Pertengahan november kemarin aku dan ibuku ke... Jogja! Naik KAI Kertanegara dari Stasiun Malang Kota Baru ke Stasiun Yogyakarta lebih lengkapnya di video kemarin yang ini. Nyampe sore kita langsung jalan kaki ke hotel pyreness. Selama jalan ke hotel banyak yang nawarin hotel/ penginapan, klo udah booking hotel balas aja "mboten" atau "sampun" aja wkwk. Hotel pyreness klo tampak dari depan kek gini. Hotelnya cukup kecil, dari depan terlihat ada parkiran basement di sebelah kanan atau naik tangga untuk ke resepsionis di sebelah kiri, kanan untuk akses naik ke kamar2nya. Mbak resepsionisnya ramah, ada juga jualan minum atau eskrim disebelahnya. Ada lift e, btw cuma naik 1 lantai sih tapi gapapa lah capek habis jalan wkwk. Isinya ya standar hotel wes, kasure nyaman bersih, suhunya dingin, kamar mandinya shower bisa panas dingin, gakda hairdryer. Btw cerminnya mbois (keren) rek gambar wayang gini haha. Gak sukanya ada jendela besar gitu yang klo lupa nutup bisa kelihatan dari luar kamar, selebihnya i like it (nada ia)~  karena deket banget atau bisa dibilang sebelahnya pas itu udah Malioboro!

Sorenya ke beringjarjo. Malemnya aku keluar ke mall malioboro dan beli mainan di mirota alias hamzah batik. Di depan mirota sebelah kiri kalian bisa titip barang, sebelum masuk prokes cek suhu gitu2. Isinya baju, mainan, patung, praktik membatik, ada show juga, pernak pernik dan barang aneh2 ada deh disini lengkap. Aku gabawa kamera karena hujan dan capek. dahlah kita skip ke besok paginya aja ya!

Paginya sebelum ke Beringharjo ibuku makan gudeg Yu Djum, katanya ngikutin antrian panjang dan ternyata emang gudeknya enak. Tapi aku gaikut makan karena nanti mau makan di House of Raminten biar lebih nikmat haha (lebih tepatnya karena belum bangun wkwk). Dari hotel pyreness keluar gang disebelah kanan sudah Malioboro wkwk! Ya beginilah suasana jalan-jalan di Malioboro, pagi2 banyak kaki lima yang jualan makanan kayak sate2an, gudeg,dan lainnya. sSoal harga dan rasa saya gaktau karena gak coba. Ada yang jualan mainan juga, dan kaget banget rek harganya. Aku kasih contoh 1 mainan yang sama persis di Mirota itu 10 ribuan, di penjual ini jualnya "selawe ewu" alias 25 ribu. Ya gakjadi beli... soalnya beda banget harganya huhu. Lanjut ke Pasar Beringharjo, bukanya pagi jam 8 an sampai sore jam 4 an. Ini kita langsung ke toko yang nemu paling murah disitu setelah muter2. Biasanya sih yang langsung kelihatan dari depan matoknya lebih mahal, coba yang lebih dalam2, ngikutin harga sewa kali ya, hmm entahlah. Nah nama tokonya Batik Aryo. Harganya tergantung bahan, ukuran, model. Selain di toko ini kita juga beli blangkon bayi, kaos capunk. Pinter2 nawar aja sih kalau ini ya dan jangan terlalu lama2 di 1 toko kalau gacocok sama harga, survey harga duluu baru putuskan wkwk.

Habis dari beringharjo kita keluar dan naik Gocar ke Taman Sari. Sebelum masuk disuruh scan peduli lindungi per orang. Parkir sepeda 2k, mobil 5k. Loketnya ada di sebelah kanan, tiket masuknya 5k, dan ada tiket sendiri untuk kamera seharga 3000, ada juga brosur sejarah Taman Sari. Disitu kalian bakal ditawarin tour guide 25k. Kita gapake tour guide karena keburu check out hotel wkwk, jadi sekedar pernah kesini dan lihat. BwCukup ramai juga ternyata dan banyak mbak2 yang foto disini. Pas kita datang kesini ternyata kolamnya sudah diisi. Taman Sari ini intinya dulu tempat pemandian raja sama ratu dan selir. Keluar taman sari itu wilayah perkampungan gitu, ada PKK yang jualan disini, harganya standar udah kayak di Mirota tapi agak mahal dikit.

Lanjut ke The House of Raminten! Aku pingin kesini banget soalnya terakhir kali itu terlalu malem dan rame banget, kalau mau dateng malem harus reservasi dulu, kalau pagi gini enak gausah reservasi karena lumayan sepi. Nanti di depan ada mbak2 yang langsung mandu sesuai jumlah rombongan. Seketika masuk langsung bau kemenyan banget, kayak di mirota gitu deh. Makanannya standar, termasuk murah sih soalnya Raminten kan udah punya nama besar banget kan, jadi gakda jualan nama sih. Suasana jawa banget, bau kemenyan, pondok kayu begini, tempatnya lesehan, ada foto2 raminten juga. Sempet bingung pilih yang mana kata mbak waiternya yang paling laris itu ayam koteka, jadinya pesen itu deh. Pelayannya pada pake baju kebaya gitu. Setelah beberapa lama nunggu akhirnya datang juga. Nama koteka karena wadahnya itu kayak koteka kali ya, ada ayam telor, sambal hijau. Rasanya itu kayak makan isinya lemper ayam (ayam suwir) dicampur kerak telor. Sambal hijaunya juga mantep banget, ga terlalu pedes dan seger. Enak banget rek ini porsinya ga pelit, dan rasanya enak. Habis itu persiapan pulang deh swab dulu di stasiun, langsung jadi 45k. Herannya ternyata lebih canggih di Malang yang cuma isi form di google isi NIK sama kode tiket, ini kudu tulis tangan kan males ye wkwk. Nah ini suasana nungguin untuk pulang ke Malang.

Sekian perjalanan kali ini, see you on next trip!