Review Manhwa: The Youngest Princess

Sinopsis: Suatu hari, penyihir agung yang memerintahkan kerajaan Mado terlahir kembali sebagai putri bungsu kekaisaran! "Aku hanya akan bermain dan pura-pura menjadi bayi... Tapi tidakkah kalian terlalu menyukaiku?" Orang-orang tidak pernah meninggalkannya sendirian sehinnga membuat putri bungsu lelah.

Baca di: Kakaopage

*spoiler alert*

    Manhwa ini menceritakan tentang seorang MC mbak-mbak penyihir agung yang OP banget no #1 yang karena suatu sihirnya orang *belum diceritain* jadi seorang bayi di kekaisaran Hyperion.  Di Kekaisaran Hyperion ada Raja dan dua anak cowoknya. Pangerannya ada yang sifatnya agak slengekan (kadang semaunya), dan model cowo tertib gitudeh. 

    Setelah baca sampai tamat 2 season (80 episode, masih hiatus) yang paling ngena di hati itu ilustrasinya! Kenapa? Betapa tiap perpindahan umur kerasa banget ilustrasinya dan diksinya. Menurutku dibandingkan dengan manhwa lain, kadang kalau ceritanya nyeritain dari bayi sampai gede itu ga ngeilustrasin dengan jelas (Misal: di cerita umurnya 20, tapi kelihatannya umur 12. MC pas bayi cuma bisa ngomong bahasa bahayi (uwaa, ungaa)). Detil ilustrasinya itu aku suka banget! 

    Di manhwa ini vibenya bahagia gitu deh, karena si MC disayangi oleh kedua kakaknya, dan papanya. Perasaan aku baca ini senang banget, gada depresotnya sama sekali, biasanya kan si MC yang lagi depresi ceritanya ketubruk bus-kun dan masih kebayang kesedihan di masa lalu pas udah di dunia lain. Kalau di manhwa ini dia masih ada di 1 dunia, 1 waktu jadi di dalam cerita masih ada kaitannya masa lalunya dengan kehidupan barunya ini. Sepanjang aku baca manhwa ini, selain ngakak terguling-guling karena betapa bar-barnya kelakuan bapak dan anak cowo keluarga kerajaan ini. 

    Di season 2 masalah mulai terbuild untuk nyambung ke season 3, dimana bawahan si MC tu mulai "terlalu" maksa untuk dia kembali ke daerah asalnya. Wah seru banget si, vibenya kayak manhwa "Charlotte has Five Disciples" tapi lebih ringan bacanya. Betapa hangatnya 1 keluarga ini karena semua sayang ke MC. Selain itu, masih kerasa vibe kerajaan misal invasi negara lain dll. Ada romancenya juga, tapi aku gayakin juga sih tapi biasanya manhwa akhirnya ngarah romance juga wkwk karena cogan semua!

Sekian review dan spoilernya, aku suka buanget sama manhwa ini karena dari segi cerita, ilustrasi PERFECT! 

Nilai dariku: 10/10