Review Shining For One Thing


Sinopsis: Lin Beixing, "gadis berpengalaman" yang akan memasuki usia 30-an, gagal mencapai impian cintanya karena pacarnya, Zhan Yu, melanggar kontrak, dan kehidupan serta pekerjaannya menjadi berantakan. Namun, tidak yakin apakah ini adalah tipuan Tuhan padanya, Lin Beixing kembali ke usia delapan belas tahun. Tahun ketiga sekolah menengah adalah mimpi buruk, tetapi Lin Beixing memutuskan untuk mengambil kembali ujian masuk perguruan tinggi dan menyingkirkan Zhanyu, untuk hidup baru bagi dirinya sendiri. Namun, mimpi indah Lin Beixing dihancurkan oleh seorang anak laki-laki bernama Zhang Wansen. Pertemuan Zhang Wansen yang tidak disengaja setelah ujian masuk perguruan tinggi menjadi saklar untuk mengakhiri perjalanan ruang dan waktu Lin Beixing. Lin Beixing mulai menyelidiki penyebab kematian Zhang Wansen dan memulai perjalanan yang sulit untuk menyelamatkan Zhang Wansen. Hari-hari di sekolah menengah sangat romantis dan singkat, dan perubahan Lin Beixing memungkinkannya untuk menuai saat-saat indah yang telah dia abaikan. Dengan datangnya musim panas, Lin Beixing juga menemukan bahwa dia tidak hanya menyelamatkan Zhang Wansen, tetapi juga menyelamatkan cinta anak laki-laki itu untuknya sejak dia masih muda yang lebih dalam dari laut.

Aku nonton di: IQIYI

My Thoughts
Mungkin ini satu2nya chinese drama dengan setting modern yang berhasil aku selesaikan semua episodenya tanpa aku skip dan my cup of tea banget. Walaupun konfliknya sangat banyak, tapi cara pengemasan cerita sangat PERFECT! Permasalahannya cukup berat dan kompleks, semua orang diceritain masalahnya masing-masing, tapi drama ini ga bikin pusing sama sekali karena storytelling yang sangat well written dan sutradara bisa mengconvey ke drama ini sehingga bisa dicerna dengan mudah oleh penonton. Mengambil latar sekolah, juga diceritakan masalah yang cukup umum untuk anak SMA (menggapai impian, stress ujian). Kegiatan mereka persis dengan apa yang kita alami juga misalnya belajar bareng, wisata saat weekend gacuma nongkrong kesana sini seperti drama pada umumnya. Berkat inilah drama ini terasa lebih hidup, kita relate dengan build ceritanya, dan gacuma berfokus pada konflik pemeran utama saja. Jujur memang konfliknya bisa dibilang formula chinese drama banget. Namun, dengan tambahan time travelling drama ini bagus banget, apalagi di tiap babak kembali ke masa lalu kita seperti menyelesaikan puzzle sedikit demi sedikit. I love this Drama!

