Tahun ini masuk kedua perkuliahan, semester tiga! IPK sementara masih aman dan baguslah 3,7 an. Sebenarnya bukan terobsesi nilai bagus atau gimana tapi lebih kayak tanggung jawab! Selain itu aku awal2 semester banget punya target dan langkah-langkah aku mencapai target itu ya salah satunya dengan mengusahakan IPK ku.

kasarannya bayar 10 juta per blok (kalo per semester kaliin aja 2) bisa dapet apa sih? tunjukin lah, jangan sampe rugi harus bayar nambah 150 ribu buat ngulang. kesel bgt si UKT mahal tapi siapalah akuu kawan2 hanya mahasiswa, udah didemo juga ... udah ah gamau nerusin takut kena masalah ^_^ ups 

pokoknya prinsip kuliah bayar mahal, harus lulus! jangan mau nambah bayar!

Awalnya di semester 1 blok 1 pikirku "wah hampir A semua nih, mayan" aku kira semua temenku emang dapet segitu ya (mental anak SMA nilainya hasil cari muka keaktifan biar keliatan pinter dan rajin jadi agak ada nilai iba wkwk). 

Sorry kepada temen SMAku yang mungkin agak terganggu dengan anak barisan depan (aku dan gang anak ambis katanya) wkwk, jujur aku melakukan itu semua karena dari awal sejak masuk SMA aku dah paling takut parno sampek demam berhari hari kalau mikir ini (apalagi sindrom anak kelas 12) sama yang namanya PERSAINGAN MASUK KULIAH, aku bahkan sampai mentrack nilai per semester dan sampai mengevaluasi kenapa nilaiku turun/ naik (kayak evaluasi tahunan wkwk). Mungkin rasanya alay, tapi tiap hari. Walaupun rasanya aku gapernah tau rasanya rangking 1 atau 2 meskipun rasanya udah belajar lah seenggaknya. Jujur capek hidup dengan ekspektasi terlalu tinggi, jadinya aku ga narget rangking 1 atau 2 lah karena pasti ya ada temenku yang dari SD selalu rangking 1, klo gagitu temenku yang organisasinya banyak tapi otaknya pinter bgt matematika wkwkwk,  jadi yaudahlah penting aku masuk kuota SNM pikirku. Aku ga kepikiran sih kalau ikut2 lomba dan dapet sertif apalagi menang ternyata nambah peluang, alhamdulillah banget aku gak ngotot ke SMA sebelah (lagian gak nutut juga nilaiku wkwk) dan ingatlah inii wahaii diriku "Semua yang terlihat paling bagus belum tentu juga pilihan yang paling bagus untukmu". Gabisa mbayangin kalau aku gada sosok suportif seperti Bu Dewi, gimana ini hidupku, I'm so grateful to have her!

Walaupun keliatannya aku kayak ambis gitu ya, tapi klo dibandingin grup barisan terdepan si enggak juga. Sejak kenal Zenius aku paling males ke sekolah karena lebih ngerti belajar sendiri di rumah, yha walaupun guru-gurunya membantu banget si, maksudku klo belajar di rumah tu bisa nyesuain pace belajar kita, jadi gak terlalu tertekan batinku wkwk. Kalau ga ngerti bisa diulangi videonya, ga ngehambat anak yang lain. Jujur aku self anxious temen barisan terdepan tuh pinter2 meskipun gakenal Zenius, jadinya lebih memacu aku untuk AYO WOYYY PUSH PUSH. Apalagi pelajaran kayak kimia fisika nilaiku agak diatas2 si berkat zenius krn PAHAM MATERI tapi rasanya gak puas krn balik lagi takut rapotku jeblok. Kalau jeblok -> ga ikut SNM -> AUTO SBM :(. Kadang minder ini temenku pada pinter bangettt woii padahal gak les juga, so im grateful punya temen baik2 walaupun kayaknya aku tergolong orang yang 'mean' im sorry and thank you for having me! Terimakasih tertulis untuk barisan terdepan mulai ... ah nanti di postingan lain aja wess soalnya aku sekarang mau fokus cerita yang lain.

Okeeeeeee jadi dapet kan latar belakangku ngotot dapet nilai bagus walaupun radak pasrah gak narget nilai "SEGINI" tapi lebih ke "PENTING PERINGKAT ATAS2, GAMAKSA PERINGKAT 1 NANTI SETRES". Semua berawal dari tujuan, ya tujuanku masuk kuliah dengan cara termudah (walaupun proses 3 tahun coiiii). SNM. Mungkin banyak yg ngira SNM hadiah lah atau gimana, GAK BROOO itu semua kita dapetin dengan proses 3 tahun! mon maap!

