Review Rangking of Kings



Sinopsis: Orang-orang kerajaan memandang rendah Pangeran Bojji muda, yang tidak bisa mendengar atau berbicara. Mereka memanggilnya "Pangeran yang Tidak Berguna" sambil mengejek kebodohannya.

    Namun, meskipun Bojji mungkin tidak kuat secara fisik, dia jelas tidak lemah hati. Ketika kebetulan bertemu dengan makhluk bayangan seharusnya membuatnya trauma, itu malah membuatnya percaya bahwa dia telah menemukan teman di tengah mereka yang hanya memilih untuk memperhatikan kekurangannya. Dia mulai bertemu dengan Kage, bayangan, secara teratur, ke titik di mana bahkan makhluk kasar pun mulai menghangat padanya.

    Persahabatan Kage dan Bojji yang tidak biasa meletakkan dasar awal perjalanan sang pangeran, di mana ia berniat untuk menaklukkan ketakutan dan ketidakamanannya. Terlepas dari ejekan terus-menerus yang dia hadapi, Bojji memutuskan untuk memenuhi keinginannya menjadi raja terbaik yang dia bisa. Sebenarnya Bojji ini ga 100% loser sih karena dia cukup lihai untuk bertarung tapi semacam kalau di game tekniknya bagus tapi kekuatannya 0 kan ya gitudeh, akhirnya tetep aja diejek.

    Setelah ia bertemu guru yang cocok

[sumber:myanimelist.net]

Aku nonton di: IQIYI

My thoughts: Awal aku menonton anime ini terasa kita seperti nonton "How Moving Castle", baca komik (goresan model kaligrafi), dan tone warna film Disney lawas (tapi lebih versi modern). Dari segi cerita jujur aja ceritanya cukup klasik seperti campuran Disney (dijahati orang-orang) dan anime (MC yang dulu dihina jadi OP banget) tapi yang menarik di cerita "Rangking of Kings" ini plot twistnya bagus dan cukup dark. 

    Bojji sang karakter utama yang bisu, tuli membuat perasaan nonton anime ini tu agak beda karena jujur aku gak pernah nonton anime yang karakter utamanya kayak gini. Biasanya kita denger karakter utama itu cerewet, jadi percakapan biasanya dilakukan pake tanda-tanda itulah. Tapi aku salut sama seiyuunya karena walaupun cuma kayak bilang "uuu" "aaa" itu sudah sangat menggambarkan perasaan Bojji. Ditambah ost nya yang bagus banget, padahal aku jarang banget suka opening dan endingnya sekaligus, tapi aku bener-bener suka dan sering mutar di youtube.

    Aku suka dengan semua penokohan yang ada di anime ini karena semuanya itu penting dari awal sampai akhir jadi pastinya kalian akan gampang ingat sangking semua karakternya hampir masuk di tiap episode. Inti cerita dari anime ini adalah Bojji dari yang lemah banget, dihina sampe jadi OP banget. Walaupun Bojji ini rendah diri dan sering dihina namun ia bangkit kembali karena sering disemangati oleh Kage dan dibantu semua karakter karena suka dengan sifat Bojji yang baik hati misalnya menolong Mistumata, ular berkepala tiga saat sedang terluka.

    Sepanjang aku nonton aku sedih banget karena kasian, tapi melihat Bojji yang "berusaha" tegar aku jadi ikutan seneng dan termotivasi. Aku sempet nangis di episode terakhir karena super kasian banget tau alasan Bojji bisa lemah seperti itu karena orang terdekarnya sendiri. Kayak rasanya gimana sih lemah karena ada "faktor lain", that so hurtfull. 

    Di episode terakhir kita disajikan dengan pertarungan pedang epik dengan karakter lain hasil latihan si Bojji selama ini. Point of view dan koreografinya SEMUA BAGUS serius. Mengingat ini dibuat oleh WIT studio yang juga garap "Attack on Titan" dan "Seraph of The End" (aku baru tau setelah search studio yang buat bojji ini) jadi kalian kalau suka model dari banyak segi point of view seperti di anime itu bakal suka banget scene fight di anime ini.

    Pada episode terakhir, ternyata plotwistnya sangat bagus dan kita juga dibuat kasian sama antagonis yang ada karena ternyata dia juga punya masa kelam yang mengakibatkan apa yang dia lakuin di masa sekarang. Memang ya ceritanya itu cukup klasik tapi bagaimana ceritanya itu ceritakan aku suka banget, walaupun kurang paham ending Daida dan Milanjo dan akhir dari sang Iblis itu gimana. Tapi menurutku kalian ingin nonton anime dengan "emotional damage" yang tinggi, this anime worth to watch!

Rangkuman Cerita (spoiler alert!!!)

