Halo aku mau cerita nih tentang pengalamanku koas di RSP. Sebelumnya aku mungkin mau makasih dulu ke Dokter S dan Dokter E kalau semisal baca tulisan kacauku di blog ini, which is kayaknya sih gamungkin beliau-beliau ini baca wkwk, tapi yang pasti aku grateful pol deh sudah diajari langsung, istilahnya hands on gitu deh wkwk.

Aku masih inget banget hari itu Jumat, paginya aku kerja Minicex RM Kasus, aku udah ekspektasi "bisa nih aku selesai scalling, cuma dikit karang giginya". Jedarr, setelah ananemsis yang cukup lancar karena sebelumnya udah RM umum, jadinya tau hal yang harus diperbaiki. Sebelumnya aku udah belajar bener2 semampuku pokoknya, tapi ternyata kalau praktik tidak semudah itu. Masuk pemeriksaan RM Perio,. "hmmm ini oedem apa hiperplasia ya". Jujur aku udah belajar ya pokoknya oedem merah gitu, tapi ternyata gacukup. (turn out bukan gitu mbedainnya wkwk). 

oedem: biasanya hiperemi (merah) tapi tidak selalu, tekstur kenyal, kontur tidak ada stippling; hiperplasi: pink, fibrous, tekstur firm, kontur ada stippling 

Ditambah per drama an kursiku naik turun mulu alias rusak wkwk, dan bikin situasi ku cukup awkward.

Aku maju konsul dan ACC ke dosen, nunjukin RM nya. Ananemsisnya dibilang cukup bagus dan lengkap, cuman minusnya kadang suka ninggal pasien untuk sibuk ngisi RM, aslinya kalau RM itu bisa nanti aja, perhatikan dan perlakukan pasiennya lebih baik biar ga bengong aja T_T (ini dibilang seminggu setelahnya saat minta nilai). Selain itu saat aku memperlihatkan data status lokalis aku udah siap sih dengan segala kemungkinan pertanyaan. "Hmm datamu ga masuk akal ini, coba lihat dulu" ucap dokternya sambil menunjuk RM Perio "kalau goyang apa ada kehilangan LOA?" "iya dok" ucapku yakin, "nah ini goyang, derajat 3 lagi, perbaiki dulu ya". Waktu sudah menunjukkan jam 10, akhirnya aku perbaiki deh terutama gigi goyang dengan asistenku. Cukup yakin dengan revisi yang makan 15 menit sambil ngecek ulang ke pasien langsung, aku maju lagi. "Hmm ini apa mungkin kalau hiperplasi/ oedem (aku lupa) ada resesinya?" Sempat hening sebentar sambil aku menatap mata dokternya sambil mengedipkan mataku pelan2 menandakan ragu. Pikirku si mungkin aja ya. "Iyah perbaiki dulu ya..."

Oiya sebenernya aku dulu sempet bingung ya ada resesi/ nggak, emang sih tau resesi klo dia lepas dari CEJ dan keliatan mata, cuman dulu belum sempat ngerasa CEJ dan resesi yang dalam jadi gabegitu ngeh. Setelah ada pengalaman pertama masukin probe bisa masuk dalam banget sampe 4mm dan ngerasa ada cekungan/ jeglongan, "nah ini nih CEJ" jadi sekarang bisa lebih yakin hopefully yah.

Langsung lah kutanya temen2ku yang pernah RM kasus, "eh ini apa sih yang nggamasuk akalnya, bingung" tanyaku, "Hmm mana sih" "Ini mungkin nggak hyperplasi/ oedem (aku lupa) punya true pocket" "mungkin aja..." dan beberapa perdebatan lainnya pokoknya sampai waktu kurang 10 menit lagi. Akhirnya aku didatengi dokternya ke dental unitku, "Ya waktunya sudah mau habis, dipulangin dulu aja pasiennya, RM nya bisa nanti ya, minta ttd saya kapan2".

Dengan keadam otakku yang brain freeze, aku segera mempersilahkan pasienku pulang dan cepat-cepat berkemas karena aku harus cepat pindah DU karena DUnya mau dipakai kating dan aku juga harus kerja Prostho.

Dengan agak syok dan pikiran kosong sambil menyuruh otakku, "Okeh tenang, pindah, RM itu bisa selesai nanti"

Lanjut dengan terpontang-panting pindah ke DU Prostho. Skip forward, ini ceritanya aku mau mencetak gigi pasien GTSL ku. Aku akui hasil cetakanku yang jaman cerita ini masih belum perfect karena susah banget ngecetak vestibulum setinggi itu. Udah lah aku dan Ratu gantian ngecetak, yang RA rasaku kurang neken. Intinya disuruh ngulang, saat nunjukin ulangan. Dokter S bilang, "Wah kalian ini udah pernah cetak ortho belum ya, kalian gimana ya ngecetaknya?" dengan nada yang ramah. "Yaudah ini nanti saya yang try in".

Berakhir dengan dokter S yang ngecetak in wkwk, kita yang ngaduk alginatnya. Kata pasiennya which is ibunya temenku "enak dokternya yang nyetak, ga sakit" kita cuma bisa ketawa kecil aja wkwk. Hasil cetakannya beuh perfect banget. 

Bibir atasnya ditarik dulu baru sendok cetaknya dimasukin, agak diteken biar vestibulumnya kecetak

Aku dan Ratu berterimakasih sekali pokoknya hehe. Terima kasih dokter. 

====================================================================


Beda hari, beda cerita. Sekarang cerita mencetak di perio lagi. Hari itu aku kerja RM kasus lanjutan jadi ngecetak gigi sebelum scalling dan scalling. Hari itu dokter E kayak bahagia banget mendengarkan lagu favorit beliau dan di loud speaker sambil mengawasi koas-koas yang membagongkan wkwk. Entah gimana tumben dokternya menjaga di dalam ruangan (biasanya di luar ruangan). "Izin bekerja mencetak dokter" langsung gas lah kita ambil alginat dan mulai proses aduk2 dan mencetak, trus nunjukin hasilnya seperti biasa. Lakok entah gimana aku lupa, pokoknya aku dan Live diajari ngaduk alginatnya, alias dokternya yang mengaduk alginat wkwk. Hasilnya ya bisa diekspektasi homogen dan perfecto gitu deh, aku yang ngecetak megang sendok cetaknya agak awkward (posisinya alginatnya setelah diaduk nanti dimasukkan ke sendok cetak) karena rahang bawah jadinya masukin alginatnya ke sendok cetak itu tangan harus agak miring-miring gimana gitu wkwk. Dahla langsung cetak langsung ACC, gass scalling.

Sekian cerita per koas gigi an wkwk, dan terima kasih lagi nggih dok hehe