Halo! Aku Amira mahasiswa FKG UB angkatan 2019. Aku mau cerita pengalaman tentang awal skripsi- sempro. Untuk lanjutannya di part selanjutnya ya! Di awal tahun ketiga alias semester lima kalau di fakultasku itu sudah mulai disuruh buat skripsi. Tentu saja ga ujug ujug alias tiba-tiba bikin ya, pada semester 5 ada mata kuliah skripsi dan metodologi penelitian 1 dan biostatistik. Di matkul itu kalian diajari cara buat judul, metodologi penelitian terus cara ngolah data di matkul biostatistik dll. Kataku biostatistik buatku kewalahan dan sangat deg deg an, tapi tenang aja ga itung manual kok, pakai aplikasi SPSS atau excel. Dan aku kaget kok bisa dapat B+ wkwk.  

Bakal bikin video tentang biostatistik gak ka? Kalau rame ntar aku buatin deh. Tapi yang pasti kalian bisa latihan soal di dentsive.com. Ehe ngiklan dikit.


Di pertemuan pertama matkul metpen 1 nanti akan ada 1 dosen yang jadi Dosen PJ skripsi. Di pertemuan itu kalian bakal diberitahu panduan skripsi serta kode kelas GC untuk akses PDFnya, Di PDF panduan itu sudah ada panduan yang lengkap mulai dari font, format, alur ujian. Di akhir slide kita disuruh isi form berisikan judul skripsi, bidang yang diminati, dan dosen pembimbing yang diinginkan. Tetapi yang kalian isikan belum tentu fix karena sistemnya cepet2an, siapa cepat dia dapat, ddan dipilihin oleh Dosen PJ Skripsi oleh karena itu kalian harus udah ada rencana judul. 

Gimana cara buat judul ka?

Caraku untuk cari judul yaitu tips dari guru SMAku Bu dewi yaitu ATM Amati Tiru Modifikasi.Simpel aja kita cari di google "skripsi kedokteran gigi". Ketemulah itu kalian tinggal pilih aja yang cocok. Misalkan awal itu aku cocoknya sama judul misal "daya hambat ekstrak pisang terhadap bakteri Streptococcus mutans" Nah darisitu kalian bisa ubah variabel bebas atau variabel terikat, bisa kita ubah pisangnya jadi jeruk atau kita ubah bakteri yang masih sekitar di rongga mulut. Selang beberapa hari atau minggu gitu nanti akan diberikan google sheet di GC berisikan nama "calon" pembimbing kita. Untuk pembimbing rata2 dapatnya 1, ada juga yang 2. Setelah itu kita harus menghubungi calon pembimbing kita untuk menanyakan ketersediannya, kalau bersedia nanti kalian minta ttd dospem tersebut. 

Kalau ga bersedia gimana? kita hubungi PJ skripsi untuk dicarikan dospem lain.


Kalau sudah ibarat tanda tangan kontrak dari situ mulai deh proses pembimbingan mulai dari ACC judul. Kebanyakan sih banyak yang dapat judul baru dari pembimbingnya, entah itu judul hasil ATM kating alias bikin variabel bebas yang beda atau penelitian dosen. Kalau aku sendiri sih tim judul dikasi pembimbing ya, judulnya sendiri gak jauh jauh dari punyanya kating, istilahnya ktia nerusin penelitian gitulah, jadi gak brand new judul banget. 

Biasanya ada 2 anak pembimbingnya 1, nah itu bakalan dirancang untuk penelitian bareng. Penelitian bareng artinya biasanya variabel tetapnya sama, hanya beda di variabel bebasnya. Kalau semisal kalian ternyata solo player, biasanya pada akhirnya diusahain cari teman gitu untuk penelitian bareng. Hal ini menurutku penting ya karena masih tahap awal gitu, waktu kalian masih banyak, kalau ada tawaran sekiranya ditanyain aja dulu ke dosen  pembimbing baiknya gimana jangan sungkanan yang berakibat kepada kerugian pribadi. 

    Cara memulai bikin proposal skipsi gimana ? Aku sendiri mempelajari garis besar skripsi dengan cari contoh skripsi dari internet dan kating. Kalau dari internet itu aku pelajari cara mereka menyusun kalimat, mengecek apakah sekiranya skripsi kita ini udah pernah ditulis apa belum. Kalau dari kating itu caranya ya minta ke kating atau ke dosen pembimbing kalian. Oiya biasanya gaboleh disebar secara luas karena takutnya dicopas semua gitu. Dari punyanya kating aku copas bagian yang sekiranya format banget lah kayak cover, lembah pengesahan, kata pengantar gitulah. 

