Kembali ke perasaanku malam ini... Kukira hari itu kontrol biasa seperti biasanya... dan benar-benar hanya sesimpel itu dalam pikiranku. Aku pun juga udah PD karena udah belajar 100% lah pikiranku untuk tindakan ini udah ngerti (KEPEDEAAN ternyata WKWK) dan dapat spill an dari temen juga. Walaupun modal Carranza aja, tapi biasanya disuruh pokoknya belajar Carranza kaaaan...., udah kuapalin tuh bagian tindakan desensitisasi sampai yang teori banget. Udah belajar dan ga kosongan banget deh! 

Setelah lapor kerja dsb, ngecek pasien dong. Pasien masih ada ngilu dikit dan bahan dosennya ada lepas sedikit. Udah kan pikirku cek itunya aja trus selesai. Sesimpel biasanya kontrol SRP cuma cek OHIS. Oke aman, isi SOAP dengan kondisi otak gatau apa2 pokoknya ditulis aja deh sesuai template, karena dulu juga ga terlalu dibahas banget, dan bermodal copas SOAP sebelumnya yang ada di lembar kontrol. Setelah maju konsul... Jedarr suruh diperbaiki A dan Pnya. 

Masih belum ngeh apa salahnya, akhirnyaa seperti biasa jurus nanya temen haha. Ternyata... Gada yang pernah ngisi SOAP desensitisasi sebelumnya, wkwk! Emang aku termasuk cepet si klo perio jadinya... Yagitu, pokoknya harus berani! Dan belajar! Biar ga zonk

Maju lagi lah sambil modal tadi browsing A itu assesment sama dengan diagnosis, P: planning. Diliat lah SOAP nya lagi... Masih salah dan... Akhirnya aku tanya temen dan kating yang di meja registrasi, kalau ga nanya teman, ya nanya kating! Wkwk. Guru terbaik selain dosen dan teman itu kating karena kating itu penahamannya masih bisa lah kita jangkau dan tau kesulitan dan masih inget kesulitan memahami yang mana dsb

Trus dibilangi Kak Irfa kalo A itu diagnosis yang mau kita benahi

Misal desensitisasi

A nya bukan periodontitis, krn desen ga ngobati radangnya, maunya ngobati hipersensitivitas dentin krn ada resesi

Dari situ, ohh iya juga, tersadar lah otakku ini. Masuk akal juga setelah dapat penjelasan. 

Maju lagi keempat kali sambil ketar ketir pingin nangis, eh tpi ngapain nangis akhirnya gajadi mbrabak. Bener2 ditanyain dan dimarahin lagi sampai kayak gerd dada kiriku sesak dan frustasi padahal kmrn udah belajar tpi masih kurang. 

Aku frustasi banget, aku yakin jawabannya benar tpi mungkin kurang tepat. Frustasi juga takut gabisa ngikuti penjelasan 1 by 1. Mengisi SOAP juga jadi reminder diriku kalau biasanya ngikut2 aja, tanpa paham esensi. Klo mau ngisi sesuatu harus dipikir yah kawan2. 

A disusun dari S dan O, A nya diagnosis nya itu tulis yang mau diobati apanya, P sesuai yg dilakukan hari itu. 










Kayak.. ini.. pertama kali.. aku beneran takut banget, TBL loh... wkwkw