    Diceritakan bahwa Bojji (pangeran pertama dari suatu kerajaan) merupakan keturunan ras raksasa, tapi ternyata saat dilahirkan ia malah kecil, tuli, bisu. Dari situ ternyata ada suatu alasan kenapa Bojji bisa kayak begitu, akan dibahas di episode-episode terakhir. Saat masih balita, ibu Bojji meninggal karena dibunuh Milanjo. Dari situ si Raja Bosse (ayah Bojji) menikah dengan Ratu Hiling. Ratu Hiling ini bukan tipe-tipe ibu tiri yang jahat, malah dia kasian dan menyayangi Bojji sama seperti Pangeran Daida (anak Ratu Hilling dan Raja Bosse), bahkan penyuruh Pangeran Daida untuk melindungi Bojji. Pernah suatu saat Bojji ceritanya jatuh dari kamarnya yang super tinggi banget, disitu Ratu Hiling panik banget sambil nyembuhin Bojji pakai kekuatannya (eh baru nyadar Hiling=Healing=menyembuhkan wkwk).

    Suatu saat, Raja Bosse meninggal, dan di titahnya menyebutkan bahwa Bojji yang akan mewariskan tahtanya. Tapi banyak yang menentang karena Bojji itu dianggap lemah, dimana saat itu sistem kerajannya yang jadi raja itu yang terkuat. Oiya Bojji ini cukup sering dibully ya walaupun pangeran, dia suka banget petualangan ngelewati pedesaan. Dia pura-pura tegar padahal hatinya rapuh banget Suatu saat dia juga pernah bertemu Kage(semacam monster dari klan bayangan). Kage semacam homeless gitu akhirnya saat ketemu Bojji dia iseng minta semua barang bawaan bahkan baju Bojji karena kelihatan mahal semua. Kagetnya Bojji mau-mau aja, awalnya Kage kayak iseng gitu tapi dia lama-lama kasian dan penasaran sama Bojji dan sering ngikutin Bojji. Akhirnya pangeran Daida yang dapat tahtanya, terus Bojji kecewa gitu dan pingin comeback stronger ceritanya. Akhirnya dia melakukan perjalanan bareng Domas (guru pedang Bojji) dan Hokuro. Ternyata Domas itu disuruh Daida untuk bunuh Bojji di perjalanan nanti, tapi Paduka Hilling ini gatau. 

    Kenapa gitu? Ternyata selama ini Pangeran Daida ditemani sebuah cermin, nah isinya ini ternyata Milanjo, inget Milanjo ya karena dia salah satu karakter penting disini. Milanjo ini lah yang kurang lebih ngehasut Daida. Disaat Bojji sudah hampir sampai di Kerajaan Dunia Bawah, dimana ada jurang disitu Domas melancarkan aksinya. Ia mendorong Bojji ke jurang itu, Bojji jatuh dan kaget banget. Domas ngira Bojji sudah mati, disitu ia sebenarnya ragu karena memegang prinsip perkataan raja itu absolut tapi dia kasian sama Bojji, dia nangis banget. Kembalinya ia dimarahin Domas sampai saling bertarung adu pedang.

    Ternyata Bojji nggak mati, ia diselamatkan Kage yang selalu bersembunyi di tas Bojji. Disitu ia ditemukan pasukan Kerajaan Hades dan bertemu Raja Desher, Raja Desher semacam menguji Bojji. Ia bertaruh kalau Bojji mau diajari cara jadi kaut ia harus mengalahkan Ketua Kesatria Hades. Bojji bermodalkan pedang kayu berusaha mengalahkannya. Tapi si Ketus Kesatria Hades ini malah jadi kasian dan kecewa karena dikira anak Bosse(nama lain: Raja Perth) ini sekuat raja nomer 1, tapi gada kekuatan. Namun disini dilihatkan Bojji lemah dan hanya bisa menghindar.  

    Ternyata Bojji ini salah nama, ternyata orang yang bisa ngajarin itu bukan Raja Desher tapi adiknya, Despa. Dari situ Despa ngajarin Bojji dan milih senjata yang tepat untuk mengatasi kelemahan Bojji. Walau aku lihatnya Despa ini agak kayak kurang meyakinkan jadi guru tapi ternyata Bojji berhasil mengalahkan lawannya dengan menekan titik lemah, senangkepku sih kayak titik akupuntur gitu kali ya.


