Ini bukan cerita tentang memancing ikan, tetapi cerita tentang koas. Hah, maksudnya gimana tuh. Sini-sini deketin mata kalian ke layar. Jadi sebenernya dan aku juga gabegitu paham sih, but here's or situation. Jadi koas itu ada beberapa departemen, aku baru tau kalau kita ada 4 semester dan itu sudah diplot untuk kapan masuk departemen ini itu. "Lo kan ada dari KRS" Iya sih aku tau, cuman realitanya itu kata katingku terserah mo kerja apa. Emang sih ada beberapa tahapan yang saklek macam harus putaran luar dulu (ke puskesmas, RS belajar emergency medicine). Cuman kata katingku mah kalau udah putaran luar bebas mau ngerjakan yang mana. Memang ada tahapan biasanya misal klo IKGA harus selesai dijadwalin diskusi dulu, Perio harus SRP antar teman dulu. Nah itulah pentingnya tidak jadi deadstone ya nak-anak harus sering cari informasi sendiri huhu.

Semester 1 ini dijadwalkan IKGA sampai September. Jujur aku agak kesulitan, dari faktor diri sendiri dan saingan yang luar biasa untuk dapetin slot kursi. Slot kursi itu menentukan kamu bisa kerja atau engga. Maksimal kerja itu 3 hari per seminggu, jadi harusnya ga modyar sih koas itu, yagasih ges ? :|

Aku kesulitan banget mulai dari cari pasien anak, kalau yang ini udah ada sih, Awal Juni itu udah mulai screening ya, cuman tu mungkin salah strategi atau gimana, harusnya kalau screening kita bagi dulu H-1 lembar screening untuk minta no orangtua. Saat pulang aku ga ketemu gurunya weh. Itu poin pertama dan aku miss disitu, trus kedua aku gatau kenapa sungkan ya mau klaim pasien kalau ikut screening orang. Orangtua itu penting banget karena pasiennya anak-anak, dan jadwal anak-anak yang harus sekolah. Akhirnya aku dapet pasien adiknya temenku hehe walaupun cuman 1 aja sih wkwk. Poin kedua, ternyata kita boleh ngerjakan pasien lain atau yang nge RM bukan kita, bisa minta kating atau temen lain. Ini sebenernya agak butuh koneksi yang kenceng ya hehe atau pdkt bisa sih, ntar lah aku coba. Kalau udah dapat pasien pun, karena strictnya jadwal sekolah, kesulitan lah dapat jadwal, biasanya yang lenggang itu pagi karena sekolah dong anaknya, otomatis sepi. 2 hal itu yang mau kukeluh kesahkan. Oiya semua pada kayak 'kalang kabut' karena angkatan Januari 2023 ini diprioritaskan sampai September. Angkatanku ada 2 kelompok, A dan B. Jujur ga setimpang eh, kita beda 1 bulan an dan that's mean so much to meAku yang di awal Agustus ini baru  1 RM dan 1 DHE agak menjerit T_T. Aku setres juga kalau liat temen2ku ini cepet banget. Tapi ada juga sih bahkan yang belum ga ngapa-ngapain tapi cuma 1 doang sih wkwk. Cuma gimana ya aku kayak yaudah trus gimana. Semacam 1 minggu berlalu gitu aja tanpa ngapa-ngapain dan ga ngapa-ngapain lebih setres kali ya. 

Tapi here's what I thought. Aku jarang banget liat kating 2017 (2 tahun di atasku) kayak mereka entah udah lulus dokter gigi apa lagi dimana, setelah kucek plot KRS "Oh pantes sih ketemunya kating 1 tahun diatas mulu" Di semester 4 emang kayak gada apa-apanya, padanannya kayak semester 7 nya sarjana. Trus kayak departemen lain itu ga se penuh itu, ada lah cuma keisi setengahnya.Maksudku mungkin dan ini aku tahu gaboleh ada pikiran ini di otakku, "bisa nanti, no rush, aku ngerjakan departemen lain yang lenggang juga ok". Meanwhile 1/2 temenku udah mau kelar semua requirementnya T_T. Eh kucek lagi engga juga sih. Maksudku daripada aku setres in sesuatu yang kalau udah terjadi, terjadilah wkwk.