Kalau copas sekalian isinya boleh ga? Waduh jangan lah nanti kalian bakal ttd surat pernyataan tidak plagiasi. Klo plagiasi disuruh bikin skripsi lagi ato dipenjara kan lebih ribet  yak. Nah klo caraku itu misal kita mau copas bagian tertentu ya terutama di bab 2 kajian pustaka, kalimat yang ingin kalian copas kita search aja di database,  pasti hasilnya bakal ketemu yang mirip mirip dengan sumber yang beda. Tinggal di parafrase deh. Parafrase itu ngubah tata kalimat aja misal Budi makan apel diganti Apel dimakan Budi.

Progressnya kalian mulai dari bab berapa ini tergantung pembimbing kalian, ada yang mau habis ACC judul kalian langsung nulis bab 1-3, ada yang per bab ACC dulu, ada yang dari bab 3 dulu. Kalau aku buat bagan penelitian dulu baru bab 1-3. Detil tentang skripsi kalian tanya pembimbing atau di komentar aja ya! Oiya untuk aku bimbingannya online dan semi offline gitu. Aku kirimin wordnya tiap selesai buat atau revisi lewat email. Kalau gagitu aku disuruh print trus dititipin di mbak2 lab gitu.

Karena pengalamanku masa pandemi, aku 2x ganti bab 3. Awalnya aku metode in vitro, lalu ganti jadi tikus2an. Ternyata kedua lab itu nunggunya lama gitu kan ada lah klo berbulan karena yang nunggu bukan dari fakultasku aja, bukan itungan minggu lagi, jadinya pembimbingku menyarankan untuk jadi literature review aja. Kalau dari kating bilang mending litrev aja karena ibarat kita beli di tokopedia dikirim pake gosend, sekilat itu 1 hari sampai wkwk. Dari pengalaman kating litrev itu bisa 1 bulan jadi, gokil abis kan!

KAYAKNYA INI KEPANJANGAN JADI VIDEONYA DIBAGI

Karena aku sudah kehabisan ide nulis mau dan di Hari Jumat, 18 Maret 2022 (hari aku nulis ini) akhirnya aku seminar proposal (sempro)! Yak di blok 11 di kedokteran gigi ini standarnya blok terakhir maksimal untuk sempro. Sebenarnya Januari itu sempet mau sempro tapi gajadi karena ganti metode 2x dengan alasan lab nya susah yang aku ceritain tadi. 


    Untuk pendaftaran seminar proposal secara daring/ online di fakultasku ada tata caranya kek gini. Pertama kalau proposal kalian udah dibilang bolehujian, kita chat ke Dosen PJ skripsi bahwa ingin ujian seminar proposal.  

    Kalian tanya dospem ada rekomendasi dosen penguji, kalau ada kalian ajukan ke PJ Skripsi (biasanya dosen, ini beda sama admin skripsi ye. Dari situ PJ Skripsi akan acc. Kalau gada rekom dosen dan yang nanya fix dospenguji itu PJ skripsi.  Setelah dosen pengujinya bersedia kita lanjut nentuin jadwal sempro kalian.  Ini yang nentuin kalian sendiri, perhitungkan maksimal jadwalnya fix itu H-5 jadinya menurutku mending kita ambil tanggal sekitar 14 hari dari hari kalian mulai ngechat, pokoknya kalian harus hitung perkiraan bakal dijawab. Paling lama paling 1 minggu dibalas kan selama-lamanya. Detil hari pelaksanaan bisa langsung aja tanya ke pembimbing lebih baik hari apa, kalau pembimbingku nyaranin antara Selasa atau Juamt jam 11 karena hari itu biasanya gada kegiatan kuliah gitudah. Aku sendiri milih hari Juamt karena pas aja ga spaneng kalau di Selasa biasanya habis ujian mingguan wkwk. Untungnya pengujiku semua cewek jadi ga Jumatan gitu. Setelah sudah fix dengan pembimbing, aku langsung chat dua pengujiku apakah setuju, karena setuju yaudah gas ngeng aku tanya emailnya karena nanti bakal kirim email ke beliau2 nya. Kalau ada yang gabisa brarti nyesuain lagi sampe sesuai.

BTW DISCLAIMER DULU, klo daftarnya mepet banget keburu bayar UKT lagi biasanya banyak yang mepet daftarnya, yha ini tergantung kondisimu aja ya bestie.

Kalau aku H-7 itu aku daftar seminar proposal ke admin skripsi dengan ada beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi ada tiga yaitu surat persetujuan pembimbing, sertif ospek, lembar konsultasi proposal. Biasa ngumpulin banyak file jadi aku zip in kan tu. Ternyata kata mbaknya filenya gaperlu di zip ntar susah ngeceknya. Yaudah aku kirim lagi deh. 

