Review dan Rangkuman Cerita: Bad and Crazy (Kdrama) | 2021

Sinopsis: "Drama heroik tentang seorang ""orang jahat" yang kompeten namun "jahat"" Soo-yeol (Lee Dong-wook) yang memulihkan kemanusiaannya setelah bertemu K (Wi Ha-joon), orang yang saleh tapi gila. Soo-yeol (Lee Dong- wook) adalah perwira polisi yang kompeten dari regu narkoba yang hanya memiliki pendidikan sekolah menengah. Karena ambisinya, dia hanya menangani kasus-kasus yang disukai atasannya dan memberi mereka hasil yang diinginkan, namun menutup mata terhadap ketidakadilan. Masa promosi semakin dekat, Soo-yeol tanpa dukungan dihadapkan pada krisis kehilangan kesempatannya sekali lagi. Anggota Kongres Do Yoo-gon memberi Soo-yeol harapan untuk promosi lagi, tetapi hidupnya berhenti total ketika K (Wi Ha- joon) yang benar tapi gila, tiba-tiba muncul di saat kritis! Apa yang akan dibawakan oleh pertemuan 'orang jahat' Soo-yeol dan orang gila, K? 

Nilai dariku: 9/10

Aku nonton di: IQIYI

Review:

    Sesuai judulnya, bad and crazy! Dari sinopsisnya terlihat seperti kdrama biasanya ada polisi yang ingin mengungkap suatu kejahatan, "Ah gitu doang" mungkin pikir kalian. Nggak sama sekali kok! Memang permasalahan utamanya bisa dibilang mainstream, tapi yang membuat daya tarik kdrama ini selain pemainnya yang tamvan yaitu permasalahan "mencari jati diri" dari tokoh utama. Jati diri apa yang dicari? Suatu hari muncul K, disitu ia mulai mencari tahu jati dirinya alias "dirinya sebelum lupa ingatan saat kecil setelah kematian ayahnya yang bikin dia trauma". Disini ia akan bertemu tokoh-tokoh yang akan membuat dia "goyah" dan "ragu" apakah benar ia yang membunuh ayahnya? Build ceritanya menurutku cukup bagus dan ngga terkesan terburu-buru. Awalnya mungkin bingung ya karena si soo-yeol belum sadar K itu siapa, kok bisa muncul. Disana ia mulai menerima dan "kerjasama" untuk menemukan "jati dirinya" itu. Dari segi cerita menurutku ini belum ada yang semirip ini ya, bisa dibilang fresh ceritanya, kalau boleh dimiripin sama cerita psikologis lainnya bisa disandingin sama "Hometown K Drama" tapi sama sekali ngga seberat dan sepusing itu, ada juga "It's okay not to be Okay". Walaupun di tagnya ga mengusung psikologis sih tpi menurutku ini bisa masuk wkwk.

     Sepanjang aku nonton "Wah seru banget!", dari segi penceritaan misterinya kita diungkap sedikit demi sedikit dan semuanya memang berhubungan dengan si Soo-Yeol. Walaupun sebenarnya masalahnya cukup berat ya, walau aku nonton ini sambil ekspresi serius tapi jadi sering ngakak karena kebanyolan karakternya. Paling sering interaksi Soo-Yeol sama dokternya (Choi Kwang Je) ekspresinya bener-bener lucu banget juga Soo-Yeol dan K yang beda banget wataknya dan suka melakukan hal konyol bersama. Aku yang nonton ikut sebel dengan tokoh antagonisnya, salah satu tokoh antagonis yang cukup bikin aku merinding itu CEO YONG. "Gilaak merinding gua liatnya kayak mafia narkoba beneran" dari dandanan, aksen korea-inggris-rusia (ceritanya mafia rusia gitu dia) trus intonasi ngomong ada vibe "boss". Juga jangan lupa bintang kita yang baru muncul di episode-episode terakhir, Jung Sung-Il! Wah senyumnya psycho sekali huhu, cocok banget dapet peran jahat disini. Kalian yang suka action bakal suka banget sih karena memang banyak adegan action khas drama polisi korea, kayak kejar-kejaran ada tembakan, tusukan begitu deh. Btw kalau kalian cari pure cerita romance disini, hmm mungkin kecewa karena ngga terlalu dibahas lebih dalam dan di akhir cerita juga ngga dijelasin secara terang-terangan.

    Dari segi tokoh-tokoh yang ada disini cukup realistis si ya menurutku, mulai dari atasan Soo-Yeol yang sekedar menuruti perintah atasan, Soo-Yeol yang penting kerja dan dapat uang karena males miskin trus dari kecil (tapi akhirnya dia tobat si karena kedatangan K), Cha Si Won yang kerja untuk keluarga, Cha Hak Yeon yang berdedikasi tinggi pada pekerjaan walau istilahnya pangkatnya rendah, Han Ji Eun yang ternyata disleding sama temen kerjanya yang ia percaya banget. 

sumber: kepoper.com

    Dari segi teknis seperti keindahaan pengambilan gambar, standar drakor lah ya udah bagus deh! Kadang ada shoot "freeze"nya sih ini menurutku cukup ga umum tapi keren aja!  Intronya juga bagus karena ada sentuhan grafik desain yang "manly" banget dan sesuai judul "bad and crazy". Ost juga bagus mendukung setiap jalan cerita. Overall ini fresh banget dan cocok untuk yang bosan dengan karakter utama yang "mlempem dan sok cool!" dan ingin cari "BAD AND CRAZY".

Nih salah satu ost yg aku suka:

*spoiler alert*

K itu doppelgangernya Soo-yeol!