Nah tahun pertama it was so smooth, meskipun ada yang 8 SKS dapet B di blok 2 tapi nilai blok 1 dan 4 bisa nolong banget. Di blok 1 karena aku tau sistem penilaiannya ada keaktifan, tentu saja laah AUTO ANGKAT TANGAN terus, NGUMPULIN Sertif juara ke dosen Bindo biar auto A :) Meskipun juga ada yang bikin kepala pusing tapi alhamdulilah di SP bisa lolos :') yaituuu... determinasi gigi, karena pusing banget lah aku belum2 langsung suruh tebak berhadiah. Mungkin karena aku terlalu takut sama 'gagal' bukannya belajar dari awal. Aku belajar sih, dari temenku, kating, aku mintai tolong jelasin tapi masih ajaaaaaaaaa gagal. Auto sedih, but it's okay, penting lulus dulu krn SKS nya 1 jadi gausa terlalu worry berlebihan. Aku ga SP in yang nilai B karena katanya dah bagus nilai segitu, naikin C+ aja susah katanya kating. Untungnya ya blok 3 B+ yaallah alhamdulillah dan blok 4 yang lebih auto A untuk satu angkatan wkwkwk.

Muncullah pandemi, aku nggak sedih sih work from home, sebagai kaum anak rumahan sejati no debat sukak banget lah, apalagi aku fokus banget klo ngerjain sesuatu dirumah. Lagian pandemi gini gausa aneh2 deh keluar2 klo ga penting2 banget misal kontrol behel gigi kayak aku daripada ntar tambah rusak giginya :( Yha walaupun jadi kasur-meja sih ini kepake kakinya... besok2 mau dipake jogging lagi deh. Selain pandemi, awal2 tahun kedua biasanya ada apply beasiswa, buanyaaak banget, ga banyak2 bgt sih. Tapi bolehlah ada 3, bermodal sertif SMA dan IP semestara tahun pertama 3,7 an.. ternyata ... tetottt. 

Sedih banget lah aku, apa IP nya harus 4 banget ya, iya kali ya. Yah kebawa deh sedihku kayak hidup udah the end, aku juga gainget lagi tujuanku dapet IP bagus di blok ke 5 ini. Entah kebawa suasana liburan aku saat belajar kurang niat, kalo kurang niat (males) belajar aku siasati dengan pasang lagu kesukaanku dulu, ntar kalau udah fokus tandanya aku ngerasa keganggu dengan lagu lirik. Atau mungkin karena blok ini tuh kuliahnya ada pretest dan materi kuliahnya tu di rekamin gitu sebelum kuliah asli, asli males banget sih model ginian krn waktu istirahat kita alias diluar kuliah malah dipake belajar. ya gasalah si belajar, cuman kan kuliah itu kehidupan kita tapi 'bagian' dari kehidupan kita. "Halahh opo se mirr ngomong ae males". Blok ini aku skip dan ga dengerin sih, paling 1x dengan kecepatan 2x. Aku lebih suka PPT, jadi aku catet copas2 gitu trus diapalin, klo gangerti baru diplay ulang. 

Ah yaampun sedih bgt blok ini kayaknya gitu... padahal aku udah belajar dan pas remedi blok 1 kayak udah yaqin sekali seenggaknya dapetlah 80, ternyata tetottt, gatau ya klo ternyata nanti diumumin resmi nilainya lebih bagus dari VLM. -_-. Blok ini juga kurang percaya diri, alhamdulillahnya itu cuma delusi, seenggaknya SL IKG 1 ditutup dengan indah. Blok ini mungkin aku kurang menghafalkan semua yang ada di ppt, terkadang aku skip aja bagian yang aku ngerti ya yang aku apalin, klo ngga ngerti bablas skip ajadah pusing. 

Aku tau kamu udah berusaha banget di RKG, sampek ngulik2 dari dasar banget, ngulik2 buku Eric sampai tuntas, sampai ngerti. Aku apresiasi. Terimakasih udah setengah niat di blok 5 ini. Di blok 6 diplay dan dibaca dengan baik dan benar ya videonya, dapet materi itu langsung diapalin semuaa kata per kata, mana ada SKS, gakda! wkwkwk. Terimakasih diriku :)


Okeee jadi kenapa aku nulis ini, karena aku ingin mengingatkanku ke tujuan awalku, langkahnya adalah IPK. 

INGAT:

>80: A = 4

75-80: B+ = 3,5

70-75: B = 3

JANGAN MAEN2 KAO NAK, AYO FOKUS!

SEMANGAT UNTUK BLOK 6, KAMU UDAH BUKTIKAN DI BLOK 3 KALAU KAMU BISA. JADI SEKARANG KAMU BISA.

AKU TAU INI SULIT TAPI KAMU HARUS PERCAYA KEPADA DIRIMU SENDIRI DULU. OKE.