Hi! Woi udah lama nih gue ganulis dimari, kebanyakan akhir2 ini upload video di Youtube. Dasarnya gue itu personal blogger kan, cuman youtube tu lebih cuan ges wkwk. Eh kenapa gue nyebut diriku gue ya, padahal saya asli Malang wkwkw. Jujur kalau di blog ini tu dari jaman SD udah jadi tempat saya ngeluh apa aja bebas, mulai dari ujian Matematika, orang2 yang resek (lucu juga dulu bacanya, sampe dulu ada yang pernah komen ga setuju dan marah2, walau saya tahu sih yang comment dulu siapa WKWK, tapi saya ga nyesel sih klo dipikir2 karena pemikiranku masih sama, cuman memang ga bijak si nulis di blog emang, pure dulu emang saya pikir gak ada yang baca curhatan konyol saya, ternyata ada! wkwk).

Btw I changed my blog into ceritamira.com ! It's been my bucketlist for a time. Duit dari jualan di shopee mensposori blog ini, haha! 

Sekarang saya udah koas gais, apaan sih koas? Kerjaan? Ya bisa dibilang kerja dan belajar rek. Koas itu masa profesi setelah lulus sarjana kedokteran gigi/umum. Kalau di KRS 4 semester sih, tapi itu klo lu rajin kerja ye! Klo kerjaannya cuma nganggur sih galulus2 namanya! Bukan kayak masa sarjana dulu, gua ngerasa ini bener2 tentang determinasi diri lu. Hal ini tu kelihatan dari masa skripsi, orang yang determinasi dirinya tinggi pasti bisa kelar skripsi lebih cepat, ya walau gue tau ya skripsi itu bukan cuma butuh niat, tapi ada faktor luar. Ngerti ga si rasanya 'ngotot' nah kalau kata gue itu namanya 'determinasi diri'. Kalau ga bisa ya diusahain, bukan nyerah!

Jujur koas itu beda sama sarjana, Kalau sarjana lu dicekokin kurikulum 3,5 tahun, lu ikutin dengan baik, ataupun masih males ato gimana pun kalau lu ikut ujiannya, yaudah gitu lulus. Tapi klo koas beda broks, lu kudu cari pasien sendiri sambil review belajar teori dan praktik. 

Di koas ini gue bisa bilang gada anak yang bilang 'ambis' ke yang lain secara arti 'ngejek'. Karena pada ambis semua. Jujur klo dibilang gitu gua juga enek ya, klo udah dibilang gitu mending diem aja, eh tapi gada yang bilang gitu sih klo di koas, karena ambis itu tuntutan! Gue dulu sarjana lumayan ambis tapi yang santai gitu sih pokoknya gue apalin yang penting2, cuman gara2 udah lama ga kuliah kali ya, udah lupa2 gitu, dan dari ritme gue yang selalu belajar jam 7-9.30 malam itu agak susah mau mulai lagi, tapi ini gua mulai lagi biar ga goblok. Kalau goblok itu aduh makin pusing lu ntar, jadi mending belajar, toh juga pasti kepake kalau jadi dokter gigi. Di koas itu gacuma datang bawa pasien, tapi belajar dulu, ato seenggaknya nanya2 dulu lah ke temen ditanyain apa, at least. Dosen/dokter nya bakal nanya2 kok gini kok gitu. Ada salah satu perkataan dosen yang nampol banget di gue. Jadi ceritanya ini tu kita scaling antar temen. Di sini bukan dibilangi secara personal tapi berkelompok ya karena majunya barengan, disitu aku cuma jadi asisten aja tapi ya ikut maju gitu, ngerti ga si wkwk. Ini kurang lebih si gue juga udah lupa soalnya, tapi intinya gini.

"Kamu mau kerja kok ga ngerti? Mentang2 kerja di mulut temenmu jadi ga belajar gitu ya? Emang temenmu bukan manusia? Jadi gapapa ya temenmu kesakitan karena kamu ga belajar?"

