Kemarin Senin pagi aku ujian nih, namanya Minicex itu tentang bagaimana komunikasi dengan pasien. Aku yang terbiasa untuk nyicil isi biodata diri agak gimana gitu, biasanya langsung periksa apa yang tidak bisa ditanya2 biar cepat langsung scalling jadi agak was2. Hari kemarinnya aku tanya2 temenku emang bener2 ngisi dari awal dan gada yang dicicil kayak kita biasanya, termasuk ukur tensi, nadi, RR, semua dilihatin wkwk

Kemarin pagi entah kenapa si mas registrasi belum datang2, dah la itu jam 08.15 pasien udah datang sesuai kataku, nah loh nunggu lah RM ini sampai jam 8.45 an jadi baru bisa lapor kerja jam segitu.Agak gaenak juga kan jadinya si pasien nunggu, Ngakak aja ini kayak ngantri apaan ada 10 orang berjejer di depan registrasi, mana orang2 ga sabaran kayaknya takut waktunya kurang wkwk, "Eh si ini ada gak?" Tiap 10 menitan keluar RM baru, koas lain nanya nama pasiennya apakah RM nya sudah keluar. Sebelumnya udah siap-siap, dengan asis Agiel yang sangat sat set was wes.

Hari sebelumnya aku belajar yang sekiranya perlu review misal ciri2 penyakit misal ada diabetes kah, hipertensi gitu2 karena dibilangi sebelumnya gaboleh nyebut kayak poin2 karena pasien belum tentu ngerti itu apa jadi otomatis bilang "nggak" kan biasanya. Kalau yang lain2 aman sih.

Jadi habis lapor kerja (bilang mau minicex dan ngisi 2 absen di absen umum dan absen mincex), trus masukin pasien, trus aku lapor lagi, "Sudah siap?" kata dokternya "nggih dok". Lalu ke kursi lah, dokternya berdiri sambil ngelihatin gitu dari awal sampai tengah2 RM umum. Kita mulai biodata diri, aman lancar aja, lalu pengisian riwayat penyakit, aman juga. 

Lanjut anamnesis, aman juga, nah lanjut ngukur tensi. Eh lupa lah aku ini belum disetting tadi, aku pakai tensi otomatis untuk mengurangi kepanikan misal gakedengeran "dub" "lub" nya. Tensinya masih di box dan masih di wadah plastik, akhirnya dipasang lah itu ada kabel dan alatnya, eh kok ga bisa masuk kabel ke plugnya, agak bingung sedikit, trus keliatan ada plug yang lebih fit dan akhirnya bisa masuk. Akhirnya aku pasangin ke lengannya, eh lakok velcronya gamau nempel, brarti kebalik, tinggal dibalik aja, no panik2 club, untung udah baisa pakai dulu di puskesmas kabupaten. Aku agak mikir gitu ini pakai gown tipis aja kok, biasanya di puskesmas juga ga harus dibuka lengannya, jadi gapapa kok. Trus langsung dipencet tombolnya, sambil nunggu diem2 aja, sampai akhirnya aku lihat di monitornya itu ada 3 angka, aku cuma baca sistole dan diastolenya. "*sekitar120/80, ya normal ya ibuu", "saya lanjut pemeriksaan nadi ya". Trus lupa nyiapin alarm 15 detik di HP, untung si asis gercep abis, trus aku kepikiran lagi "Hmm aku lupa kalau asis gabole pegang HP, tapi yaudah gimana lagi gakda jam tangan wkwk" trus sekarang baru inget ada jam dinding wkwk. Sambil periksa nadi aku mikir "Oiya kok aku gapake handscoon ya". Lanjut ngecek RR (pernafasan) aku pegang pundak si pasiennya trus sambil diliat pergerakan nafasnya "Nafasnya biasa aja ya bu". Aku masih memegang pundak pasienku, tiba-tiba dokternya minta tensinya ke asistenku "coba lihat tensinya tadi"  sambil agak ketawa kecil, "Lho ini sudah ada nadinya, ngapain dicek lagi, ini sudah ada" lanjut ketawa kecil. "Oooiya juga dok" aku yang baru inget wkwk. Tapi yaudah gapapa wkwk. 

Lanjut pemeriksaan odontogram itu dokternya kayaknya pergi deh, akhirnya agak bisa tenang dikit ga diliatin tapi masih kerasa ndredegnya wkwk. Aku mau cek oklusalnya untuk periksa kariesnya, tapi ketutupan oklusalnya. Hal yang pertama pula buat aku jadi agak bingung sedikit, karena ga keliatan ya ditulis sound akhirnya. Pengisian Risiko karies dll aman juga, lalu lanjut scalling

*RM: Rekam Medis


Sementara ceritanya gini, nanti aku lanjut