    Di sisi lain, ternyata di Kerajaan Perth sedang kacau balau. Raja Daida dimanipulasi Milanjo sehingga Raja Bosse sekarang "hidup kembali" di tubuh Raja Daida. Raja Daida terjebak di ruang kosong hampa dan ada Milanjo disitu, banyak cerita yang disampaikan Milanjo ke Daida disana. Disitu aku gaterlalu paham sama sikap Raja Bosse. Milanjo juga membawa tahanan paling kuat di Kerajaan Dunia Bawah lewat portal yang ada di bawah kastil. Disitu yang paling menyolok ada Oken (Adik Despa yang kena kutukan untuk hidup selamanya). Kacau banget deh, si Ratu Hilling juga jadi sasaran untuk dibunuh agar tidak menganggu rencana Milanjo.
    Sampai akhirnya Kerajaan Dunia Bawah bawa pasukan untuk mengambil kembali tahanan kerajaan mereka, tapi ternyata plotwistnya Despa dan Raja Desher walaupun tulus tapi juga semacam memanfaatkan Bojji agar juga bisa bertemu dengan Iblis agar bisa mematahkan kutukan Oken. Disini banyak fight scenenya tapi mungkin aku skip ya karena pada intinya susah banget unutk melawan Oken, termasuk Bojji sendiri. Sampai akhirnya semua peran penting yaitu Empat Raja Langit seperti Dorshe, Bebin, Apis dll modar semua. Sampai akhirnya Milanjo meragukan aksinya dan malah menyembuhkan mereka semua.
    Kenapa bisa gitu? saat pada fase modar semua dimana Kage yang hampir "nyebrang" ke dunia lain malah diselamatkan oleh Milanjo yang ragu dengan perbuatannya yang menyakiti banyak orang karena disitu ia bertemu dengan mendiang ibunya di "sebrang dunia". Milanjo bingung sekali karena ia yakin dengan berbuat seperti itu dia bisa bersatu dengan Raja Bosse (mulai dari sini aku nyebut Raja Perth aja ya karena Milanjo manggilnya itu). 

        Tiba-tiba ada Raja Perth yang datang dan segera mengalahkan Oken dengan gampangnya dengan menahan Oken di batu besar. Sampai akhirnya final fight scene adalah antara Bojji dan Raja Perth. Epik banget serius, cara sudut pandang kameranya bener-bener mind blowing. Seperti cerita klasik, tentu saja Bojji menang dan disitu Milanjo menyadari bahwa Raja Perth tidak ingin dihidupkan kembali, intinya hanya berharap Milanjo bahagia. Raja Perth ingin mengakhiri penderitaan dengan menghancurkan cermin yang didiami Milanjo, tapi Bojji menghalangi hal tersebut. 
    Di episode ini terungkap sudah semua hal dimana pada awalnya Raja Perth menyelamatkan Milanjo yang sebatang kara saat akan dibunuh oleh para warga yang mengutuk Milanjo. Disitulah hubungan Raja Perth dan Milanjo terbentuk semacam jadi bestie. Aku gapaham sebatas ayah-anak atau lover. Sebenarnya Raja Perth itu sedang berkalana ingin jadi terkuat, setelah ketemu Milanjo "hidup begini pun gak apa". Dari situ Milanjo merasa bersalah karena semacam "mengambat" keinginan Raja Perth. Dari situ Milanjo membuat perjanjian dengan iblis bahwa jika Raja Perth ingin jadi yang terkuat ia harus punya anak dari istri klan raksasa juga. Ternyata saat Bojji lahir, kekuatan Bojji "ditransfer" semua ke "Raja Perth". Tapi ada konsekuensi dimana Raja perth hidupnya pendek dan Milanjo akan jadi budak si iblis. Tapi sekali lagi, 
    Pada akhirnya Milanjo hampir kehilangan kekuatan karena seluruh kekuatan sudah habis untuk menyembuhkan semua orang disana setelah ia menyesal. Jiwanya melayang ke atas disusul Raja Perth. Segera itu si iblis datang untuk menangkap jiwa Milanjo, roh Raja Perth berpesan ke Pangeran Daida untuk menjaga Milanjo. Disitu Daida sedih banget karena nggak tau asal-usul Milanjo yang sangat menyedihkan. Di kesempatan ini Despa dibantu Ketua Prajurit ingin memberi permohonan untuk mencabut kutukan Oken, tapi keduluan oleh Pangeran Daida yang meminta Milanjo untuk"dihidupkan kembali". Sesaat itu permintaan Daida dikabulkan, disitu ia senang sekali bahkan melamar Milanjo. 


    Disitu datang semacam penasehat negara mengatakan bahwa tahta harusnya diberikan kembali yang ke berhak yaitu Pangeran Bojji. Bojji akhirnya menjadi Raja, tapi ia merasa tidak nyaman, apalagi Kage sahabatnya entah dimana. Ternyata Kage rendah diri karena mengira Bojji sudah tidak membutuhkannya lagi, ternyata malah kebalikannya. Bojji memutuskan untuk meninggalkan kerajaan dan memilih berpetualang bersama Kage dan mendirikan kerajaannya sendiri.

Ost favoritku: SEMUA WKWK :)

Nilai dariku: 9/10