Wah sudah lama ya ga bahas perjalanan atau jalan-jalan sejak terakhir ke jatim park 2 tahun lalu mungkin, sebelum pandemi wkwk. Sebenernya ngga terlalu sedih juga sih soalnya kalau ada pandemi atau tidak memang lebih suka di rumah. Anyway, minggu kemarin (9 Oktober 2021) aku dan sekeluarga ke Taman Safari Prigen. Kenapa? karena si Azka (ponakanku) bisa dibilang bayi pandemi karena agak takut kalau ketemu orang baru, dan ngga cuma si Azka si, bayi-bayi pandemi lain juga sama takutnya. Solusinya? Ya dibiasain liat orang banyak wkwk.

Langsung aja ke cerita ye, H-1 nya aku beli tiket di Blibli dan Traveloka karena lagi promo, tiket per orang 140.000 (harga Weekend dan termasuk sirkus) *belum dikurangi diskon. Kami berangkat jam 8 kali ya, nggakda macet sama sekali (karena lewat tol baru deket rumah hiyahiya). Tanda sudah masuk jalan yang benar untuk ke Prigen yaitu patung gading gajah, nah di jalan tanjakan sebelum memasuki area Prigen banyak yang jual wortel, makin ke atas (makin dekat taman safari) harganya makin mahal, kalau kami pas itu belinya di 20k, kalau diatas katanya 30k (harga belum nawar).  

    Sesampainya disana jam 9 kurang sudah ada 6 mobil didepan, dan masih parkir untuk menunggu jam buka. Di tempat itu juga ada yang jual pisang dan wortel-tentunya harganya lebih mahal. Sampai akhirnya jam menunjukkan tepat pukul 9 baru petugas parkirnya mengarahkan untuk jalan ke loket. Di tempat loket ini ada beberapa tempat loket, tergantung kalian beli tiket pakai bayar cash atau aplikasi yang aku ceritain tadi. Dari pengalamanku ini agak lama sih verifikasi yang bayar pake aplikasi, disuruh parkir agak kedepan, lihat petugasnya kesana kemari ngambil tiket di loket yang tadi, kirain kan klo aplikasi lebih cepet gitu kan-ternyata kebalikannya. Yaudah deh, mungkin bisa ditingkatkan integrasi ticketingnya ya. Oiya sambil nunggu antrian, disuruh untuk mengscan aplikasi pedulilindungi, dari situ kita bisa tau berapa orang yang masuk. Ga ditanyain tentang vaksin gitu2 sih, tapi aku sih udah vaksin 2x ya :p

    Setelah selesai dengan masalah tiket, kalian diberi gelang masuk, jadwal pertunjukan, voucher diskon merch (hanya untuk di dalam kawasan taman safari) dan map. Selain biaya tiket per orang, ada biaya untuk kendaraan tergantung jenis kendaraan. Untuk mobil 10.000, kalau kalian rombongan bus akan disediakan bus dari Taman Safarinya (tapi ya ngga bisa bebas pelan-pelanin mobilnya di safarinya wkkw.

    Di Taman Safari Prigen ini ada beberapa area yaitu Safari Adventure, Baby Zoo, dan Recreation Area. Area yang pertama akan kita masuki yaitu Safari Adventure, disini kita bisa melihat hewan-hewan yang menggemaskan. Hewannya disini cukup terawat, saat itu sedang dikasih makan rumput2an. Jenis hewannya mulai dari llama, bison, rusa, macan, jerapah, hingga kuda nil. Di sepanjang safari ini jangan bunyi klakson ya teman2, nanti hewannya kaget. Sebenarnya ada beberapa plang gaboleh dikasih wortel, tapi pas di tengah2 bagian rusa dijual wortel, hmm, wkwk gatau ya mungkin marketing. Dijual 10,000 per paketnya, dapetnya lebih sedikit, tapi lebih gemuk gitu wortelnya (yang di awal perjalanan tadi kurus keriting wortelnya wkwk). Menurutku seru banget ya safari ini, karena hewannya ini spacenya lumayan besar dan mereka bebas gerak, ga sekecil di Jatim Park (kalau di jtp kan lebih kecil gitu ga si kandangnya, jadi agak kasian). Di beberapa area kalian bisa animal feeding jerapah, gajah seharga 50.000 untuk dapet 1 paket makanan (bisa untuk 1 mobil).