Maksudku lagi yah, gini. Ada 2 kolam. 10 pemancing, per kolam jumlah ikannya sama. Apa yang kita harapkan kalau 10 orang mancing di 1 tempat yang sama. Ngerti ga sih analogi ini. Ya jelaslah lebih besar kemungkinan kita bakal dapat ikan yang lebih sedikit dong. Aku mau nyambungin sama hidupku di SMA sebelumnya (bahasanya kayak reinkarnasi aja lu wkwk). Menurutku, aku bukan orang yang pinter alami ya, ya adalah kadang aku merasa pinter gitu ya. Cuman SD SMP aku gapernah rangking, tapi inget sekolahku bagus ya sekolah favorit wkwk, aku cukup kaget di SMA yang juga favorit aku kadang bisa rangking 8 dong? Itu semua mungkin karena aku rajin belajar ya. Kebiasaan belajar jam 7-9.30 itu kulatih dari SMA. Masa SD SMP masih main banget lah anaknya, SMA aku mulai mencari jati diriku. Aku SMA dulu belajar iya, main iya, eksplorasi diri iya. Aku sangat puas dengan masa SMA ku, sering ikut lomba, bahkan mencoba olimpiade dan masuk semifinal, itupun aku bangga banget sama diriku, hal-hal yang ga pernah terfikir dan modal nekat itu, gilak banget sih nilai kepuasan hidupku saat SMA. SD SMP aku ikutan gituan juga sih tapi di sisi akademik aku ga puas. Kenapa aku ikut hal selain akademik? Tentu saja bagaimanapun model belajarku, agaknya emang ga niat sih, aku niat itupun mungkin jadi 'best' but 'not the #1 best' di kelas. Akupun mikir gitu, gimana ya aku kayak udah berusaha tapi gini2 aja, yaudah deh cari jalan lain aja. Emang bener banget sih kalau ga mujur di 1 jalan, mungkin emang kamu harus cari jalanmu sendiri. 

Poin inilah yang kupikirkan sekarang, iya iya, aku tau kok emang ada departemen yang diprioritasin. Tapi gimana lagi klo aku terlalu setres sama satu departemen gara2 ga dapat slot. Akhirnya departemen yang cukup mudah slotnya, alhamdulillah banget kalau soal pasien dewasa cukup dimudahkan sama Allah SWT. Aku heran kenapa dulu kating 'kelihatannya' selalu ngerjakan departemen IPM dulu. Ya karena kemudahannya dan requiremennya juga sedikit. Hanya 5 kasus loh, palingan minimal 10x pertemuan (5x indikasi, 5x kontrol). Aku bermodalkan ngechat, DM satu2 anak, minta tolong jarkom temenku. Ngefek sih. Aku udah dapet SAR Minor, Traumatic Ulcer, Mucocele, dan Cheilitis. Tinggal 1 penyakit mulut lagi gais, plis gais tolong dibantuin cari huhu T_T. Walaupun aku tahu ya emang IPM ini ditaruh di semester 2, cuman gimana lagiii huhu T_T.

Ada lagi selain IPM itu kamu bisa kerja Prosthodonsia, cuman aku lupa ingat terus mau cari pasien, temenku udah mulai kerja juga. Stressing part of coas itu melihat temenmu yang sat set was wes, tapi itu juga poin semangat. Beneran aku keinget masa skripsi sih, ini tentang determinasi diri sendiri :)

Dalam perjalanan mencari pasien ini, memang lebih mudah cari pasien dewasa karena kadang mereka duluan yang mau datang dan emang enak gitu lo komunikasinya langsung ke orang yang mau kita rawat, tanpa perantara. Oiya aku ada keluh kesah dan bahagia IPM juga ya, kayak aku seneng banget kerja IPM tu, komunikasi pasien dan aku belajar banyak banget sih. Nanti aku ceritain di next postingan yah.

Sekian, jangan lupa senyum, dan enjoy the process!