Review Manhua:The Enchanting Villainess



Sinopsis: Ophelia ditakdirkan untuk menjadi antagonis cerita, dianiaya karena cara jahat dan kurangnya kekuatan magis ... sampai dia mendapat kesempatan kedua. Sadar akan nasibnya, dia menebus reputasinya yang terkenal buruk dan mengumpulkan sekutu, termasuk pahlawan wanita, yang juga saudara tirinya. Bagaimana nasibnya akan berubah begitu mantan rival ini menjadi teman baik dan dia menyelamatkan nyawa ayahnya dan pengawalnya yang mantap? Jika kunjungan dari roh aneh merupakan indikator, hal-hal tidak lagi sesuai dengan buku!

My Thoughts

    Dari judulnya, aku berfikir ini mungkin manhwa yang putri yang hidupnya bahagia sangking mempesonanya si MC (enchanting: mempesona). Namun tidak sama sekali saudara sekalian! Setelah aku cek lagi tagnya ternyata ini manhua. Pas deh dengan formula chinese drama yang penuh plot twist. Di chapter awal diceritakan kalau dia itu isekai lah singkatnya, dia dapet peran antagonis, dimana suatu saat ada anak raja yang tiba2 dateng gitulah (biasalah anak di luar nikah). Aku kira sesimpel "Who Made Me a Princess". Ilustrasinya juga bagus lah diatas standart. Bedanya dengan manhwa yang aku sebut itu kalau manhua ini itu FL nya kayak clueless dan pasif (kesel banget aku sepanjang chapter hadeh).Tapi setelah aku baca astaga penuh dengan plot twist! Btw manhwa ini masih on going sekitar 40an chapter (Maret 2022) dan aku gatel banget pingin kasi reviewnya sangking bikin emosi.

    Manhua ini sebenarnya bagus KALAU diceritakannya (alur) bagus, aku yakin ini bisa OK deh klo dibaca. Namun, masalahnya sangking banyak konflik yang diangkat dan ga diceritain dengan jelas jadi kelihatan banyak banget plot hole (gak konsisten dan gak logis) disana sini misalkan di chapter awal katanya si FL gabisa pakai sihir, tiba-tiba ditunjukin bisa. Satu lagi, scene romantisnya ini terlalu maksa, gada building untuk scene itu jadi serius maksa banget. Gak logisnya lagi si FL ini kan dikenal sebagai "putri" dari raja yang terkenal kejam. Ta...tapi dia diejek secara terang-terangan dan bahkan di depan rajanya sendiri! Iya sih "mungkin" karena dikenal sebagai gapunya sihir, tapi kan yagagitu juga. Rajanya juga yang muncul di "cover" kemunculannya sama sekali gabegitu penting perannya disini. Walaupun settingnya adalah kerajaan tapi aku sama sekali ga merasa ini ada tata krama kerajaan seperti di manhwa lainnya. Bener-bener pusing kalian kalau kalian adiksi sama hal sedetail ini.

    Si FL ini menurutku sangat "kurang pintar" walaupun semua karakter dibuat author jadi "sus" tapi si FL ini bener-bener kayak tau trus yaudah. Haduh pusing aku bacanya rek. Menurutku ceritanya ini formula manhua banget sih, suka banget nambah banyak konflik, belum selesai, nambah lagi. Meskipun pusing banget aku bacanya sangking ga logisnya, tapi aku pingin ngelanjutin karena plot twistnya sepertinya bagus. Prontagonis yang di "novelnya" terlihat baik ternyata malah kebalikannya. 

Nilai dariku: 6/10 (Pusing bacanya :))