    Setelah dari Safari Adventure (mungkin jam 11 an), akan diarahkan untuk parkir mobil. Saranku lebih baik ke parkiran E karena lebih teduh dan deket kemana2. Disini kalian bisa menghabiskan waktu untuk rekreasi, ke baby zoo, atau ke pertunjukan. Suasananya... sepi banget (mengingat ini weekend loh ya) jadi berasa kayak datang di weekday. Setelah rehat makan bekal, ada pertunjukan gajah, agak telat sih kitanya, tapi yaa begitulah gajahnya sangat pintar ya ges, gamau spill nanti spoiler wkwk. Intinya nanti di akhir kalian bisa animal feeding seharga 50.000 untuk 3 orang (atau 1 keluarga). Kalau mau foto dikalungin gajah nambah 10.000. Ada juga jual kaos dan lukisan gajah,


    Di belakangnya tempat pertunjukan gajah ini ada foto burung, foto sama 1 burung 30.000, kalau 2 burung (bisa sekeluarga) 50.000 (kalo gasalah, udah lupa -_-). Di sebelahnya juga ada poni, kalau punya ponakan umur 3 tahun ke atas mungkin cocok ya, kalau bayi 1 tahun kekecilan deh, soalnya menunggang sendiri wkwk :(

    Lanjut foto-foto bersama sobat hewan di Baby Zoo. Untuk harganya 30.000 per hewannya. Kalau 2 orang foto pada 1 waktu tetep ya teman2. Gakda batasan waktunya, boleh foto sampai puas. Btw mbaknya ramah banget rek, gak bikin keburu gitu lho, jadi nyaman banget kalau mau bawa bayi yang gamau lihat kamera wkwk. Nah untuk hewannya ada walabi, ular, dan binturong. Lucuuu banget binturongnya ngantuk gitu wkwk. Btw, sekarang udah ga bisa foto sama harimau dan segala hewan liat lainnya, karena udah peraturannya, biar ga setres gitu hewannya, nah dibawah ini ada fotoku 9 tahun lalu kwkwk, gilaaak, aku tuaa gilaaak T_T. Tuh kan logonya aja udah beda wkwk.


       Selain foto-foto ada juga hewan seperti orangutan yang lagi santai, ngeliatin kembarannya *eh siapa?*. Ngakak banget ada yang bergelantungan di tali sambil rebahan wkwk.



Lanjut berputar2 baby zoo, intinya lihat map ya rek karena jangan sampai kelewatan Aquatic Land! Karena disini kita bisa animal feeding, selalu samaaaa 50.000 dapat 3 ikan teri merah untuk si pinguinnya. Lucuu banget mereka. Karena aku suka banget pinguin (cuma pernah lihat di animal geography doang huhu) jadinya aku foto deeh. Masnya (pegawai/zookeper (?)) tuh wajah sama gesturnya tuh mirip kenalan aku rek jadi kayak aku bingung gitu disini mukanya wkwk.


    Rasanya pegang pinguin itu kayak pegang rambut basah tapi tangan kita tetep kering gitu rek wkwk, wes cobain deh, seru banget ini, sayangnya cuma dapet 3 jadi rebutan makanan wkwk. Yah begitulah, intinya mengasikkan, di aquatic land ini kalian bisa foto ala ala under water kayak gini, keren too. 

    Lanjut ke area rekreasi, disini aku seneng banget soalnya pertama kali coba beberapa wahana seperti gajah terbang, boom boom car. Boom boom car was so crazy, but i love it!  Tabrak2an, wah kayak game tapi real life wkwk seru banget! 

    Selain itu, banyak juga kereta-keretaan walau aku gaterlalu yakin konsepnya apa wkwk, tapi yasudahlah it was fun ride. 

    Sebenernya ada pertunjukan various animal, tapi akhirnya nghabisin waktu di Recreation Area wkwk. Saat itu ada pertunjukan yang waktunya deketan yaitu harimau dan lumba-lumba, tapi karena sudah pernah jadi ke lumba-lumba begitu. Sambil nunggu untuk pertunjukan dolphin gitulah itung2. Sampai akhirnya jadwal pertunjukan lumba-lumba, yaa begitulah rek wkwk. Btw sekarang udah gakboleh pertunjukan lumba-lumba keliling rek, karena aduh coba kalian liat video dokumenter tentang itu deh, bener2 kasian banget. Untuk masuk ke atraksi lumba-lumba ini kalian bayar 10.000. Dan inilah cuplikannya, dan foto terakhir sebelum batrai kamera habis wkwk.


    Setelah dari pertunjukan lumba-lumba sebenernya jam 5 kurang itu kita ke sirkus namanya Oriental Circus Indonesia (di luar area: di sisi kiri setelah keluar parkiran). Ya standar sirkus lah ada badut, dan pertunjukan show dengan anjing, menari, paling seru yang gelandotan di atas itu gatau dah namanya apaan wkwk. Gakda adegan orang sembur api, atau bahaya lainnya, jadi cocok banget untuk nonton sama anak. Gakda foto karena im enjoying myself :p But here's some picture dari google wkkw



Overall aku nyaman banget karena hewan disana tampak nyaman (terlepas pro kontra kebun binatang ye). Have some experiences that maybe you''ll never get in orther place :)