Halo kembali lagi ke portofolio pengalamanku koas gigi. Dasarnya aku suka cerita dari SD, tapi lebih suka cerita lewat tulisan, hal yang bisa kubagikan kali ini adalah pengalaman cabut gigi. Disini aku cerita lebih karena aku ingin tahu di masa lalu aku punya perasaan apa ya, ngapain aja ya, dan tentu saja bagi pengalaman ke temen-temen yang  pasti suatu saat mungkin ada di posisiku. Here i am will share my tooth extracting story,. sebenernya aku pingin cerita yang baik-baik aja, tapi cerita itu pasti ada konflik dan pemecahan masalah dong wkwk.

Pengalaman pertamaku untuk cabut-cabut gigi adalah exo topikal (gapake jarum suntik, cuma bius lokal) was rather not a good one. Aku jujur gasiap mental saat itu, tiba-tiba disuruh cabut gitu kan, karena si temenku ini udah selesai rekuiremennya, nah sisa 1 sisa akar sekalian dicabut, posisinya itu aku cuma asis aja. Ditambah tekanan dari *ehm* untuk kerja cepat-cepat sambil disoraki, bayangkan, udah begitu anaknya baru dikasih chlor ethyl (dingin banget sampe ngilu emang) itu posisi belum dipegang giginya pakai tang udah menjerit. My mistake was... kerjanya mungkin kurang PD dan yakin, apalagi dihadapkan dengan pertama itu sisa akar. Apa yang bikin panik? Hmm aku ceritain dari awal deh. Sebelumnya diwanti2 anaknya nanti dikasih dingin2 ya begitudah. Pertama itu ulas gusinya pakai povidone iodine, lalu pakai 2 kapas yang udah disemprot chlor ethyl (disini aku bingung cara nempelin ke gusi sekaligus fiksasi di gusinya karena itu kapas gerak2 mulu dah kucoba tempel, nanti kuceritain yang bener gimana), Disitu si anak jerit2 baru cuma kena chlor ethyl, berbekal liat pengalamanku di puskesmas memang ada modelan anak yang belum diapa-apain nangis, akhirnya yaudah aku cepet2 ambil tang dan coba cabut giginya. Nah disini aku cukup ragu karena aku ganemu CEJnya tapi aku coba agak masukin, dan sebagaimana prosedurnya deh. Tapi saat aku coba pegang giginya pakai tang, eh keambil tapi saking giginya keropos itu giginya jadi 2, kerasa "kres", jadi disoket ada ketinggalan giginya. Langsung disuruh takeover ke temenku, sebenernya solusinya yaudah tinggal di exkavasi loh aku baru sadar :'(, akhirnya jadi gabisa kuklaim deh ekstraksinya. Disini aku ada saran untuk diriku yang dulu, kalau ragu dicoba dulu dijepit pakai tang giginya cari CEJ, kalau gamasuk seharusnya dicari dulu pakai excavator/sonde, kalau pasien nangis jangan ikutan panik, itu giginya kecil gada sebiji jagung, dicabut pakai tali gak pake bius pun juga anakknya palingan nangis sebentar *klo di film2 sih gitu wkwk. Kutanya pasiennya, tadi emang sakit pas dicabut? Jawabannya apaa?? enggaa sakit saudara2, rasaku dia juga kena panik disorak-soraki gitu kan, emang yaa sangat membagongkan wkwk. Saranku kalian cari pasien pertama yang ga nangisan deh, atau gapapa yang nangisan jadi latihan ga ikut panik ;') 

Pengalaman berikutnya itu aku ditemeni kakak Fauza, jadi kayak leih PD. Ngerti ga si diajari sama yang lebih pro, nah gitu deh rasanya, apalagi kakaknya udah pernah cabut gigi dewasa yang akarnya otomatis lebih panjang. aka lebih sulit Aku takut? tentu saja, siapa yang gak takut, itungannya masih pengalaman baru. Berkat Kak Fauza yang semacam bikin tenang terus ngajarinnya juga tenang, sabar akhirnya aku ada pengalaman yang ga bikin trauma sendiri wkwk, dari Kak Fauza aku belajar fondasi prosedur cabut gigi yang benar, kerja tenang, dan lebih bikin PD.

Mulai dari PD masukin jarum sampai tandas tulang, tenang menunggu bius kerja, cari pegangan di CEJ pake sonde dan excavator, PD masukin di CEJ, pegang tang kuat2 sambil digerakkan. Hal paling penting menurutku itu anestesinya, selama anestesi aman harusnya painless dan ga bikin anak menjerit2.

Alhamdulillah pengalaman pertama dan kedua anaknya anteng banget dan ya ada nangisnya sedikit setelah dicabut, kutanya yang sakit pas disuntiknya aja, saat dicabut aman ga sakit. What a relief...

Pengalaman adalah guru terbaik, klise tapi begitu adanya wkwk. Terima kasih adik Mezza, adik Khanza, Kak Fauza, Kak Dinia, dan Rara ^_^