Hi aku Mira yang tahun ini lagi koas gigi, ternyata udah hampir setahun jadi koas gigi. Koas gigi yang selain sibuk belajar, harus pinter-pinter cari pasien. Kerja bagai kuda, kayak gapernah istirahat. Dituntut rajin kerja, rajin belajar juga,oh yaampun rasanya sangat melelahkan but still menyenangkan!

Rasanya berarti udah ketemu 20 pasien lebih, atau berapa ya, banyak deh. Banyak banget macam pasien, tapi ada 1 hal yang sering ditekankan dosen dokter dan kupikir-pikir setelah waktu berlalu memang penting, yaitu komunikasi ke pasien. Kita harus tau cara komunikasi ke pasien, bukan melulu sopan, tapi lebih ke berusaha buat pasien paham dan gaakan salah paham di kemudian hari.

Contoh aku aja dulu SD pernah jadi pasien gigi, sebut aja di faskes lalala. Gimana,saat itu aku perawatan scalling gigi. Disitu setelah scalling bener2 yaudah ga dikasih tau apa-apa, jadi aku masih inget banget ngedumel kok gigiku berdarah, jadi ngilu gitu2. Coba kalau setelah tindakan, bahkan harusnya sebelum tindakan udah diwanti-wanti bakal berdarah, ngilu, rasanya bakal lebih tenang dan ga blaming ke dokternya ga sih? Kasarannya 11 12 lah sama informed consent. Berdarah itu normal banget karena namanya juga karang gigi kan kasar yak, dia bikin luka gigi.

Aku tau sih nanganin 2 pasien sehari saat jadi koas gigi aja lumayan capek banget, tapi klo udah di klinik atau fasum? Pasien bakal ngelihat kita sebagai dokter yang pertama dilihat hari itu, sedangkan kita nganggep dia pasien kesekian. Emang sih capek banget, apalagi kita-kita yang introvert agak ansos dikit wajib banyak ngomong dan seramah-ramahnya wkwk. Edukasi ke pasien juga wajib untuk kenyamanan pasien dan kita sendiri, pasien lebih paham dan tenang tentang kondisi gigi mereka dan kita bakal ngapa-ngapain jadinya gaakan badmouthing tentang diri kita (misal ada salah paham).

Dulu saat sarjana agak sering nggampangin KIE karena ya biasanya template sih misal nyuruh sikat gigi 2x sehari, flossing, yang template banget gitu deh. Tapi sekarang ampun deh dokkk, aku baru ngerasa penting banget emang.

Apalagi aku pernah diceritain pasien pernah dirawat sini2 lalu dia komplain ke aku, aku harus gimana coba wkwk. Ikut2 ngejelekin dokter gigi lain itu gaboleh banget sih wkwk. Jadinya ya lebih ke beri pengertian, ya KIE tadi itu 

Aku pun sekarang lumayan sering bilang dan gamau bohong kemungkinan yang terjadi, misal kalau mau nambal gigi, scalling, dan semuanya deh.

"Kak ini lubangnya dalam jadi mungkin sakit ya, kalau sakit bilang ya nanti kita berhenti sebentar". "Habis ditambal jangan makan dulu lalala, jangan makan keras dulu" Ini lebih 

"Kak setelah discalling ada sensasi baru, karena karang giginya baru aja dibersihkan, kalau ngilu wajar ya, jangan minum yang dingin2 dulu, kalau ada keluhan bilang aja"

Ada juga aku diajari untuk menolak sesuatu yang diinginkan pasien sama dokter yang bikin aku selalu mempertanyakan otakku ini wwkwk. Selalu aku berpikir keras dan disuruh logical thinking oleh beliau. Tapi emang setelah kupikir-pikir dan intropeksi diri aku mikir lagi, dipikir2 emang bener sih wkwk. Makasih nggih dok bimbingannya hehe

"Kalau disini maaf tidak bisa ibu, di saya dengan pertimbangan yang pernah saya pelajari yaitu lalala, ini tidak bisa dilakukan..., perawatannya yaitu... .Jika tempat sebelumnya/ dokter sebelumnya maka silahkan ibu ke dokter sebelumnya saja nggih"

Jujur kadang kelupaan, apalagi kalau udah berkutat dengan waktu biasanya panik akhirnya lupa mau KIE. Emang harus dibiasain sih ya mulai dari koas ini, ini tentang keselamatan diri kita juga soalnya wkwk. Gimana menurut kalian? Ada pengalaman gaenak di dokter gigi gak gara-gara hal kecil yaitu salah paham karena gak di KIE/ edukasi dokternya?