Saat H-4 Mbak Admin Skripsi ngirimin link Zoom, surat undangan ke penguji untuk kita kirimin satu-satu lewat email. Kalau kata temenku dikirimin lewat WA juga. Maksimal H-3 kita kirimin word proposal skripsi kita ke semua dosen penguji dan pembimbing. Lalu hari H itu kita H-15 menit udah harus join Zoom, dan bisa nyobain PPT dulu deh. Biasanya itu Zoomnya dibagi breakout atau ruangan gitu, berhubung hari itu yang ujian cuma aku yaudah jadinya sempro di main room wkwk.

Nah sekarang kita lanjut dengan ceritaku dalam persiapan sempro ya. 1 minggu sebelum ujian tu aku bikin PPT dan persiapan tanya jawab. Untuk PPT aku download template dari internet. Sehabis itu tinggal copas aja inti dari proposal kita, ga mikir lagi jadinya cukup cepat jadinya. Aku pake komposisi pokoknya kebanyakan itu klo fontnya 20 an dan udah gacukup untuk ditambah tulisan lagi, yha itu deh patokannya alias resep dari Bu Dewi Guru SMA ku dulu hehe. Tentu saja ya menurutku kudu dikasih penjelasan, jadinya aku copas ke note di PPT itu untuk ntar aku baca wkwk. Aku juga heran dulu SMA sering lomba presentasi KTI gapake kerpekan apal2 aja wkwk (HAHA SOMBONG DULU YA REK YA), intinya kalian paham konsepnya, selama gapake joki pasti lancar kok wkwk. Setelah menurutku PPTnya cukup OK aku disuruh kirim filenya ke dosen pembimbingku untuk dicek. Dari dosenku sarannya PPTnya jangan background gelap, karena aku litrev jadi bab 2 kajian pustaka yang gapenting di pproposal penelitian itu cukup penting. Setelah itu aku revisi deh dan dicobain apakah tidak melebihi 15 menit untuk dipresentasikan. Nah berhubung ujiannya 1 setengah jam ya termasuk tanya jawab, setelah itu aku nyiapkan tanya jawab yang sekiranya bakal ditanyakan dan aku buat juga jawabannya. Dari situ aku cukup mudeng lagi sama materi yang aku presentasiin nanti, walau ternyata ga ditanyain, tapi cukup membantuku untuk jawab. Aku niat tuh liatin semua video di halaman pertama pencarian di Youtube. Aku udah list nih, kalian baca aja kalau mau. NTAR tak copasin di video wkwk

Kita langsung aja cerita hari H-1 ye! H-1 itu aku nangis karena baru dicek ibu dan mbakku yang dosen, ternyata banyak kesalahan wkwk, akhirnya aku jadi marah nangis gajelas wkwk. Akhirnya yaudah deh bubar. Hari H nya aku ga sebegitu deg-deg an sih karena di bayanganku paling ya lulus lulus aja orang sempro doang, eh aslinya takut dibantai deng. Aku juga minta tolong Pingkan nanyain kating pertanyaan yang sekiranya bakal ditanyain karena aku ga terlalu deket kating yang litrev. Rata-rata pada jawab selama paham konsep bisa kok, dan gabakal dibantai wkwk. Emang video youtube nih bikin parnoan dah katanya bakal dibantai abiezzz wkwk. Btw pengalamanku dulu lomba sih cuma karena dia ingin tahu sih bukan tipe yang bantai gitu (nyalahin atau nanya sesuatu yang gakda jawabannya). Selain itu aku juga nanyain pakaian ke temenku yang udah ujian, katanya pake almamater dan kemeja putih.