Ada lagi ucapan temen gue, juga nampol sumpah, tapi masih nyambung. Tapi ini tu beda hari ya, gatau quote dia gara2 dosennya sama apa engga wkwk!

"Aku belajar kok kemarin, aku gak berencana menyakiti pasienku"

Wah kupikir2 emang bener, gue jadi merasa aduh belajar gue kurang nih, jadinya gua mulai kemarin tu review review lah dasar2nya lagi. Tapi jujur aja ya pengetahuannya itu kayak udah lebih ke "real" gitu ya, i mean apa yang udah diajarin memang berguna sih cuman tingkat pertanyaannya aja yang lebih ke sebab-akibat gitu, ngerti ga si misal di soal itu jawaban hafalan, tapi pertanyaan di koas tu lebih yang sebab-akibat (gacukup hafalan doang, kudu ngerti konsepnya). Gue malah lebih suka ya kalau ditanyain gitu, artinya dosen/dokter nya PEDULI sama kita lhoo! Gue juga baru nyadar klo dokter spesialis GARUGI yah duduk di meja instruktur 3 jam? Bisa dapet 1 juta lah minimal tuh kalau di tempat praktiknya :D. Secara gaji dosen tu kecil ges kata emak dan mbak gue (dosen), baru gede kalau udah naik jabatan gitu deh, dan lu mau nunggu brp tahun helowww (note:dibandingin sama dokter praktik per jam ye T_T).



Trus ada hal yang gue baru sadar dalam diri gue dan benci dari gue sendiri sejak koas, yaitu suka "basa-basi". Macam komentar yang gaperlu, gue denger2 muak juga dengernya klo dari POV orang lain wkwk! Mungkin karena gue baru keluar dari kandang kali ya jarang sosialisasi setelah 4 th pandemi, oh god! Jadi ngomongnya belibet atau ga penting wkwk. Cuman gue sadar gue belibet itu klo panik, gue SMA dulu gitu saat lomba, gue masih inget wajah temen gue yang bilang "tenang" sambil gestur tangannya isyarat pelan2, setelah gue inget gue jadi agak tenang dan ngomong ga usah2 cepet2. Sumpah makasih Jihan, lu baik bgt si asli.

Menurut gue lu jangan suka gosip yang parah2 gitu, atau ngereveal kelakuan busuk temen lo. Di gue itu bikin GERD sih wkwk, malah gue yang kenak mental gatau kenapa. Banyak kelakuan yang baru terungkap saat koas katanya. I mean yaudah sih kita manusia pasti ada busuknya, kalau engga udah jadi nabi donggg, yagaseeh wkwk! Mungkin gue agak culture shock gitu ya, dulu SMA ga terlalu suka ngobrol yang gosip gitu si, cuman kok makin tuek gua jadi agak suka gosip juga sih! Faktor usia kali ye, wkwk, kurang2in gais!

Trus tu di koas kita belajar real macam cara komunikasi ke pasien, bener2 pasien tu kan lebih banyak yang baru kenal gitu. Nah cari pasien dimana, ntar gue jelasin di post lain deh. Lu perlu buat diksi yang lebih 'halus' sambil mikir apa yang harus diucapkan tanpa bikin panik pasien. Selain itu pasien kan juga manusia, punya kerja/ kesibukan lain, dan perlu diappreciate mau ngluangin waktu mereka untuk dirawat dedek2 koas lho.Gue sendiri lebih ke barang gitu atau susu gitu, klo kita kasih jajan gitu agak gimana gase rek, kita kan mau jadi dokter gigi tapi malah ngasi yang high sugar but at the same time you educate them to have better diet etc. Tapi malah lo kasih gula2 kan agak gimana gasi wkwk. Risau juga emang, jajan emang murah, atau yaudah dibeliin obat/vitamin aja I think that's good as well.

Gue pikir cukup itu aja cerita jadi dedek koas maba fresh and new, bahkan belum wisuda! wkwk