Nilai dariku: 9,5/10

Rangkuman Cerita:
*spoiler alert*
    Chinese drama ini menceritakan tentang perjalanan waktu maju mundur seorang mbak-mbak (Lin Beixing) berusia 30 tahun ke masa SMAnya. Perjalanan waktunya ini bukan cuma sekali ke masa lalu seperti isekai, tapi berkali-kali, kalau mau dibandingkan rasanya seperti menonton anime Tokyo Revenger. Perbedaannya, klo Tokyo Revenger, hasil perjalanannya ke waktu SMAnya membuat perubahan di masa depan. Namun, untuk drama ini di awal sampai pertengahan episode nampaknya apapun yang dilakukan saat kembali ke masa lalu tidak ada perubahan sama sekali.
    Di awal episode, mbak ini diputuskan oleh Zhan Yu (udah mau nikah, tapi gajadi). Liu Beixing bekerja di kebun binatang, ia tampak sedih dan bosan dengan pekerjaannya. Kita coba flashback ke masa SMA, Zhan Yu digambarkan sosok anak basket yang paling populer deh (rasanya cukup umum ya pakai penggambaran sosok seperti ini) dan Lin Beixing tipe cewek yang ngotot pingin pacaran sama Zhan Yu (bucin banget deh, obsesi kali ya, sampe agak serem klo di aku nangkepnya wkwk). Akhirnya Zhan Yu itu nge"iya"in mau pacaran sama Lin Beixing karena kasian, dan diceritain pada akhirnya di usia 30 an saat mereka memutuskan mau nikah, si Zhan Yu mutusin begitu aja. Ternyata oh ternyata Zhan Yu malah mau nikah sama sahabatnya Lin Beixing saat SMA yaitu Han Teng.
    Haha mau bilang bosan ya? Plot kayak gini tu kayak udah wajib ada di chinese drama banget, jadi kadang akupun bosan klo ketemu cerita ginian. Tapi tenang!  
    Jangan kecewa dulu, premisnya jauh keren lebih dari itu, kok! Lin Beixing yang udah sedih banget minta ketemuan terakhir lah sama  Zhan Yu. Istilahnya biar pernikahannya tetap jalan (udah sebar undangan soalnya, jadi malu) dengan tema reuni jaman SMA. Lin Beixing menggunakan seragam dan membawa ponsel nokia khas saat jaman SMA ke SMA nya itu di saat jam pulang. Sampil menunggu Zhan Yu, Lin Beixing iseng buka SMS, dan entah kenapa HPnya ngehapus SMS dengan sendirinya. Tiba-tiba langit jadi mendung dan mulai hujan, dan disinilah ia pertama kali bertemu dengan Zhang Wansen. 
    Zhang Wansen adalah seorang siswa yang teladan banget deh, selalu rangking 1 paralel. Tapi dia ini tipe cowok yang diem dan ga berani mengungkapkan perasaannya cielah. Ternyata Zhang Wansen ini suka dan merhatiin Liu Beixing dari jaman SD saat ketemuan di kebun binatang. Kenapa bisa gitu? Zhang Wansen punya impian jadi dokter hewan yang kelas internasional gitu deh mengikuti jejak ayah ibunya yang sekarang dinas di Afrika. Mengingat Zhang Wansen ini pemalu juga kayak takut, ragu dengan impiannya yang sering diejek teman sebayanya karena impiannya terlihat konyol (Aku ga paham sih konyolnya dimana, tapi Zhang Wansen mikirnya gitu). Berbeda dengan Liu Beixing yang tidak sengaja ketemu Zhang Wansen secara tidak sengaja (ceritanya mereka berdua kepisah dari rombongan), Liu Beixing mendukung Zhang Wansen sepenuhnya sehingga Zhang Wansen jadi percaya diri dan jatuh cinta kepada Liu Beixing. Sebenarnya Zhang Wansen muncul beberapa kali saat pertandingan basket SMP (Zhang Wansen ikut basket karena tau Liu Beixing suka liat basket). 
    Kenapa sih Liu Beixing ini ngejar Zhan Yu banget? Ternyata saat SMP Liu Beixing itu salah masuk dapur, trus kekunci, gatau gimana kebarakan, dan datanglah Zhang Wansen menyelamatkan, tapi Liu Beixing salah ngira kalau yang nyelamatkan itu Zhan Yu (dari bekas luka di lengan). Zhang Wansen juga diem diem bae aja sih tentang ini, ternyata luka Zhan Yu itu karena dicakar kucing katanya wkwk. Namun, Liu Beixing yang matanya cuma ada di Zhan Yu sama sekali gatau/sadar tentang perasaan Zhang Wansen.
    Kita kembali ke masalah utama, Liu Beixing sadar ia akan kembali ke masa SMA saat menghapus SMS pada HP lamanya. Awalnya dia kembali ke masa ujian SBMPTN. Namun, entah kenapa awalnya saat jam 6 sore ia selalu kembali ke masa kini dan tidak ada perubahan di masa depan meskipun ia sudah menghafalkan jawaban SBM wkwk. Sampai dia sadar, dia akan kembali saat Zhang Wansen mati. 
(Liu Beixing dan Zhan Wanseng) 