Lanjut hari H, aku 30 menit sebelumnya udah join ZOOM dan nyobain PPT disitu. Oiya hari H dan H-1 jangan lupa ngingetin dosen lewat WA juga ya (ini beliaunya biasanya juga minta diingetin lagi, jadi seharusnya jangan sungkan ngechat wkwk). Karena hari itu aku solo player alias yang ujian sendiri jadinya di main room gaperlu masuk breakout room, aku coba deh . Setelah itu sekitar jam 10 pas (jam ujian) itu beliaunya sudah datang jadi sapa2 dulu, trus nanti penguji 1 nya bakal mimpin ujiannya. Btw aku juga baru ngeh harusnya kita pas nanya bersedia jadi penguji itu bilang jadi penguji berapa juga wkwk jadi beliaunya gabingung. Setelah dibuka dengan assalamualaikum yagitu2 deh sehabis itu ktia dipersilahkan untuk repsentasi selama 15 menit, nanti sisanya tanya jawab. Aku presentasi sesuai altihan sih, tapi pas ada yang tiba-tiba bingung atau ga lancar akhirnya aku skip aja daripada a e a e wkwkw. PRESENTASINYA SIH GA DEG DEG AN YA TAPI PAS TANYA JAWAB AKU LUMAYAN PENASARAN SIEE. Untuk tanya jawabnya aku udah nyiapin kan ya, lhah dalah GAKDA YANG KELUAR wkwkwk. Perasaan ini tuh semacam saat sekolah besoknya mau ujian, H-1nya kita dikasih kisi-kisi tapi di ujiannya GAKDA YANG KELUAR wkwkwk. Pertanyaan cukup apa ya, bukan pertanyaan sih rasa keseluruhan waktu itu. Malah rasanya lagi bimbingan tapi yang ngefeedback ada 3 dosen wkwk. Gakda ditanya2in yang aneh2 ataupun hal yang bikin malu gabisa jawab, sifat pertanyaannya itu hal yang bikin kita lebih sadar apa yang mau kita  lakuin di penelitian kita. Apakah mungkin, trus saran untuk kita. Misal nih kan aku skripsinya awalnya mau penelitiant api ganti literature review... ya begitulah isinya masih bau-bau hal yang susah dicari gitu kan di database, jadinya beliau2 menyarankan untuk mengurangi kespesifikan kata kunciku. Trus ada saran-saran lebih ke penulisan sih untuk lebih lengkapnya baca aja nih di bawah/blogku. Yang paling aku kaget sih kenapa ada typo di judul weh, padahal aku tuh udah sering ngecek gitu kan, akupun juga kaget wkwk.  Setelah ebrasa bimbingan setelah 1 jam an akhirnya selesai deh. Aku disuruh untuk keluar Zoom dan nanti disuruh masuk lagi untuk nunggu pengumuman hasil ujianku.. dan lulus deh wkwk! Yah itulah pengalamanku. Intinya ternyata ujian seminar proposal GA SEMENYERAMKAN ITUU. Inilah potret potret mata sembab seorang mahasiswi karena sempro padahal ternyata B aja wkwk :(    


dokter Viranda:
1. Kata kunci "jumlah fibroblast" -> jangan mix bahasa krn nyarinya susah-> pure curcumin kah? -> "ingin membahas apanya?"
2. banyak typo: judul
3. studi literature: studi literatur, literature review
4. at all banyak yg tidak dimiringkan
5. daftar pustaka belum ada nama pembimbing/ dosen UB
6. rumusan masalah hanya 1 tapi ada angka 1-> tidak perlu diberi angka 1 kalau hanya 1
7. DM itu scoop lebar 
8. M3 terlalu banyak item dan spesifik takutnya hanya kurang dari 10 jurnal (jurnal tidak bagus)-> diskusi dg pembimbing
9. "cek ombak" kata kunci-> mana yang banyak ditemukan -> agar pembahasan bagus
10. dicek untuk review kalau banyak diganti, kalau traumatic ulcer banyak itu lebih bagus

dokter Astika
1. proposal-> tapi judul di cover skripsi.
2. latar belakang, penulisan ada yg hilang, font berbeda
3. Rumusan masalah langsung saja, karena litrev... ditambahkan "...dari studi literatur"-> sesuaikan dengan judul
3. Tujuan khusus "mengidentifikasi" kurang tepat untuk litrev-> ganti "menjelaskan", kata "pasien" kurang tepat krn tidak sesuai sampel krn jurnalnya dari in vivo/vitro
4. tabel walaupun ss-> dianggap tabel
5. referensi 10 th terakhir
6. jurnal yang discreening original research (dipersempit) sampel yg ingin diambil in vitro atau in vivo atau dua2nya-> dikerutkan wound healing pada EO atau IO. klo banyaknya in vitro ya in vitro-> diskusi dg pembimbing
7. saat memasukkan kata kunci "nanoliposom" menggunakan banyak sampel apa "tumbuhan lain" kemudian dihubungkan "nanoliposom dg fibroblast" atau dg sel lain-> bila tidak ada jurnal-> blm ada penelitian tsb -> dari sini perlu meneliti nanoliposom dg fibroblast krn tidak ada
8. jurnalnya minimal 10-> didapatkan-> disesuaikana

Dokter diena:
1. dapat dibandingkan2 per wound healing 
2. studi literature review untuk penelitian selanjutkan
3. penelitian terkait, 
4. menentukan keyword
5. memperhatikan tahun jurnal 
6. traumatic ulcer di skip, global wound healing