" Lah??? Bukannya kamu nyuruh untuk aktif di kepanitiaan dan organisasi?""

Ya itu memang bener saranku, tapi menurut pengalamanku cuma seru di tahun pertama. Tahun pertama sih aku ikut buanyak banget kepanitiaan, semua kali klo keterima semua wkwk. Seru aja sih soalnya tahun pertama dan kedua itu materinya sama sekali ga mikir, modal ngafalin doang dan bismillah, boleh dah hasilnya.

" Kok sekarang ga ikutan lagi?"

Jawaban simpelnya karena aku BURNOUT. Bener2 aku merasa stuck dengan ikut kepanitiaan di fakultas. Awal ikut itu aku ingin punya kenalan dan ningkatin skill graphic design. Sampai akhirnya aku ikut jadi staf di Kominfo, agak nano2 sih pas wawancara itu, aku jadi orang paling akhir yang daftar (soalnya pulang dulu sih dan rumahku jauh pol wkwk). Karena aku gapernah ikut modelan yang organisasi kaku gitu, trauma aku ikut seleksi OSIS SMP. Dulu SMP seleksinya bener2 kek ditanya bentak2 gitu kayak lagi OSPEK woi bayangin, dikira sekolah militer apa ya, padahal negeri kan yak, walaupun aku tau itu drama tapi sampe nangis gua wkwk, au ah gelap. Pertanyaannya? gak substansial sama sekali, entahlah aku juga lupa sih soalnya trauma. Soalnya dia gada informasi yang jelas tentang bagian2nya sekbid2an gitu sih 

Burnout merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi stres berat yang dipicu oleh pekerjaan. Burnout tidak boleh dibiarkan berlarut-larut dan perlu diatasi dengan tepat karena dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Ternyata kalau BEM jauh dari itu semua, gakpake drama2 murahan, ya diseleksi sesuai kemampuan lah dan minat wkwk. Kalau aku kayaknya auto masuk karena kenal sama Wamennya dari panitia, jadi tau dah kemampuanku sama orangnya gimana wkwk (bukan janjian dimasukin loh ya wkwk yakali)

Aku seneng banget sih gabung BEM, soalnya dia kan jangka panjang (1 tahun kepengurusan) jadinya lebih sering ketemu gitu dan ekspektasi2 pertemanan dan perkuliahan lebih tercapai disini. Kalau kepanitiaan? cuma beberapa bulan deket trus jadi kayak orang asing lagi wkwk.

Trus BEM di departemenku itu fleksibel banget kerjanya, pokoknya ngedit dan ngumpulin yaudah, gausah mendengarkan rapat yang bertele2. Ya walaupun ada rapat tapi ngga sesering itu sih. Boundingnya lebih dapet, dahlah suka banget gua.

Kalau kepanitiaan dia tu pusing banget, requirementnya banyak banget yang harus dikerjakan dalam waktu singkat, walau sama2 fleksibel tapi aku udah gakuat lagi, aku udah ga enjoy lagi. 

Sehingga aku memutuskan ngga ikutan panitia lagi dulu deh, karena aku tu berfikir waktu yang kuhabiskan sebanyak itu aku dapet apa sih selain kenalan. Apalagi di pandemi gini cara raising money nya pake PP, bukan danus risol wkwk. Apalagi ada sistem dendanya. Kalau dipikir2..

Lah aku jadi pekerja gratis ngotot gini, ga dapet konsum, malah disuruh bayar

Sistem denda ini bikin aku muak, akhirnya aku memutuskan untuk fokus ke jalan lain untuk menuju tujuanku banyak kenalan, yaitu dengan cara lebih aktifin Youtube, buka jasa edit di Shopee, ikut BEM doang.

DAN AKU SAMA SEKALI GA NYESEL YATUHAN

Aku seneng banget karena di BEM ini kan aku jadi menteri (ketua) di departemen kominfo, kerjanya fleksibel dan bikin desain2 yang tiap bulannya beda (aku suka graphic design) dan ini bantu aku untuk explore2 style yang berbeda tiap bulannya. Selain itu aku aktifin Youtube, alhamdulillah sekarang sudah 1500 subs rek hehe, aku suka banget sama proses video dan editingnya. Terakhir, buka jasa edit di Shopee. Dari jualan di Shopee alias my side hustle aku bisa beli mic condenser, top up game, bahan masakan, semua barang yang aku pinginin pake UANG SENDIRI.

MY BEST CHOICE 

Dari Youtube, unexpectedly banyak kenalan2 yang ngeDM, wah seru banget sih. Trus dari BEM bisa kenal2 sesama anak FKG dari luar UNIV. Bener-bener meninggalkan kepanitiaan ini keputusan terbaikku sih.