    Liu Beixing yang time travelling maju mundur berusaha mendekati Zhang Wansen agar ia tak kembali ke masa depan. Disini letak keseruan ceritanya. Li Beixing yang awalnya ngekor ke Zhan Yu mulu berubah haluan ke Zhang Wansen. Yha seperti kalian duga Zhan Yu malah jadi suka sama Liu Beixing wkwk. Tapi Liu Beixing yang udah males sama Zhan Yu dan ingin merubah nasibnya jadi cuek sama Zhan Yu. 


(sumber: Mydramalist)

    Liu Beixing entah kenapa kembali ke masa SMA kelas 1 saat masih sekelas dengan Zhang Wansen dan Yang Chao (sahabat Liu Beixing). Disitulah ia menemukan masalah utama alasan Zhan Yu mati. Masalah utamanya adalah Lin Dahai (kakak Liu Beixing) yang ngutang ke salah satu rentenir. Peran Zhang Wansen disini adalah melindungi Liu Beixing dari geng renternir tersebut karena Lin Dahai gagal untuk bayar utang. Dengan keterlibatan Zhang Wanseng disini membuat ia dikejar rentenir (karena nganggu), didorong dari mercusuar seperti di intro.
    Sebenernya progress ceritanya cukup lambat. Seberapa keras Liu Beixing berusaha mendekati Zhang Wanseng dan menyelesaikan masalah utama (utang Lin Dahai) pada akhirnya Zhang Wanseng mati karena melindungi Liu Beixing. Dalam menyelesaikan masalah itu Liu Beixing bertemu orang yang pernah ditemui tapi ia tidak pernah perhatikan sebelumnya yaitu ada Mai Zi (preman bawahan rentenir), dan Gao Ge (teman masa kecil Zhang Wangseng).
    Konflik di drama ini cukup banyak banget, gacuma sekedar permasalahan pemeran utama, juga ada pemeran pendukung. Semua itu menurutku diceritakan dengan sangat baik. Konfliknya sederhana dan klasik misalkan impian masing-masing pemeran pendamping, contoh Yang Chao ingin jadi aktor (bukan aktor sih, aku gapaham kayaknya storyteller di Cina gitu tapi sering ketipu perguruan, orangtuanya ga dukung), Gao Ge (ingin jadi pelukis, tapi bapaknya ga setuju karena alasan klasik yataulah), Lin Dahai (preman tapi cuma ikut2an biar keren, tapi pingin jadi tentara juga tapi gayakin dianya). 
    Sampai akhirnya Liu Beixing juga menyadari hal yang membuatnya kembali ke masa kini. Selain kematian Zhang Wanseng, ucapan "wo ai ni" alias "aku suka kamu" membuatnya kembali. Liu Beixing berpikiran bahwa agar Zhang Wanseng tidak mati yaitu membuat Zhang Wanseng membenci Liu Beixing agar tidak melindunginya. Cara ini berhasil, Liu Beixing tidak kembali lompat waktu. Di episode2 terakhir jujur kasian banget sama dua karakter ini, Liu Beixing yang akhirnya suka sama Zhang Wanseng milih cara ini daripada Zhang Wanseng mati. Fast forward, Zhang Wanseng pergi ke Afrika untuk mengejar mimpinya. 
    Setelah beberapa tahun Liu Beixing tetap bekerja di kebun binatang tapi lebih semangat, bahkan ditawari untuk pelatihan jadi dokter hewan. Sedangkan Mai Zi, Gao Ge, Lin Dahai juga bisa meraih mimpi mereka masing-masing. Di episode terakhir, Zhang Wanseng menemui Liu Beixing. Endingnya agak nggantung, tapi dari interpretasiku Zhang Wanseng itu masih suka sama Liu Beixing. 

Begitulah rangkuman cerita dariku, mungkin terasa banyak yang di skip karena banyak banget konflik di drama satu ini. Aku harap bisa mempresentasikan alur utama disini.