauh lebih mudah untuk memahami. Website ini ada materinya yang gratis dan berbayar, sebenarnya kalau bayarnya mudah dengan senang hati aku langganan. Cuma karena ribet banget pake kartu kredit jadinya aku pake akun trial. Selain materi, website ini juga ada kuiz dan semacam program yang membuat jadwal belajar untuk kamu berdasar kebutuhan dan tanggal ujiannya. Cuma kalau aku pribadi kurang pakai karena baru tau hehe.

  2. Anki Universal. Apa si Anki itu? Website gratis ini semacam flashcard. Aplikasi ini membantu aku dalam menghafal nama-nama anatomi dan gambar histologi. Kalian bisa custom flashcard kalian atau bisa download. Dari pengalamanku, gambar-gambarnya kurang cocok sama seleraku jadinya kurang paham jadinya aku buat untuk personal alias diriku. Aku suka banget fitur-fiturnya karena dia flashcard yang semacam kuiz dan memberikan kita 3 pilihan seberapa kita hafal tentang kartu itu. Misalkan pilih yang belum hafal, dia akan bakal sering muncul di kuiz selanjutnya. Sayangnya aplikasi ini ngga terhubung antara laptop dan HP, jadinya kalau mau dibawa ke hp harus export ke HP. Btw aku bakal ngeshare file downloadable Anki Anatomi dan Histologi tahun pertama, linknya di deskripsi bawah oke.

  3. Quizlet. Website ini ada yang berlangganan dan gratis. Kalau aku pakai yang gratis karena menurutku udah cukup. Bila kamu kurang tertarik dengan user interface Anki, Quizlet mungkin solusinya. Aku menggunakan quizlet biasanya untuk mencari pertanyaan sebuah materi karena di Quizlet orang-orang sudah meringkas yang ada di textbook jadi lebih ringkas dan tahu materi pentingnya yang mana. Aku kurang suka memakai Quizlet untuk hafalan anatomi dan histologi karena kalau pakai yang gratisan kurang bisa bebas membuat kartu dan warnanya terlalu ramai seperti Quipper.

  4. Dental Lite. Aplikasi ini lumayan terkenal di kalangan anak FKG karena berguna sekali untuk skill lab determinasi. Kenapa? karena dia bisa nampilin mulut dan gigi dalam 3D, bisa dilihat dari berbagai sisi medial, distal, palatal, bukal. Sayangnya belum ada fitur informasi tentang ciri-ciri per giginya. Selain itu, juga ada kuiznya untuk menebak gigi.

  5. OralRadiology. Aplikasi ini cukup membantu saat SL radiologi, khususnya untuk materi yang kemarin aku pelajari yaitu radiografi periapikal tentang mengevaluasi foto dan interpretasi. Kalau google image itu agak susah cari yang ada pembahasan. Apalagi kadang kurang yakin mengevaluasi foto entah itu distorsi atau karies/ kalkulus. Dengan banyaknya gambar dan kasus yang disediain di aplikasi ini dalam bentuk PPT, aplikasi ini sangat membantu.

Sekian 5 aplikasi tadi. Pasti ada yang tanya "Loh gada aplikasi anatomi umum nih?" Yak benar sekali, aku nggak ada rekomendasi satupun anatomi umum karena aku udah download banyak aplikasi tapi tetap kembali ke buku Yokochi dan Mbah Google karena lebih mudah dipahami. Kebanyakan aplikasi anatomi umum itu berbayar dan kurang cocok aja sama aku.

Sebenarnya banyak website lainnya, misalkan Youtube. Namun untuk Youtube banyak sekali pilihan yang bisa kalian buka. Tetapi, aku lebih preference 4 website dan aplikasi tadi. coba tuliskan di kolom komentar bawah. Mana website dan aplikasi kesayangan kalian untuk belajar?


Link: Ambossmed: http://amboss.com/ Anki Universal: https://ankiweb.net/ Quizlet: https://quizlet.com/amrcht/folders/dentistrybasic1/sets , https://quizlet.com/amrcht/folders/dentistry-basic-ii/sets Dental Lite: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.iSOFORM.DentalLite&hl=in OralRadiology: https://play.google.com/store/apps/details?id=edu.umich.oralrad&hl=in Flashcardku: https://drive.google.com/drive/folders/1kjMCAvsnyz7jrjLJ6Bk9ZfZwSWppjjj0?usp=sharing